Banyak sekali strategi pemasaran yang diterapkan dalam penjualan produk. Salah satunya berupa event marketing. Apakah kamu tahu mengenai event marketing ? event marketing merupakan strategi yang ampuh untuk diterapkan dalam semua jenis bisnis. Dalam event tersebut bisa mempromosikan branding, produk, ataupun layanan dengan berpartisipasi atau menghadiri acara. Dalam acara ini bisa berinteraksi langsung dengan pelnggan yang dapat meningkatkan brand awaraness. Jenis event marketing yang dapat dilakukan yaitu webinar, pameran, ataupun kolaborasi konser. Pemilihan bentuk acara tersebut tergantung dengan tujuan dan objektivitas bisnis.
Bagaimana Cara Kerja Event Marketing?
Pemasaran acara atau event marketing dapat bekerja dengan beberapa cara. Namun, yang paling jelas adalah ketika sebuah brand atau merek menjadi tuan rumah dari beberapa kesempatan. Bergantung pada jenis acara, ini dapat membantu kalian membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan, menemukan mitra baru, memperoleh prospek, dan banyak lagi.
Strategi lain adalah menghadiri acara sebagai tamu. Dalam hal ini, perwakilan perusahaan dapat mempromosikan produk atau layanan atau memperkuat reputasi merek dengan menunjukkan keahlian di bidangnya. Terakhir, kalian dapat mensponsori acara dan meningkatkan kesadaran merek kalian.
Mengapa Event Marketing Termasuk Hal yang Penting?
Sekarang lebih dari sebelumnya, penting bagi bisnis untuk menonjol dan event marketing adalah tempat yang bagus untuk memulai.
Event Marketing tidak hanya memberi kalian saluran dan metode baru untuk terhubung dengan pelanggan di masa mendatang dan pelanggan yang kembali, data pelanggan yang kalian kumpulkan dari sumber lain dapat memungkinkan kalian untuk mengenal mereka sebelum acara hingga mereka dapat diperlakukan sebagai individu.
Manfaat Event Marketing
- Meningkatkan Merek dan Eksposur Produk
Saat menyelenggarakan acara, pastikan untuk mempromosikannya dengan benar. Hal ini dapat membantu menarik perhatian media dan membuat orang berenergi serta sadar akan acara yang sedang berlangsung. Selain itu, hal ini adalah cara yang bagus untuk membuat pelanggan dan calon pelanggan menemukan merek kalian
- Mencapai Audiens yang Ditargetkan
Jika acara kalian berpusat di sekitar produk atau layanan baru tertentu, maka kalian perlu menargetkan orang-orang yang mungkin tertarik dengan hal itu. Misalnya, jika kalian seorang pembuat smoothie, biasanya menargetkan orang-orang yang menyukai kebugaran dan meningkatkan kesehatan mereka. Mempersempit acara kalian kepada orang-orang yang merupakan target yang kalian inginkan maka akan membantu menghasilkan hasil yang lebih baik.
- Membangun Hubungan dengan Pelanggan
Dalam hal ini memungkinkan kalian untuk bertemu dan berinteraksi dengan pelanggan saat ini dan calon pelanggan serta memasarkan kepada mereka secara langsung. Peristiwa ini menciptakan kesan yang tak terlupakan bagi pelanggan kalian dan menjalin hubungan yang tidak dapat dibentuk melalui jenis upaya pemasaran lainnya.
- Meningkatkan Penjualan
Tujuan pemasaran adalah untuk membantu menjual produk dan jasa. Dalam event ini memberikan kesempatan untuk meningkatkan jumlah penjualan dengan memungkinkan pelanggan untuk mengajukan pertanyaan mereka saat itu juga. Jika, kalian membuat kesan yang baik, maka bersiaplah untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan tetap. Pastikan untuk melacak penjualan acara kalian untuk mengukur ROI dari upaya pemasaran kalian.
- Buat Kepemimpinan dan Kredibilitas.
Hal ini memberi kalian kesempatan untuk berinteraksi dan terlibat dengan pelanggan kalian secara pribadi. Setelah membahas dasar-dasar pemasaran acara, biarkan tim pakar pemasaran kalian membantu dalam event selanjutnya.
Nah, untuk calon pembisnis atau yang sudah terjun di dunia bisnis sudah tahu dong kalau event marketing penting agar meningkatkan penjualan dan meningkatkan penjualan serta memperkenalkan sebuah brand pada khalayak umum. Apabila kalian ingin tahu lebih dalam mengenai marketing bisa mengunjungi sosial media dan blog DIGIMA. Semoga artikel bermanfaat untuk kalian, ya!