Saat menjalankan bisnis, mempromosikan produk/jasa yang kalian miliki merupakan hal yang harus dilakukan. Kegiatan pemasaran bisa dilakukan dengan membagikan brosur, pamflet, membuat konten di website atau media sosial. Platform tersebut memang bisa dimanfaatkan sebagai media pemasaran.
Namun di era digitalisasi ini ada model pemasaran yang lebih efektif menjangkau masyarakat digital. Model iklan tersebut adalah Pay Per Click. Pay per click adalah model iklan yang dinilai sangat mudah menjangkau masyarakat. Hal ini disebabkan karena banyak masyarakat yang sudah terhubung dengan internet. Maka tak heran bila strategi ini mampu menjangkau audiens secara lebih luas. Cocok digunakan untuk kalian yang ingin mempromosikan produk/jasa secara mudah.
Apabila kalian tertarik menggunakannya, simak pembahasan di bawah ini mengenai apa itu PPC dan informasi seputar PPC berikut ini.
Mengenal PPC
Sebelum mengenal lebih dalam mengenai PPC, kita harus tahu terlebih dahulu apa itu PPC. PPC adalah kepanjangan dari Pay per Click. Ini merupakan terobosan baru dari cara pemasaran di internet dengan cara memasang iklan. Pemasangan iklan ini hanya perlu membayar ketika iklan yang disebarkan tersebut diklik oleh audiens yang membutuhkan.
Contoh iklan PPC yang dapat kalian temukan di platform besar seperti Facebook, Google, dan Instagram. Dengan cara ini, kalian mendapatkan engagement tinggi untuk iklan produk yang kalian tawarkan. Selain itu, metode ini cukup terjangkau bagi pemilik usaha, karena kalian cukup membayar ketika iklanmu berhasil diklik oleh penonton.
Platform PPC dan Cara Membuatnya
Setelah mengetahui apa itu PPC, selanjutnya kita akan membahas tentang PPC pada setiap platform. Berikut beberapa contoh PPC dan cara membuatnya.
- PPC Google Ads
Google ads adalah fitur dari Google yang digunakan untuk menampilkan iklan berbayar di hasil pencarian Google. Dengan menggunakan ini, kalian bisa menampilkan iklan yang kalian buat di hasil pencarian Google dengan kata kunci yang relevan dengan bisnis kalian.
Google menguasau pangsa pasar mesin pencarian sebesar 97,09%. Dari hal tersebut iklan yang kalian buat kemungkinan akan dilihat lebih banyak orang jika menggunakan PPC dari Google Ads.
Semua orang bisa menggunakan pay per click Google Ads. Kalian cukup menggunakan akun Google milik kalian. Ikuti tahapnya satu per satu da nisi data dengan lengkap. Dengan begitu iklan berbayar akan bisa ditampilkan. Google juga menyediakan berbagai cara pembayaran. Bagi kalian yang tertarik menggunakan Google Ads, bisa langsung mengunjungi web Google Ads.
- Facebook Ads
Iklan pay per click Facebook Ads bisa dipertimbangkan, mengingat jumlah pengguna Facebook di Indonesia sangat banyak. Banyaknya pengguna Facebook di Indonesia bisa menjadikan platform ini efektif untuk menjangkau audiens di dunia maya. Untuk menggunakan PPC di Facebook Ads, kalian perlu membuat akun Facebook terlebih dahulu.
- Pay Per Click Instagram
Instagram merupakan salah satu platform yang bisa digunakan untuk beriklan. Apabila kalian sudah pernah membuat iklan berbayar di Facebook Ads, maka akan mudah bagi kalian membuat iklan di Instagram. Sebab, saat ini platform iklan kedua media sosial tersebut berada di bawah Facebook Ads Manager. Sehingga langkah-langkah membuat iklan Instagram mirip dengan Facebook Ads.
Bagi kalian yang membutuhkan strategi pemasaran efektif, menggunakan pay per click sangat disarankan. Model iklan ini paling efektif dan efisien dan kompatibel di era digital ini. Apalagi bila calon pelanggan kalian adalah orang-orang yang sudah familiar dengan internet dan sering menggunakan media sosial.