Pahami 4 Strategi Customer Acquisition!

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Strategi perusahaan untuk mendapatkan pelanggan baru dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah strategi akuisisi pelanggan(strategi customer acquisition). Dengan pangsa pasar seperti saat ini, sangat disarankan agar semua bisnis mengevaluasi keadaan lingkungan pasar saat memperoleh pelanggan baru. Strategi ini kemungkinan akan sangat efektif dalam menarik pelanggan untuk mengembangkan bisnis Anda dalam waktu jangka panjang. Simak penjelasan mengenai pengertian strategi akuisisi pelanggan beserta beberapa strategi akuisisi pelanggan!

Pengertian akuisisi pelanggan (strategi customer acquisition)

Strategi akuisisi pelanggan adalah serangkaian kegiatan di mana perusahaan memperoleh pelanggan atau klien baru. Strategi akuisisi pelanggan yang sukses didasarkan pada pendekatan yang sistematis dan berkelanjutan yang dapat berkembang dari waktu ke waktu. Walaupun ini mungkin terlihat sederhana, pada pasar yang semakin ramai akan sangat sulit untuk menemukan peluang baru dalam perkembangan dan akuisisi pelanggan.

Pada masa seperti saat ini, satu-satunya strategi dalam mendapatkan pelanggan ialah dengan membedakan bisnis Anda. Selain itu, dengan membangun pelanggan yang antusias (loyalitas pelanggan) dalam waktu jangka panjang.

4 strategi customer acquisition

Untuk membantu Anda dalam memahami dan meningkatkan strategi akuisisi pelanggan Anda. Di bawah ini terdapat 4 strategi yang bisa Anda terapkan pada bisnis Anda. Apa saja 5 strategi tersebut? 4 strategi customer acquisition tersebut antara lain,

1. Tentukan audiens target Anda

Anda bisa menentukan target audiens target Anda dengan melakukan riset pasar pada perusahaan lain yang menawarkan produk dan layanan yang serupa. Lihat kepada siapa model bisnis yang menurut mereka menarik dan platform apa yang mereka gunakan untuk mendapatkan pengikut terbanyak dan pelanggan aktif. Ini akan memberikan Anda gambaran mengenai karakteristik umum, demografi, dan perilaku audiens target Anda. Selanjutnya, Anda bisa mengembangkan strategi kedua mengenai cara memperoleh target audiens Anda ke bisnis Anda. Dan jangan lupa untuk mempertimbangkan apakah terdapat beberapa hal yang bisa jadi tidak akan menjadi suatu masalah bagi para pesaing Anda.

2. sebaiknya buat situs web yang menarik

Situs web yang menarik merupakan salah satu cara terbaik dalam menarik pelanggan. Dari berbagai situs web yang bisa mereka kunjungi, mereka akan tertarik dan mengklik situs web Anda. Suatu situs web yang menarik ialah situs web yang bisa mengundang orang. Hal ini akan membantu seseorang dalam mencari apa yang sedang mereka inginkan dan membantu memutuskan apa yang sedang Anda tawarkan mengenai hal yang sedang mereka butuhkan.

3. tingkatkan brand awareness

Pada zaman seperti ini, strategi terbaik dalam memperoleh brand awareness yaitu melalui media digital. Adanya media digital dan kemitraan dengan brand yang besar akan sangat membantu dalam meningkatkan brand awareness. Brand awareness sangat berguna dalam menjalin komunikasi dengan pelanggan dan publik yang memungkinkan dalam media sosial tingkat pribadi. Brand awareness merupakan suatu kunci pada konsistensi pada digital marketing dan content kreator. Hal ini akan membantu pelanggan dalam menilai brand Anda menjadi brand yang terpercaya. Selain itu, brand awareness juga memungkinkan pelanggan Anda untuk kembali berbelanja produk Anda.

4. menggunakan pemasaran afiliasi(affiliate marketing)

Affiliate marketing atau pemasaran afiliasi merupakan suatu strategi dalam memperoleh prospek yang menawarkan komisi pada afiliasi kepada pelanggan baru yang telah Anda referensikan. Tidak sama dengan program rujukan, pemasaran ini memakai strategi memberikan hadiah dalam menarik pelanggan melalui situs web dalam mempromosikan produk bisnis Anda. Demikian pembahasan mengenai pengertian dan 4 strategi akuisisi pelanggan(strategi customer acquisition) yang bisa Anda pahami dan Anda terapkan ke dalam bisn