Mengenal 5 Strategi Marketing dari Industri Musik

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

 

 

Musik termasuk hal yang dekat dengan kita tiap hari. Selain itu, musik bisa menjadi inspirasi bagi para penggemar dan penikmatnya yang berasal dari lirik dalam musik tersebut. Di samping itu, musik bisa dilihat dari segi marketing pula. Hal ini mengenai artis dan label yang mewadahi mereka harus terbiasa dengan segala perubahan dan perkembangan yang ada, seperti mereka dulu menjual lagu lewat kaset, tetapi sekarang ada banyak platform untuk mengeluarkan album atau single yang mereka miliki. Selain itu, cara promosi yang dahulu manggung, tetapi sekarang bisa lewat sosial media. Apakah kalian ingin mengetahui hal ini lebih dalam strategi marketing dalam industri musik ? 

 

Mengembangkan Strategi Marketing Sosial Media

Sosial media dalah alat yang dapat kalian gunakan untuk mengetahui siapa saja yang mungkin menyukai musik kalian dan dari sana kaliandapat menjangkau orang-orang tersebut secara langsung. Saat kalian membuat rencana untuk memasarkan sesuatu, identifikasi platform sosial media  yang kalian rasa nyaman dan gunakan secara konsisten. Kemudian buat beberapa konten media sosial yang bervariasi. Setelah kalian mendapatkan ide-ide baru, maka kalian dapat mendorong pembaruan. Kalian juga bisa menggunakan hashtag di sosial media untuk lebih menjangkau lebih banyak orang. Hashtag adalah salah satu cara favorit untuk memasarkan sesuatu karena dapat membuat orang membicarakan  hal tersebut secara real-time tanpa harus meninggalkan layar komputer mereka. 

 

Adanya Advertensi

Periklanan atau nama lainnya advertensi dengan membayar perusahaan untuk mengiklankan brand atau produk kalian di situs web atau produk mereka. Salah satu platform bisa menggunakan Google Adwords sering disebutkan saat beriklan karena gratis untuk mendaftar, mudah memasang iklan, dan laba atas investasi yang baik.

 

Memiliki Situs Web

Pada zaman ini, mempromosikan sesuatu kebanyakan secara online, maka salah satunya bisa lewat situs web. Website ini layaknya toko offline untuk menaruh barang agar orang mengetahui memiliki layanan atau produk. Hal itu  juga bertujuan ingin membangun pengikut di media sosial. Selain itu, design website memiliki bermacam-macam model. Jadi, kalian harus menentukan sesuai tema barang atau layanan yang kalian akan jual. 

 

Memanfaatkan influencer

Salah satu strategi yang diadaptasi dari industri musik merupakan dengan mengenal sesuatu yang baru dengan influencer. Dengan menghasilkan pengikut media sosial yang substansial, kalian dapat menjangkau dan terlibat dengan pelanggan mereka secara lebih pribadi. Menyukai atau tidak menyukai tentang influencer sosial media atau individu yang mencari nafkah dengan membangun audiens online yang besar, memiliki pengaruh luar biasa dalam hal mempromosikan produk atau jasa. Lebih penting lagi, sebagian besar konsumen muda tidak memandang selebriti yang mempromosikan produk sebagai “barang yang terjual habis”. Sebaliknya, gagasan itu dipandang sebagai cara terhormat untuk mencari nafkah.

 

Mencoba untuk Mencuri Perhatian

Keunikan merupakan bentuk untuk mencuri perhatian dari pelanggan dan calon pelanggan. Kalian harus mempunyai perbedaan yang signifikan karena hal itu tersebut bisa menjadi pembeda dari yang lain. Pembeda bisa membuat pelanggan merasa spesial karena tidak sama atau anti mainstream dengan yang lainnya. Hal tersebut bisa meningkatkan penjualan sesuatu yang kalian miliki. 

 

Nah, sekarang kalian sudah mengerti mengenai strategi marketing yang digunakan oleh industri musik. Hal ini berkaitan yang sebagian besar dengan teknologi atau online. Jika, kamu ingin mengetahui strategi marketing lebih lanjut bisa mengunjungi sosial media DIGIMA. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian !