Ketahui 5 Jenis Content Marketing

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Content marketing atau pemasaran konten merupakan suatu metode marketing yang paling efektif dan terbaik di zaman yang serba canggih seperti saat ini. content marketing biasanya juga disebut sebagai pemasaran online. Istilah content marketing sangat berhubungan erat dengan berbagai istilah-istilah seperti digital marketing, internet marketingm SEO, content strategy, content writing, business blogging, dan online business. Di bawah ini penjelasan secara lengkap mengenai pengertian dan jenis-jenis content marketing.

Pengertian content marketing

 Secara bahasa, content marketing terdiri dari dua kata, yaitu content dan marketing. Content berarti isi/ makna. Konten umumnya dapat diartikan sebagai informasi yang tersedia via media elektronik. Sedangkan marketing atau pemasaran berarti memasarkan atau menjual.

Secara bahasa, content marketing adalah suatu jenis strategi dalam bidang marketing, terutama pada promosi online. Menurut Google, content marketing menyertakan perancangan pada teori online, misalnya blog, media sosial, video streaming, dan sebagainya. Tujuan dari content marketing ini ialah untuk membangkitkan minat para calon pelanggan atau pembaca kepada suatu produk atau layanan daripada harus mempromosikannya secara eksplisit. Terdapat 5 jenis content marketing. Simak penjelasan di bawah ini!

5 jenis content marketing

Dengan memahami pengertian content marketing di atas, akan memungkinkan bagi Anda dalam menerapkan strategi efektif yang sudah terpercaya bagi tiap-tiap perusahaan, terutama untuk perusahaan Anda supaya menjadi lebih baik dan lebih teratur. Adapun 5 jenis content marketing yang efektif dalam membantu strategi pemasaran bisnis Anda yaitu

Blog content

Website blog sangat penting untuk pemasaran digital. Jenis konten ini tidak hanya meningkatkan SEO Anda, mereka juga dapat membangun hubungan dengan pelanggan Anda. Menurut data dari The State of Content Marketing, Global Report di tahun 2019, blog masih menjadi bagian terbesar dari content marketing yaitu sekitar 86%. Bisnis yang memakai blog mendapatkan 97% lebih banyak tautan ke situs web mereka. Secara terpisah, halaman yang diindeks SERP juga meningkat sebesar 434%. Jadi mudah untuk melihat mengapa blog adalah jenis pemasaran konten yang paling populer. Selain membuat konten di blog Anda sendiri, Anda juga dapat membuat artikel kontribusi untuk tamu(guest post) dan memanfaatkan blog terkenal. Dengan membuat guest post, konten Anda akan mendapatkan lebih banyak perhatian.

Infografis

Infografis, berasal dari bahasa infographics (kombinasi informasi + grafik), merupakan suatu gambar yang mengandung informasi. Dengan memanfaatkan infografis, konsep dan informasi terlihat lebih menarik, lebih mudah dan lebih cepat untuk dipahami. Pembuatan infografis adalah kombinasi dari keterampilan desain, analisis informasi, dan penceritaan, yang merupakan hal utama dari infografis. Infografis biasanya berupa bagan vertikal yang berisi statistik, grafik, dan informasi lainnya. Infografis bisa efektif jika dapat dibagikan di media sosial atau dipublikasikan di situs web selama bertahun-tahun. Ada juga masalah mempromosikan infografis ke blogger dan media, dan membuat papan di Pinterest.

Video

Video merupakan jenis content marketing yang populer karena dilihat secara langsung oleh audiens. Jenis content marketing ini juga merupakan strategi yang paling tepat dan efisien dalam menyebar luaskan berita yang berhubungan dengan brand, produk, layanan, dan lain-lain. Video juga bisa meningkatkan kesadaran merek dan menghasilkan konversi. Walaupun dalam pembuatannya memerlukan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Tetapi, Anda jangan khawatir, Anda dapat membuat video dengan durasi yang sedikit, misalnya 1 menit. Tidak apa-apa jika Anda membuat video dengan durasi 1 menit. Karena menurut Forrester Research, 1 video dengan durasi tersebut sama halnya dengan 1.8 miliar kota. Apa alasannya? Karena video lebih mudah dipahami dan lebih berkesan daripada menggunakan tulisan.

Influencer marketing

Jenis selanjutnya yaitu menggunakan jasa influencer. Dalam hal ini menggunakan komunitas pengikut yang ada di media sosial. Influencer memiliki pengalaman membangun loyalitas dan kepercayaan pada audiens yang ingin dijangkau. Untuk dapat memulai content marketing menggunakan jenis influencer ini, langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu Anda perlu mengembangkan strategi dan memutuskan jenis influencer mana yang ingin Anda targetkan. Selanjutnya, Anda perlu membuat kriteria influencer untuk memastikan bahwa kriteria tersebut sesuai dengan strategi dan anggaran Anda. Kriteria yang harus dipertimbangkan termasuk niche, ukuran audiens, dan algoritma saat ini. berdasarkan hasilnya, Anda dapat menjangkau media sosial secara manual atau menggunakan platform pemasaran influencer untuk menemukan dan menjangkau influencer.

Media sosial

Di antara berbagai jenis content marketing, media sosial juga termasuk dalam strategi content marketing yang paling populer saat ini. Tidak sama dengan jenis pemasaran konten yang lainnya, jenis ini mempunyai tujuan mengenai membuat seseorang melihat dan bereaksi secara real time. Berbagai platform media sosial yang bisa Anda gunakan yaitu instagram ads, facebook ads, twitter, linkedIn untuk mempromosikan brand Anda.

Pemasaran konten sangat penting bagi bisnis untuk memamerkan produk Anda di era digital seperti ini. Demikian juga bahwa jenis-jenis pemasaran konten di atas juga bisa selalu mengikuti perkembangan dan memenuhi permintaan pasar. Ada berbagai opsi pemasaran konten yang terbukti dapat menyampaikan promosi Anda. Sekarang yang tersisa adalah memutuskan jenis pemasaran konten apa yang Anda butuhkan dan memanfaatkannya sebaik mungkin dengan tepat.