Pengertian dan 3 Cara yang Tepat Dalam Menentukan Niche Konten

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Saat ini pebisnis melakukan berbagai macam strategi demi produknya agar dapat bersaing di pasar serta dapat menghasilkan keuntungan yang besar. Sama juga seperti konten kreator dan juga blogger. Mereka Pun melakukan berbagai macam cara agar kontennya dapat dilihat oleh banyak orang. Namun dari semua strategi dalam membuat produk, Anda harus tahu dan memahami niche konten sebelum memulai bisnis. Dengan menentukan niche, maka Anda akan memiliki potensi untuk dapat meraih pasar yang tepat dan juga loyal. Apakah Anda telah mengenal serta terdengar familiar akan hal ini? Jika belum, silahkan Anda simak penjelasan berikut ini.

Apa itu Niche?

Niche adalah suatu target pasar dalam sebuah industri yang lebih spesifik dan memiliki preferensi sendiri atau lingkup konsumen yang lebih kecil. Target pasar ini tidak berlaku dalam dunia bisnis saja, akan tetapi berlaku juga dalam dunia blogger dan konten creator. Pada umumnya pelaku bisnis yang fokus kepada niche-nya akan dapat memberikan pelayanan yang lebih maksimal. Dan hal ini berbeda apabila sebuah perusahaan sudah memiliki pasar yang luas.

Manfaat Niche Konten

Setelah Anda memahami pengertian dasar dari Niche pada sebuah konten, lalu Anda perlu untuk mempersempit pola pikir hingga menjadi layaknya spesialis. Dengan membuat topik yang menarik tentu akan membantu blog Anda semakin banyak dikunjungi. Berikut ini manfaat yang akan Anda dapat dalam sebuah Niche konten.

  1. Persaingan yang Sempit

Setelah Anda menentukan niche konten, sudah dapat dipastikan persaingan yang akan Anda hadapi juga semakin berkurang. Mengapa seperti itu? Hal ini dikarenakan tidak banyak yang akan memilih konten seperti yang telah Anda tentukan.

  1. Memiliki Dampak yang Besar

Saat Anda memiliki konten tertentu, maka akan lebih mudah untuk dikenal oleh banyak orang. Semakin banyak pengunjung dari konten Anda, maka akan ada kemungkinan untuk semakin mudah dikenal dan akan tersebar luas melalui rekomendasi mesin pencari. Dengan semakin banyak pengunjung yang datang ke niche konten Anda, hal itu cukup membuktikan bahwa niche konten Anda merupakan konten yang menarik.

  1. Cepat Mengembangkan Keahlian

Saat Anda mendalami dan mengembangkan Niche pada konten, akan semakin banyak pula ilmu serta wawasan yang akan tergali. Karena sebelum Anda menulis isi niche, Anda perlu melakukan riset serta memperdalam wawasan. Sehingga niche konten Anda akan memiliki arah pembahasan yang sesuai.

  1. Meningkatkan CTR iklan

CTR merupakan singkatan dari Click Through Rate, yang memiliki arti Rasio dan memperlihatkan seberapa sering pengunjung yang melihat iklan hingga lanjut mengklik iklan tersebut. Iklan yang relevan dengan niche blog Anda, akan lebih banyak diklik oleh para pengunjung sehingga Anda akan mendapatkan bayaran iklan untuk lebih banyak.

Cara Menentukan Niche Konten

  1. Mencari Ide yang Potensial

Langkah pertama saat Anda menentukan niche pada bisnis adalah dengan mencari ide. Biasanya ide akan muncul berdasarkan hal yang dekat dengan kehidupan Anda serta dengan apa yang Anda sukai. Dengan begitu, kemungkinan besar jalannya bisnis akan menjadi menyenangkan dan tidak mudah menyerah untuk dapat mengembangkan inovasi-inovasi terbaru untuk bisnis Anda.

  1. Melakukan Riset Pasar dan juga Kompetitor

Sebelum Anda menjalankan semuanya, Anda perlu melakukan riset pasar dan juga competitor yang sesuai dengan bidang Anda. Cara ini akan sangat memudahkan Anda untuk menemukan apakah ide bisnis memiliki peluang untuk bersaing dengan pasar yang lain ataupun tidak. Saat Anda tidak melakukan riset ini, Anda tidak akan bisa mengetahui apakah potensi dan resiko bisnis yang akan Anda dapatkan. Dan riset Kompetitor ini bertujuan untuk memahami kelebihan serta kekurangan dari lawan bisnis Anda. Selain itu, dapat menjadi pembelajaran untuk berinovasi dalam sebuah bisnis.

  1. Menentukan Keunikan

Setelah Anda berhasil melakukan riset pasar dan juga kompetitor, lalu saatnya Anda untuk menentukan hal unik ataupun perbedaan produk Anda dengan yang lainnya. Keunikan inipun bisa Anda dapatkan dengan terus melakukan inovasi baru dalam sebuah produk. Dengan begitu, produk Anda akan mendapatkan niche yang loyal dan juga tepat.

Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian, manfaat serta cara yang tepat dalam menentukan niche konten. Jadi dapat kita ketahui jika konten kreator atau influencer juga membutuhkan niche juga, lho! Mengapa seperti itu? Karena konten kreator juga merupakan pebisnis yang memiliki produk yaitu produk mereka yang berbentuk konten dan bertujuan untuk memberikan hiburan kepada publik. Jadi, dengan memilih niche, konten kreator dan influencer akan dapat memahami betul konten apa yang cocok untuk para penonton.