Manajemen Pemasaran : Definisi dan Karakteristik

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Manajemen pemasaran adalah analisis terhadap perencanaan, pengelolaan dan pelaksanaan semua kegiatan bisnis yang dilakukan. Semuanya harus bersih dan rapi. Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut, artikel berikut akan membantu Anda memahami pentingnya manajemen pemasaran. Selain itu, ada fungsi dan karakteristik.

Manajemen pemasaran adalah serangkaian proses menganalisis, merencanakan, melaksanakan, dan memantau serta menguji kegiatan marketing, yang tujuannya adalah untuk mencapai tujuan perusahaan secara efektif dan efisien. Ini juga dapat diartikan sebagai alat untuk menganalisis, merencanakan, menerapkan, dan mengelola program internal yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan memelihara pertukaran untuk menghasilkan pendapatan. Keuntungan ini digunakan untuk mencapai tujuan utama perusahaan atau perusahaan. berikut ini manajemen pemasaran menurut para ahli.

Pengertian Menurut Ahli

Menurut Sofjan Assauri (2013:12), konsep marketing management terdiri dari berbagai program yang terstruktur dalam pembentukan, pengembangan dan pemeliharaan keuntungan dari perdagangan/pertukaran melalui pasar sasaran untuk mencapai tujuan bisnis, analisis, perencanaan, implementasi, dan kegiatan manajemen. dalam jangka panjang.

Menurut George R. Terry dalam Afifudin (2013:5), manajemen didefinisikan sebagai perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengelolaan tindakan yang diambil untuk menentukan dan mencapai tujuan yang diberikan dengan menggunakan sumber daya manusia dan sumber daya, dan kontrol.

Menurut dharmmesta dan Handoko (2011:49), manajemen pemasaran adalah proses manajemen yang melibatkan analisis, perencanaan, pelaksanaan dan pemantauan kegiatan marketing yang dilakukan oleh suatu perusahaan.

Kotler & Keller (2016), Manajemen Pemasaran adalah seni dan ilmu untuk menjangkau, mempertahankan, dan menumbuhkan pelanggan dengan memilih pasar sasaran dan menciptakan, menyampaikan, dan mengomunikasikan nilai pelanggan yang unggul.

Berdasarkan beberapa definisi marketing management di atas, manajemen pemasaran merencanakan, mengarahkan dan mengelola produk atau jasa, penetapan harga, distribusi, dan periklanan dengan tujuan membantu suatu organisasi mencapai tujuannya. proses dari Dukung tujuan Anda. Manajemen pemasaran sebagai seni dan ilmu memilih pasar sasaran dan menarik, mempertahankan dan menumbuhkan pelanggan yang baik. Definisi di atas menunjukkan bahwa manajemen pemasaran adalah sesuatu yang perlu direncanakan terlebih dahulu untuk mendapatkan apa yang diinginkan konsumen, yang mengarah pada marketing.

Karakteristik Manajemen Pemasaran

Selain memahami apa saja yang menjadi tujuan manajemen ini, Anda perlu mengetahui juga bagaimana karakteristiknya. Berikut ini adalah poin-poinnya.

  • Fokus pada konsumen

Selain keuntungan, bisnis Anda sangat bergantung pada bagaimana Anda mendapatkan pelanggan setia. Memiliki konsumen dengan kualitas seperti itu memudahkan dalam memperkenalkan produk. Selain itu, mereka dapat memiliki pengaruh positif pada konsumen potensial.

Oleh karena itu, layanan konsumen berada di garis depan bisnis. Produk yang baik adalah produk yang diinginkan konsumen.

  • Riset pasar

Mengapa kita perlu riset pasar? Pertanyaan ini penting karena tergantung pada kebutuhan bisnis Anda. Namun pada dasarnya, ketika memulai bisnis, Anda perlu melakukan riset pasar.

Studi ini dirancang untuk menentukan siapa target pasar Anda dan volume ideal untuk merilis produk Anda. Lihat juga bagaimana menjalankan strategi pasar Anda. Ini memudahkan Anda untuk memulai bisnis Anda.

  • Buat rencana pemasaran

Setelah Anda melakukan riset dan memutuskan target pasar Anda, yang tersisa hanyalah membuat rencana pemasaran. Mengingat zaman kita yang semakin digital, masuk akal jika media sosial dibanjiri berita. Anda dapat mengatur rencana secara individual dan mengubahnya menjadi promosi.

Tahap Perkembangan Manajemen Pemasaran

Akibat revolusi industri marketing management juga menunjukkan berbagai perkembangan. Beberapa tahapan revolusi industri ini, mulai dari orientasi produksi, orientasi penjualan, pemasaran hingga orientasi sosial masyarakat. Sampai pada tahap pemasaran yang berorientasi sosial.

Bisnis perlu menentukan kebutuhan, keinginan dan kepentingan pasar mereka untuk mencapai kepuasan lebih efektif dan efisien. Di zaman sekarang ini, pemasaran memasukkan pertimbangan etis dan sosial ke dalam praktiknya. Hal ini bertujuan untuk menyeimbangkan dan menyelaraskan tiga elemen terpenting.

Demikian penjelasan mengenai manajemen pemasaran, definisi, pengertian menurut ahli, karakteristik, dan tahap pengembangan manajemen pemasaran. Seiring perkembangan zaman dan teknologi, banyak hal yang memudahkan para pelaku bisnis untuk berbisnis dan bersaing di era teknologi tinggi ini. Semoga artikel membantu Anda.