Kemasan adalah desain kreatif yang menggabungkan bentuk, struktur, bahan, warna, gambar, tipografi, dan elemen desain dengan informasi produk untuk membuat produk dapat dijual. Pengemasan digunakan untuk mengemas, melindungi, mengirim, mendistribusikan, menyimpan, mengidentifikasi dan membedakan produk di pasar.
Pengemasan produk bambu untuk mengawetkan cairan pada zaman kuno. Bahan kemasan abad pertengahan bervariasi dari kulit, kain, kayu, batu, tembikar, dan kaca. Namun, pengemasan pada saat itu masih terkesan sederhana dan berfungsi untuk melindungi barang dari pengaruh cuaca dan fenomena alam lainnya. selain itu juga dapat berfungsi sebagai wadah, sehingga memudahkan Anda untuk membawa barang-barang Anda saat bepergian.
Jika dirancang dengan baik, pengemasan dapat menarik pembeli untuk menggunakan produk tersebut. Karena kemasan adalah bagian pertama dari produk yang akan dilihat oleh calon pembeli. Kali ini kami akan membahas tentang fungsi dan tujuan kemasan.
Apa saja Fungsi Kemasan?
Banyak perusahaan yang sangat tertarik untuk mengemas barang-barang mereka karena mereka percaya bahwa fungsi dari sebuah kemasan lebih lengkap dari sekedar sebuah kemasan.
- Fungsi pelindung Dalam hal perlindungan produk, perbedaan iklim, infrastruktur transportasi dan saluran distribusi, semua ini mempengaruhi pengemasan. Dengan kemas pelindung, konsumen tidak perlu mengambil risiko membeli produk yang rusak atau cacat.
- Fungsi promosi Biasanya, peran pengemasan terbatas pada perlindungan produk. Namun, juga digunakan sebagai media iklan. Dalam hal promosi, perusahaan
Selain berfungsi sebagai media pemasaran, selain itu juga memiliki beberapa fungsi lain, yaitu sebagai berikut:
- melindungi produk dalam pergerakan. Salah satu fungsi dasarnya adalah untuk mengurangi terjadinya kehancuran, busuk, atau kehilangan melalui pencurian atau kesalahan penempatan
- memberikan cara yang menarik untuk menarik perhatian kepada sebuah produk dan memperkuat citra produk.
- Kombinasi dari keduanya, marketing dan Logistik dimana pengemasan dimaksudkan menjual produk dengan menarik perhatian dan akan mengkomunikasikannya pada konsumen
Apa saja Tujuan Kemasan?
kemasan dan pelabelan mempunyai beberapa tujuan, yaitu:
- Produksi fisik. Ini melindungi objek dari suhu, getaran, guncangan, tekanan, dll.
- Tahan oksigen, melindungi dari uap air, debu, dll.
- Penahanan atau agregasi. Item yang lebih kecil biasanya dikelompokkan bersama dalam satu paket untuk efisiensi dalam pengiriman dan penanganan.
- Transduksi sinyal. Informasi tentang cara mengangkut, mendaur ulang, atau membuang kemasan produk sering dicantumkan pada kemasan atau label.
- Mengurangi Pencurian. Paket yang tidak dapat disegel kembali atau rusak secara fisik (telah dibuka) membantu mencegah pencurian. Paket ini juga termasuk menawarkan opsi anti-pencurian.
- Fitur yang meningkatkan kenyamanan distribusi, penanganan, penjualan, tampilan, pembukaan, penyegelan kembali, penggunaan, dan penggunaan kembali.
- Pemasar dapat menggunakan kemasan dan label untuk membujuk calon pembeli agar membeli produk
Apa saja syarat untuk pengemasan?
Jika jatuh ke tangan konsumen untuk memaksimalkan fungsi kemasan seperti kenyamanan, kemudahan dan keamanan. Tentu saja, Anda membutuhkan kualifikasi yang sesuai. Dari peringatan yang sama, persyaratan kemasan adalah:
- Sediakan kemasan yang sesuai. Untuk memudahkan proses penanganan, pengalokasian, pendistribusian, penyiapan dan penyimpanan produk.
- Desainnya menarik dan membuat Anda ingin membelinya.
- Adanya kebutuhan ekonomi. Ini berarti bahwa kapasitas dapat sesuai dengan kebutuhan pasar, audiens target, dan tujuan pembeli.
- Harus mampu melindungi isi produk dari berbagai risiko eksternal, seperti Perlindungan dari sinar matahari, kelembaban, bau, gesekan, benturan, dan kontaminasi mikroba.
- Menekankan keindahan pengenalan produk, informasi, penampilan, warna dan
- Paket memiliki ukuran, bentuk, dan berat yang sesuai dengan pola standar yang ada. Anda juga dapat dengan mudah membuat atau mencetaknya dan mendaur ulangnya lagi.
Itulah fungsi dan tujuan pada kemasan anda dapat mevariasikannya pada produk anda agar menarik daya tarik calon pembeli. Jika ingin memulai bisnis anda dapat mengunjungi web DIGIMA karena kami dapat membantu merancang bisnis menjadi efektif dan sistematis.