Pentingnya Editorial Plan Dalam Pemasaran Konten

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Sebagai marketer, kita semua tahu pentingnya editorial plan kalau content marketing itu “senjata” penting untuk bersaing dan memenangkan pemasaran digital. Oleh karena itu anda tidak bisa asal membuat dan mem publikasikan konten – konten pemasaran begitu saja. Anda butuh perencanaan konten atau editorial plan agar pemasaran konten anda terkonsep dan terjadwal dengan baik sehingga anda semakin dekat dengan tujuan bisnis anda. Memahami editorial plan merupakan suatu hal yang perlu agar strategi pemasaran digital anda dapat terlaksana dengan baik. Yuk, sama – sama kita kupas – tuntas tentang editorial plan di artikel kali ini?

Apa itu Editorial Plan?

Basically, pentingnya editorial plan mencakup seluruh rencana eksekusi dan pengembangan konten, mulai dari topik konten, jenis konten dan gaya bahasanya, platform yang akan digunakan, sehingga waktu publikasinya agar campaign activity dapat berjalan selaras dengan strategi bisnis anda dan dapat mencapai target yang diinginkan.

Editorial plan = Content Strategy

Sebelum membuat editorial plan untuk suatu business as usual (BAU), digital campaign, dan sebagainya, hal yang perlu anda pahami dengan benar terlebih dahulu adalah content strategy – nya.

Terkesan mirip, namun editorial plan dan content strategy merupakan dua hal yang terpisah. Orang yang mengerjakannya pun berbeda. Content/digital strategist adalah profesi yang bertanggung jawab seorang content editorial atau content creator.

Secara singkat, content strategy adalah wujud dari proses mengubah target/tujuan bisnis menjadikan sebuah perencanaan konten pemasaran minimal untuk sebulan kedepan dan pembuatannya akan terus anda perbarui selama project atau campaign berlangsung.

Langkah – langkah Membuat Editorial Plan

Pada tahap pembuatan editorial, sudah sewajarnya anda mendapatkan insights yang berasal dari content strategy. Saat ini posisi anda seharusnya sudah paham betul minimal mengenai nama project/campaign, tujuan campaign, target audience, brand communication, USP produk, dan digital platform yang akan digunakan.

Saatnya anda mulai mengeksekusi konten – konten pemasaran, namun sebelumnya buatlah editorial plan agar proses eksekusi terarah, teratur, dan terukur. Berikut langkah – langkah yang bisa anda terapkan dalam pembuatan editorial plan:

1.Menentukan Tujuan Konten

Setiap konten yang anda buat harus memiliki tujuan, namun ingat, jangan biasakan menyamarkan tujuan dari setiap pembuatannya. Buatlah content category berdasarkan tujuan pembuatan.

2.Riset Topik dan Tentukan Jumlah Pembuatan Konten

Cari tahu tren konten dan tren topik terkini, lalu sesuaikan keduannya perusahaan kebutuhan brand dan target audience anda. contoh, sebagai perusahaan fintech yang bergerak di bidang investasi reksa dana, anda hendak menjangkau new audience melalui konten – konten di Instagram.

3.Menentukan Jenis Konten

Jika topik dan jumlah konten sudah ditentukan maka anda bisa tentukan jenis konten. Biasakan untuk selalu memvariasikan content marketing anda.

4.Membuat Jadwal Posting

Nah, ini dia salah satu fungsi utama dari editorial plan, anda mampu mengunggah atau mem publikasikan konten secara teratur. Setiap hari apa, pukul berapa, dan konten yang mana, semuannya dapat terjadwal dengan baik waktu publikasinya.

Special Insights for Editorial Plan

Bicara tentang konten, menurut Jodi Harris, Director of Content Strategy di Informa Connect, konten – konten yang disiapkan harus memiliki lima prinsip dasar, yaitu Findable; apakah konten anda mudah ditemukan oleh audiens, Readable, apakah audiens anda dapat membacanya dengan mudah, Understandable; apakah audiens anda terpacu untuk melakukan sesuatu setelah melihat konten anda, Shareable; apakah konten tersebut dapat dibagikan ke orang lain oleh audiens.

Demikian pembahasan kita hari ini mengenai Pentingnya Editorual Plan dalam Pemasaran Konten. Semoga bermanfaat.