Pengaruh Media Sosial Terhadap Penjualan Suatu Barang

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Kemajuan teknologi, pengaruh media sosial terhadap suatu barang  dan globalisasi membuat setiap elemen dalam kegiatan ekonomi mengalami peningkatan dalam setiap aktivitasnya. Konsumen menginginkan pola pemenuhan kebutuhan yang efektif dan efisien. Kemajuan terlihat seperti jumlah objek smartphone, penggunaan internet dan kemunculan bisnis yang selama ini tidak diperhitungkan dan tiba-tiba merajai pasar seperti alibaba.com, Amazon.com, zalora atau netbook, serta munculnya smartphone yang dilengkapi oleh akses internet, layanan e-mail, facebook, twitter, instagram, youtube, path, snapchat dan sebagainya.

Rumusan masalah

Media sosial saat ini membentuk sebuah kebutuhan bagi masyarakat. Oleh karena itu para pelaku ekonomi memanfaatkan atas keberadaan media sosial yang sedang bentuk kebutuhan di masyarakat dengan cara memperkenalkan produk mereka lewat media sosial marketing. Tidak dapat disangka keberadaan media sosial yang sekarang ini membentuk sebuah roda pelaku ekonomi dilihat dari sebuah toko online memperoleh omset yang tidak kurang dari 10 juta rupiah. Tetapi disisi lain dari bisnis di media sosial akan berdampak buruk pasar toko-toko.

Pernyataan Penelitian

  1. Pengaruh media sosial pada penjualan barang
  2. Dampak positif dan negatif media sosial bagi pelaku ekonomi

Tujuan Penelitian

  1. Untuk mengetahui pengaruh media sosial pada penjualan barang
  2. Untuk mengetahui dampak positif dan negatif media sosial bagi pelaku ekonomi

Eksternalitas

Berbagai pendapat mengemukakan teorinya tentang pengertian eksternalitas. Pendapatan oleh Rosen (1988) menyatakan bahwa eksternalitas terbentuk ketika aktivitas suatu satu kesatuan yang mempengaruhi kesejahteraan kesatuan yang terbentuk di luar mekanisme pasar (non market mechanism). Tidak seperti pengaruh yang ditransmisikan melalui mekanisme harga pasar, ekstermalitas dapat mempengaruhi dalam efisiensi ekonomi. Dalam hal ini eksternalitas merupakan konsekuensi dari ketidak mampuan seseorang untuk membuat suatu hak milik. Hyman (1999) menyatakan bahwa eksternalitas merupakan biaya atau manfaat dari transaksi pasar yang tidak direfleksikan dalam harga.

Ketika terbentuk eksternalitas, maka pihak ketiga selain pembeli dan penjual suatu barang dipengaruhi oleh produksi dan konsumsinya. Biaya atau manfaat dari pihak ketiga tersebut tidak dipertimbangkan baik oleh pembeli maupun penjual suatu barang yang berproduksi dan konsumsinya. Biaya atau manfaat dari pihak ketiga tersebut tidak dipertimbangkan baik oleh pembeli ataupun penjual suatu barang yang berproduksi atau yang menggunakan produk sehingga menghasilkan eksternalitas.

Ilustrasi

Ilustrasi sederhana dari penjelasan diatas dapat sebagai berikut; eksternalitas negatif tidak diperhitungkan dalam perhitungan biaya akan membuat barang produksi semakin banyak, karena biaya yang dikeluarkan terlalu murah sehingga harga barangnya pun menjelma murah. Sebaliknya ketika eksternalitas positif tidak terakomodir pada biaya produksi akan membuat barang yang diproduksi terlalu sedikit sehingga menyebabkan harga barang menjelma mahal. Itulah yang dimaksud pasar gagal karena tidak ada makna efisien dari sebuah proses tersebut. Contoh: ketika ada dua pengusaha (produsen) menciptakan suatu barang yang saling mempengaruhi satu sama lain (ekternalitas). Sebut saja pengusaha ialah pengusaha tambang lokal, dan pengusaha B ialah pengusaha perikanan di laut.

Jenis-Jenis Eksternalitas

Produsen

Yaitu eksternalitas yang muncul dari produsen dan mempengaruhi produsen lainnya. Misalnya pabrik jagung yang dibangun bersebelahan dengan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas). Suara pabrik bisik pabrik tersebut serta abu ampas dari jagung tersebut sangat mengganggu warga binaan di daerah tersebut. Maka dalam hal ini produsen satu telah mempengaruhi produsen lainnya (eksternalitas negatif). Contoh lain seperti penjual soto menjual dengan penjual es campur. Pada prinsipnya konsumen akan membeli soto juga pasti akan membeli es campur. Kondisi tersebut saling memberikan pengaruh positif terhadap usaha mereka (eksternalitas positif).

Itu lah beberapa pengaruh media sosial terhadap penjualan suatu barang dan beserta contohnya, semoga dapat membantu Anda.