Langkah-Langkah Membuat Facebook Ads

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Facebook Ads adalah salah satu fitur hebat dari Facebook. Mereka dirancang untuk membantu penjual menemukan tujuan yang ditentukan dan berinteraksi langsung dengan tujuan tersebut.

Nah, sekarang mari  bicara tentang Langkah-langkah membuat Facebook Ads. Tapi sebelum itu, alangkah baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan facebook Ads? Yuk, simak penjelasan dibawah berikut ini.

Apa itu facebook Ads?

Facebook Ads adalah singkatan untuk Facebook Advertising, yang merupakan fitur berbayar dari Facebook untuk mempromosikan postingan akun Anda. Facebook Advertising dapat ditargetkan ke interest, jenis kelamin, usia, lokasi, atau tempat tinggal Anda yang ingin Anda targetkan.

Keuntungan menggunakan facebook Ads

Ada beberapa keuntungan dari menggunakan Facebook Ads, yaitu:

  • Budget dapat disesuaikan

Budget adalah salah satu faktor terpenting untuk bisnis Anda. Facebook Ads memungkinkan Anda menetapkan budget yang tepat untuk iklan Anda. Facebook Ads dan iklan digital lainnya pada umumnya cenderung lebih murah daripada iklan tradisional.

  • Penargetan yang efektif

Iklan yang Anda buat di Facebook dapat disesuaikan dengan bisnis target Anda. Berdasarkan data yang dapat Anda berikan tentang usia, jenis kelamin, lokasi, minat, dll. Ini membuat iklan Anda lebih efektif karena sesuai dengan pasar yang lebih spesifik.

  • Meningkatkan brand awareness

Pengguna Facebook memeriksa news feed mereka beberapa kali sehari. Ini adalah peluang bagi target pasar Anda untuk berulang kali terpapar atau terkena iklan yang Anda pasang. Meskipun audiens target Anda tidak tertarik pada awalnya, menampilkan iklan ini dari waktu ke waktu dapat membantu meningkatkan brand awareness.  

  • Analisa lanjutan

Data is the new gold. Artinya, data yang didapatkan dari hasil iklan itu penting. Dimulai dengan tayangan, Anda dapat menganalisis lebih lanjut jangkauan, CTR, rasio konversi, dan lainnya. Anda juga dapat mengukur keberhasilan kampanye iklan Anda. Putuskan apa yang berhasil dan apa yang tidak dalam kampanye iklan Anda berikutnya.

Empat poin di atas hanyalah beberapa dari sekian banyak manfaat lainnya. Jika Anda sudah yakin menggunakan Facebook Ads, pelajari cara membuat iklan di Facebook dalam topik berikut. Ayo mulai!

Cara membuat iklan di facebook

Ada 4 langkah cara membuat iklan di facebook:

Membuat halaman facebook

Masuk ke Facebook dan pilih menu Halaman untuk membuat halaman baru. Pilih jenis halaman yang sesuai dengan bisnis Anda.

Masukkan informasi yang diperlukan. Setelah Anda membuat Halaman Anda di Facebook, Anda dapat mulai membuat Facebook Ads.

Login ke facebook Ads manager

Lanjutkan membuat iklan di Facebook. Masuk ke laman Facebook Ads Manager dan login dengan menggunakan akun Facebook yang Anda gunakan untuk mengelola iklan Anda.

Buat dan tentukan kampanye iklan

Pada dasarnya ada tiga proses dasar dalam praktik membuat iklan di Facebook. Mulai dari campaign, ad set, dan ad.

  • Sebuah kampanye (campaign) dengan tujuan (objective) yang spesifik.  Contoh: Anda dapat memilih lalu lintas kunjungan (drive website traffic) untuk mengarahkan orang ke situs web Anda. Setiap campaign berisi satu atau beberapa grup iklan.
  • Ad Set (Set iklan) dapat terdiri dari satu atau beberapa yang Anda tuju. Contoh: Ad Set 1 berisi pengguna yang berada di Jakarta. Ad Set 2 berisi pengguna yang berada di Bandung.
  • Ad (iklan), setiap iklan dapat berisi gambar, tautan, atau teks yang berbeda.

