Apa Itu Dasar Promosi Merek?

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Promosi atau branding adalah salah satu cara terpenting dalam menjalankan bisnis, baik besar, kecil, maupun eceran. Strategi branding yang efektif dapat menambah nilai bagi pelanggan potensial di pasar yang semakin kompetitif. Jadi bagaimana ini bisa mempengaruhi bisnis Anda? Pada dasarnya, merek adalah  janji kepada pelanggan potensial. Merek memberi tahu konsumen apa yang bisa mereka dapatkan dari produk atau layanan yang Anda tawarkan dan jangan lupakan pesaing Anda.

 

Pengertian merek

Merek dagang adalah nama, simbol, tanda, desain, atau kombinasinya, yang digunakan sebagai identitas individu, organisasi, atau bisnis sehubungan dengan kepemilikan barang dan jasa  untuk membedakannya dari produk dan jasa lainnya. Merek yang kuat dicirikan oleh kesadaran merek di masyarakat, keterkaitan yang kuat antara merek dan produk, persepsi pasar yang positif dan loyalitas konsumen terhadap merek tersebut.

 

Tips Branding

Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk Branding:

  1. Buat logo besar. Tempatkan dimana-mana.
  2. Tulis pesan merek. Apa pesan merek utama? Setiap karyawan harus menyadari atribut merek mereka.
  3. Integrasi merek. Merek berkembang dengan setiap pertumbuhan bisnis Anda. Bagaimana perpesanan standar merespons panggilan pelanggan, tanda tangan email, dan lainnya.
  4. Ciptakan “suara” yang mencerminkan merek Anda. Suara ini harus diterapkan pada semua komunikasi tertulis dan dimasukkan ke dalam visual di semua media, online dan offline. Apakah merek Anda ramah? Mari kita mengubahnya menjadi percakapan. Apakah itu sebuah kemewahan? Lebih formal.
  5. Buat slogan. Tulis pernyataan yang mudah diingat, bermakna, dan ringkas yang mewujudkan esensi merek Anda.
  6. Buat desain unik dan standar merek. Gunakan kombinasi warna yang sama, penempatan logo, tampilan dan nuansa standar yang sama.
  7. Jujur pada merek. Pelanggan tidak akan kembali jika Anda tidak memenuhi janji merek Anda.
  8. Jika Anda gagal melakukan ini, upaya branding Anda akan gagal.

 

Tujuan Promosi

Orang menggunakan iklan untuk mencapai suatu tujuan tertentu, sedangkan tujuan periklanan didasarkan pada rangkuman dari berbagai sumber yaitu:

  1. Menyebarluaskan informasi produk kepada calon konsumen
  2. Menarik pelanggan baru dan mempertahankan konsumen ini.
  3. Untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan/manfaat.
  4. Untuk membedakan dan mengungguli produk Anda dibandingkan dengan produk pesaing.
  5. Untuk membangun merek atau membentuk citra produk di mata konsumen sesuai keinginan.
  6. Mengubah perilaku dan pendapat konsumen tentang suatu produk.

Singkatnya, tujuan utama dari promosi adalah agar produsen atau distributor  mendapatkan peningkatan penjualan dan peningkatan keuntungan atau keuntungan.

 

Strategi Promosi Penjualan

Untuk  menangkap minat (dan aktivitas) pelanggan secara efektif, strategi promosi penjualan Anda harus mencakup lima elemen penting ini:

  1. Pilih objek yang tepat
  2. Tetapkan tujuan yang terukur
  3. Persediaan terbatas
  4. Beriklan secara luas tetapi bijaksana
  5. memberikan nilai nyata

 

Jadi itu adalah serba serbi tentang dasar promosi merek. Ada berbagai cara yang bisa kamu gunakan untuk melakukan strategi promosi. Semoga bermanfaat dan menjaga bisnis Anda tetap stabil. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang copywriting, manajemen konten, dan SEO Anda bisa mengunjungi blog pada laman DIGIMA.