Pengertian Google Ads
Google Ads ialah sebuah Platform periklanan online berbayar yang terdapat di dalam Google. Sebelumnya, Google Ads ini dikenal sebagai Google Adwords yang kemudian berubah nama pada tahun 2018. Namun, demikian layanan yang diberikan tetaplah sama, yaitu pengiklanan dengan membayar per klik (PPC) atau dengan membayar per tayangan/ impresi (CPM) yang dihasilkan dari iklan.
Iklan yang ditampilkan tidak hanya pada mesin pencari google, tetapi juga juga ditampilkan pada google ads. Tak hanya itu saja, iklan juga ditampilkan di YouTube, blog, dan Jaringan Display Google. Google Ads merupakan salah satu platform periklanan yang paling banyak digunakan. Google Ads merupakan salah satu cara yang efektif bagi bisnis untuk mengarahkan kualitas lalu lintasnya ke situs web atau halaman landing mengenai produk/layanan mereka untuk menarik pelanggan yang relevan ke penawaran produk/layanan mereka.
Google Ads juga dapat membantu menarik pelanggan yang tepat karena tidak semua iklan ditampilkan kepada semua orang. Google Ads memiliki kemampuan untuk menargetkan iklan kamu kepada calon pelanggan yang tepat berdasarkan anggaranmu.
Manfaat Google Ads
Ada banyak sekali keunggulan dan manfaat dari Google Ads dalam mengembangkan bisnis dan usahamu. Dikarenakan bisnis apa pun yang sedang kamu promosikan di Google akan ditampilkan kepada orang yang tepat. Sebab, Google merupakan pembantu dalam menyelesaikan solusi dan jawaban dari setiap pertanyaan pengguna Google. Nah, berikut ini beberapa manfaat dan juga keunggulan dari Google Ads dalam dunia periklanan, yaitu:
- Traffic tertaget
Salah satu hal yang membedakan manfaat dan keunggulan dari google ads dengan layanan iklan lainnya ialah traffic yang bisa tertarget. Dikarenakan pada google ads bisa memberikan kebebasan dari penggunaan kata kunci yang bersifat komersial tanpa batas. Sehingga, web bisnis kamu hanya bisa ditampilkan kepada orang-orang yang benar-benar akan menjadi calon pelanggan baru kamu.
- Website kamu bisa muncul di deretan teratas
Keunggulan yang paling menonjol dari iklan google ads ialah web kamu bisa tampil di deretan paling atas dengan tipe penelusuran. Iklan jenis ini biasanya juga disebut dengan iklan pencarian(search ads). Bayangkan saja, apabila web kamu muncul di deretan paling atas, otomatis pengunjung web akan meningkat dengan drastis. Website yang memakai google ads akan tampil ketika terdapat seseorang yang mengetik kata kunci yang telah kamu targetkan.
- Mempunyai CTR yang cukup tinggi
CTR biasanya disebut dengan Click Trought Rate. Yang merupakan perbandingan antara jumlah klik dengan jumlah tampilan web pada hasil pencarian di google. Adanya posisi ini, secara otomatis kamu bisa mendapatkan lebih banyak klik dibandingkan web yang terdapat di bawahmu.
Itulah beberapa manfaat dari penggunaan Google Ads. Nah, sebelum menuju materi penerapan copywriting pada Google ads, sebaiknya kamu mengetahui terlebih dahulu mengenai pengertian copywriting dan juga pentingnya copywriting pada dunia periklanan.
Pengertian Copywriting
Copywriting merupakan salah satu teknik dalam penulisan yang digunakan supaya tulisan yang telah dibuat bisa mempengaruhi tindakan dari pembacanya yang sesuai dengan tujuan dari penulisan tersebut. Apabila seseorang membuat sebuah tulisan, maka tulisan itu bisa menjadi daya tarik kepada calon konsumen untuk membaca tulisan tersebut.
Kamu bisa saja menemukan tulisan ini pada bermacam-macam media dan tidak hanya dimanfaatkan hanya untuk keperluan penulisan untuk website saja. Misalnya pada iklan, blog, artikel, majalah, koran, dan lain sebagainya. Dengan harapan tulisan ini mampu menarik minat calon pelanggan dan mengarahkan mereka dalam melakukan tindakan yang diinginkan atau lebih tepatnya ialah mengarah pada peningkatan keuntungan dari sisi periklanan.
Copywriting juga merupakan metode pembuatan materi pemasaran yang dapat digunakan untuk meyakinkan calon pelanggan Anda untuk melakukan berbagai tindakan yang benar-benar mereka inginkan, seperti iklan, surat penjualan, billboard, dan media pemasaran tertulis lainnya yang hanya digunakan untuk membuatnya. Oleh karena itu, teknik ini disebut copywriting, tetapi pada era teknologi digital, copywriting masih dianggap penting. Selain bisa menulis, cara ini juga bisa diterapkan saat membuat skrip video dan podcast. Dan juga berlaku untuk media pemasaran, seperti postingan, judul dan deskripsi meta, iklan berbayar di Google atau media sosial, judul dan deskripsi video YouTube.
