Keunggulan Digital Marketing VS Konvesional

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

yangTidak ada perbedaan menyolok dari segmentasi dan targeting dalam pemasaran baik melalui digital marketing maupun pemasaran konvensional, yaitu bertujuan dalam pencapaian target penjualan dan penyampaian produk atau pelayanan kepada konsumen. Kegiatan digital marketing sangat bermanfaat seperti yang terlihat dilakukan oleh banyak perusahan di masa pandemic covid-19 ini. Banyak dari mereka menggunakan media internet dan media sosial dalam pemasaran produk atau jasanya.

Manfaat Digital Marketing

Terdapat dua point utama manfaat digital marketing yang dijelaskan oleh Hermawan (2012) yakni :

  1. Biayanya yang relative murah Pemasaran menggunakan digital marketing relative memakan biaya yang lebih kecil dan murah dibandingkan dengan periklanan konvensional seperti memasang iklan di koran, radio atau televisi.
  2. Muatan informasi yang besar Pengguaan digital marketing tentunya memberikan beragam keuntungan seperti penyediaan informasi yang dengan jumlah yang besar dan banyak disbanding dengan space yang diberikan dan tentunya berbiaya rendah dan jauh lebih murah dibanding media konvensional.

 

Tujuan

Digital marketing juga memiliki kemampuan untuk menyajikan, memproses, dan menyimpan data perusahaan atau pelanggan dalam database yang akurat dan aman. Penggunaan digital marketing merupakan salah satu cara untuk mempermudah memahami tujuan komunikasi dalam kaitannya dengan digital marketing. Morissan( 2010) membaginya menjadi :

  1. Penyebaran Informasi salah satu bentuk tujuan dari digital marketing adalah penyedian informasi yang secara lengkap serta mendalam mengenai suatu produk perusahaan. Perusahaan yang menggunakan digital marketing memiliki peluang lebih besar dalam mendapatkan pembeli. Dan secara singkat penggunaan digital marketing yang dilakukan oleh perusahaan merupakan media paling tepat dalam menyebarkan informasi kepada khalayak banyak.
  2. Mencipatakan Kesadaran Bagi perusahaan yang kecil yang memiliki budget terbatas dalam melakukan promosi, digital marketing merupakan sebagai media alternatif, menciptakan kesadaran yang lebih efektif dibandingkan media konvensional, sehingga penggunaan digital marketing sangat bermanfaat sebagai media yang menciptakan kesadaran organisasi dan perusahaan serta jasa atau produk yang dihasilkan oleh perusahaan atau organisasi.
  3. Tujuan Riset Digital marketing tidak hanya digunakan sebagai alat pemasaran sebuah perusahaan, juga digunakan sebagai alat untuk meriset pasar serta mengumpulkan informasi dari para pesaing dan juga target konsumen.
  4. Membangun persepsi perusahaan menggunakan digital marketing sebagai media yang dirancang guna membangun persepsi mengenai image perusahaan terhadap khalayak banyak.
  5. Percobaan Produk Perusahaan menggunakan digital marketing untuk melakukan percobaan produkmereka, perusahan juga mengeluarkan sejenis campaign yang menawarkan kupon elektornik kepada target konsumen atau konsumen supaya mendorong agar bersedia mencoba produk mereka.
  6. Meningkatkan Pelayanan Banyak perusahaan yang merasakan manfaat dari penggunaan digital marketing dalam menggunakan media ini, selain memberikan informasi secara lengkap, juga menjawab pertanyaan serta keluhan dari pelanggan. Peran ini juga pada akhirnya dapat memperbaiki pelayanan yang diberikan kepada pelanggan dan konsumenya.
  7. Meningkatkan Distribusi Digital marketing merupakan media yang mempunyai banyak tools dalam melakukan pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan, yang mana dengan tools yang ada perusahaan dapat bekerjasama untuk mempromosikan dan menampilkan produk mereka, salah satu tool tersebut adalah website, yang mana website bentuknya kerjasamanya disebut afliasi, afliasi ini merupakan hubungan kerjasama diantara sejumlah situs dan website, sehingga perusahaan dapat meningkatkan distribusi mereka dengan adanya kerjasama antar website dan situs – situs lainya.

 

Manfaat Khusus Digital Marketing

Selain itu, pemasaran digital  memiliki sejumlah fitur yang memungkinkan penerapan efektif penyebaran informasi  interaktif, kesadaran perusahaan dan produk, pengumpulan informasi dan riset pasar, penciptaan citra, keinginan dan pengujian stimulus. Dari sudut pandang pengguna, pemasaran digital adalah sarana pengumpulan informasi, hiburan, interaksi sosial, komunikasi, pembelian produk/layanan, berbagi ide, dan pembangunan komunitas.

Manfaat khusus menggunakan digital marketing meliputi :

  1. Target marketing, yakni dapat membidik konsumen dan membidik kelompok konsumen dengan sangat jelas
  2. Massage tailoring, yakni pesan yang disampaikan sesuai dengan keinginan dan tujuan pelanggan sasaran
  3. Interactive capabilities, yaitu dapat memungkinkan tingkat keterlibatan pelanggan yang tinggi. Pada beberapa website yang banyak dikunjungi, terdapat pelanggan yang tertarik dengan suatu produk.
  4. Information access, artinya pengunjung website mendapatkan informasi yang jelas tentang suatu produk.
  5. Sales potential, yang dapat mempengaruhi penjualan yang tinggi bila Internet merupakan media tanggapan langsung.

 

Kelebihan Digital Marketing

Selain hal-hal di atas, terdapat juga berbagai kelebihan yang dimiliki digital marketing dibandingkan dengan marketing konvensional.

1. Jangkauan konsumen yang luas dan global seperti teknis SEO (Search Engine Optimization) pada mesin pencari Google, iklan media online, Iklan media sosial tentu akan dapat menjangkau konsumen yang cukup luas, siapa saja yang mengakses array untuk mengakses  iklan atau informasi tentang layanan atau layanan yang Anda tawarkan. Bukan hanya dia dari negara yang sama, dia bahkan bisa pergi ke luar negeri bahkan ke seluruh dunia.
2. Kombinasi sumber daya dapat memaksimalkan hasil berbicara tentang konsep dasar pemasaran digital, Anda bebas memaksimalkan semua sumber daya yang dapat mendukung aktivitas bisnis dalam pemasaran digital. Misalnya, gunakan akun media sosial resmi agar  lebih terpoles, profesional, dan terpercaya. Kemudian ditambahkan ke kampanye melalui cerita media di YouTube, seperti beberapa perusahaan digital yang sedang viral saat ini.

3. Memperkirakan jumlah dan ukuran jangkauan calon pelanggan Keuntungan yang sangat menguntungkan bagi para pelaku bisnis adalah dapat memprediksi jangkauan konsumen.

4. Waktu penyelesaian relatif lebih cepat, lebih mudah dan lebih murah. Jangkau calon pelanggan lebih cepat karena jangkauan yang luas sekaligus. Jika murah dalam beberapa teknik, karena konsep pemasaran digital  juga bisa  mahal karena strategi yang diberikan membutuhkan banyak sumber daya.

 

Dari artikel di atas bahwa tidak ada perbedaan yang menonjol dari segmentasi dan penargetan pemasaran baik oleh pemasaran digital dan pemasaran konvensional yang bertujuan mencapai tujuan penjualan dan memberikan produk dan layanan kepada konsumen. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang copywriting, manajemen konten, dan SEO Anda bisa mengunjungi blog pada laman DIGIMA.