Kampanye/campaign

Selanjutnya, buka tab kampanye dan klik+buat. Setelah itu Anda akan melihat pilahan tujuan kampanye, tentukan tujuan iklan yang ingin Anda capai. Tujuan iklan facebook dibagi menjadi 3 kategori berbeda. Kesadaran, Pertimbangan, dan Konversi.

Kesadaran/Awareness

  • Kesadaran merek: Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran merek perusahaan Anda dan menjangkau orang-orang yang mungkin tertarik dengan produk Anda.
  • Jangkauan (Reach): Tampilkan iklan Anda kepada sebanyak mungkin pengguna sesuai dengan sasaran yang diberikan.

Pertimbangan/consideration

  • Lalu lintas kunjungan: Ditujukan untuk mengarahkan orang/lalu lintas ke situs web atau aplikasi.
  • interaksi: Dimaksudkan untuk menangkap interaksi pada posting. Contoh: Suka, komentar, atau umpan balik.
  • Pemasangan aplikasi: Undang orang untuk mendownload/menginstal aplikasi Anda.
  • Tampilan video: Ajak orang untuk menonton video yang Anda promosikan.
  • Pembuatan prospek: Dapatkan prospek, termasuk alamat email, dari orang-orang yang tertarik dengan bisnis Anda.
  • Pesan: Undang orang untuk mengirimi Anda pesan.

Konversi/conversion

  • konversi: Ini dimaksudkan untuk menghasilkan konversi/penjualan di situs web Anda (untuk tracking konversi, Anda perlu memasang piksel Facebook seperti yang dijelaskan pada poin berikutnya).
  • Penjualan katalog: Tempatkan iklan yang relevan di katalog produk.
  • Kunjungan toko: Hal ini dimaksudkan untuk memberikan orang akses ke toko offline.

Beberapa hal di atas adalah penjelasan dari tujuan dari setiap kampanye iklan. Silakan pilih yang sesuai dengan tujuan Anda.

Pada tutorial ini kami akan memilih tujuan dengan opsi lalu lintas kunjungan.

Ad set/set iklan

  • Anggaran dan jadwal : Tentukan jumlah anggaran. Anda dapat memilih antara anggaran harian atau anggaran promosi seumur hidup. Sertakan tanggal mulai dan berakhir.
  • Penonton/audiens : Targetkan audiens berdasarkan lokasi, usia, jenis kelamin, dan tujuan terperinci lainnya seperti demografi, minat, dan perilaku media sosial.
  • Pemirsa khusus : Gunakan Pemirsa Khusus untuk menjangkau pengguna yang sebelumnya pernah berinteraksi dengan bisnis Anda. Contoh: orang yang telah mengunjungi situs web Anda.

Ads/iklan

Masukkan nama untuk iklan Anda dan ID halaman Facebook dan akun Instagram Anda. Pengaturan tampilan. Pilih format iklan yang ingin Anda buat. Untuk tutorial ini, pilih satu gambar.

Materi iklan, pilih gambar atau video yang diinginkan. Ingatlah untuk mengikuti rekomendasi spesifikasi gambar Facebook yang relevan.

Selain itu, pilih Call-to-Action (CTA) yang sesuai, termasuk tujuan seperti situs web atau Facebook Event Anda. Selesai, iklan Anda siap untuk diterbitkan.

Lakukan pembayaran iklan

Pembayaran adalah langkah terakhir dalam membuat iklan di Facebook. Anda dapat memasukkan detail kartu kredit atau debit Anda. Anda hanya perlu mengikuti cara pembayaran yang tersedia dan selesai.

Nah, itu dia Langkah-langkah membuat facebook Ads. Ternyata tidak sulit kan. Semoga Anda dapat mengembangakan bisnis Anda dengan panduan cara membuat iklan di facebook. Selamat mencoba, semoga sukses.