Pentingnya copywriting bagi dunia periklanan
Copywriting mempunyai peran sebanyak 80% dalam bisnis. Apabila kamu mengabaikan copywriting ini, otomatis kamu membuang 80% biaya dan juga waktu yang telah kamu keluarkan. Tetapi, di masa sekarang tidak sedikit dari pebisnis yang belum menerapkan copywriting dengan baik dan benar. Mereka juga masih asal-asalan dalam memberikan deskripsi dari produk iklan yang dinilai kurang menarik kepada calon pelanggan. Biasanya terdapat dua atau lebih produk yang sama persis tetapi salah satu dari produk tersebut dipromosikan hanya mencantumkan informasi, deskripsi, fitur, manfaat, harga, dan juga cara pemesanannya.
Produk yang telah dipromosikan mungkin kurang dalam menarik pembeli sehingga tidak ada seorang pun yang membelinya. Dan produk yang kedua juga sama, tetapi ada beberapa hal yang membedakan antara keduanya. Yaitu, mempunyai pelanggan yang ramah dan juga antusias mengenai produk yang telah dipromosikan. Ternyata, mereka memakai teknik copywriting yang mampu menarik pelanggan bukan hanya untuk menginginkan produk tersebut, tetapi juga perlu membeli produk yang telah kamu promosikan. Nah, hal itulah yang membuat copywriting ini sangat penting bagi dunia peiklanan.
Cara Membuat Copywriting di Google Ads
Kamu pastinya akan menemukan beberapa iklan yang sering muncul di Google. Dalam penulisan skrip periklanan itu terdengar cukup mudah. Tetapi sebenarnya, menulis skrip periklanan ini tergolong tidak mudah. Kamu harus memakai copywriting sebagai kunci utama untuk menciptakan daya tarik melalui tulisan iklanmu. Lebih menariknya lagi, keterampilan copywriting ini dapat berperan ketika dimanfaatkan oleh berbagai macam pelaku usaha, mulai dari startup, dropshippers, reseller hingga perusahaan besar. Oleh karena itu, keterampilan copywriting ini membantu pengirim meningkatkan kinerja bisnis mereka. Lalu, sekarang menurutmu bagaimana? Sudah tertarik untuk mendalami skill copywriting ini? Yuk, membahas seluruhnya mengenai keterampilan copywriting!
- Memahami definisi copywriting
Copywriting adalah teknik untuk membuat pembaca mengikuti berbagai bentuk instruksi atau rekomendasi yang akan dipromosikan. Rekomendasi ini mempunyai tujuan yaitu membujuk pembaca untuk membeli, mendaftar atau berlangganan layanan yang tengah dipromosikan. Dikarenakan mempunyai sifat yang persuasif dari copywriting ini, sangat umum sehingga mudah kamu temui di berbagai lokasi. Selain itu, di era digital saat ini, berbagai media digital juga telah menerapkan copywriting ini, misalnya Baliho, Iklan Google, Billboard, Buletin Email, dll.
- Copywriting di Google Ads
Sebelum kita mendalami hal ini, yuk lihat dulu apa itu Google Ads. Google Ads atau Google AdWords adalah layanan periklanan terpopuler saat ini. Yaitu sebuah Iklan Google yang menerapkan sistem PPC (bayar per klik) dan hanya membayar apabila iklan tersebut berhasil. Entah hanya Interaksi pengunjung, seperti aktivitas klik, kunjungan situs web, maupun komunikasi perusahaan. Nah, iklan berbasis PPC dapat ditinjau dalam bentuk teks baik di bagian atas dan bawah halaman pencarian. Oleh karena itu, menggunakan keterampilan copywriting ini sangat penting. Istilah copywriting yang umum dalam dunia periklanan seperti Google Ads sering disebut dengan ad copy. Singkatnya, teks iklan ini bisa membantu membuat iklan kamu lebih relevan dan menurunkan harga iklan kamu untuk fitur Google Ads.
- Memahami Bagian Salinan
Harus kamu pahami bahwa bagian ad copy berbeda dari Bagian Salinan Iklan. Sekarang, teks iklan itu sendiri terdiri dari tiga bagian utama. Di antaranya judul, deskripsi, dan jalur URL.
- Heading
Pertama yaitu judul atau heading ini berukuran sangat besar, terdiri dari 3 bagian dan mempunyai 30 karakter. Dengan demikian, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menulis headline. relevansi judul dengan kebutuhan pengguna, penggunaan huruf kapital yang tepat, dan urutan kalimat yang benar harus disebutkan.
- Deskripsi
Berbeda dengan judul, deskripsi terdiri dari dua bagian dan lebih banyak karakter. Artinya, maksimal 90 karakter. Penjelasan ini, seperti namanya, berfungsi untuk memberikan berbagai penjelasan. Nah, deskripsi ini harus ditulis sebaik judulnya. Sangat penting untuk memperhatikan validasi mana, relevansi penjelasan, penggunaan huruf besar dan urutan kalimat.
- Jalur URL
Jalur URL adalah bagian utama dan terdiri dari 15 karakter atau lebih dengan dua bagian. Ini dapat digunakan untuk mengubah jalur URL di Google Ads untuk mengoptimalkan pembuatan kata kunci.
Itu saja pembahasan kali ini. Ternyata penerapan Copywriting sangat penting pada Google Ads.