Jenis Strategi Pemasaran Produk yang Efektif

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Setiap strategi memiliki keunggulan yang berbeda. Oleh karena itu, ada beragam jenis strategi pemasaran yang perlu Anda ketahui dengan baik agar lebih efektif saat diaplikasikan ke dalam bisnis.

Apa itu strategi pemasaran?

Sebelum mempelajari lebih lanjut tentang berbagai strategi pemasaran, Anda perlu mengetahui definisi strategi pemasaran, atau yang sering disebut dengan marketing strategy.

Strategi pemasaran adalah upaya keseluruhan perusahaan untuk menjangkau pelanggan sasaran, yang dianggap sebagai prospek, dan mengubahnya menjadi pelanggan tetap dari layanan atau produk perusahaan.

6 Jenis strategi pemasaran produk yang efektif

Untuk memilih jenis strategi pemasaran yang paling efektif, perusahaan harus fokus pada aspek-aspek kunci yang mendukung bisnis mereka. Sementara produk tertentu mungkin perlu dipasarkan secara konvensional, beberapa produk lebih efektif jika dipromosikan secara digital.

Nah, berikut ini merupakan beberapa jenis strategi pemasaran yang sering untuk digunakan:

  • Iklan berbayar

Dengan iklan berbayar, sebuah perusahaan membayar penyedia ruang iklan untuk menampilkan produk mereka di ruang ini. Harga yang dibayarkan biasanya ditentukan oleh negosiasi antara marketer dan penyedia ruang iklan.

Iklan berbayar terdiri dari beberapa kategori, antara lain iklan display atau banner, pay per impression (PPI), dan pay per click (PPC). Cara ini sangat efektif untuk bisnis yang ingin namanya dimunculkan ke khalayak luas.  

  • Pemasaran transaksional

Salah satu tantangan terbesar yang bahkan dihadapi perusahaan besar adalah memenuhi tujuan penjualan. Namun, keberadaan strategi pemasaran transaksional terbukti sangat efektif dalam mengatasi masalah ini.

Bisnis yang menggunakan strategi ini dapat melibatkan konsumen melalui kupon belanja, diskon, promosi, dan acara besar. Lagi pula, konsumen tertarik untuk membeli lebih banyak produk yang ditawarkan.

  • Pemasaran media sosial

Saat ini, lebih dari 2,8 miliar orang aktif menggunakan media sosial. Marketing media sosial juga mudah digunakan, murah, dan dapat menargetkan banyak tujuan, sehingga Anda dapat menggunakan strategi ini di berbagai bisnis.

Pemasaran media sosial berfokus pada penggunaan situs dan aplikasi jejaring sosial seperti Facebook, dan Instagram. Mengingat cakupannya begitu luas, perusahaan dapat membangun brand dalam waktu cepat.

  • Pemasaran interaktif

Marketing strategy interaktif melibatkan keterlibatan konsumen dalam proses pemasaran itu sendiri. Misalnya, perusahaan dapat menambahkan nama konsumen dan penyesuaian lainnya ke produk edisi terbatas.

Dengan cara ini, konsumen bisa mendapatkan informasi terbaru tentang produk dan layanan. Menggunakan cara ini, permintaan konsumen akan produk atau layanan tersebut meningkat.

  • Pemasaran konten

Jenis strategi pemasaran selanjutnya adalah marketing konten. Strategi ini berfokus pada pembuatan dan penyampaian konten yang berharga, relevan, dan konsisten untuk melibatkan konsumen.

Alih-alih membuat penawaran langsung, perusahaan justru memberikan informasi yang dibutuhkan konsumen agar mereka tertarik dengan produk mereka.

Pemasaran konten dapat digunakan oleh bisnis kecil dan perusahaan besar. Untuk memastikan konten yang dibuat berkualitas tinggi dan dapat menarik konsumen, Anda harus memiliki pembuat konten yang kompeten.

  • Search engine optimization (SEO)

SEO adalah proses mendapatkan lalu lintas dari hasil mesin pencari organik, editorial atau tidak berbayar. Strategi ini terkait erat dengan marketing konten dan juga membantu menentukan apakah konten Anda dapat dianggap berkualitas tinggi. Konten yang sesuai dengan SEO muncul lebih tinggi di hasil pencarian.

Bisnis Anda menerima banyak traffic saat konten Anda berkembang pesat. Ini meningkatkan brand awareness dan dapat meningkatkan jumlah konsumen.

Dengan demikian, strategi pemasaran membantu menyederhanakan proses mempromosikan produk atau layanan Anda. Perusahaan juga dapat dengan cepat menjangkau target pelanggan untuk mendukung pertumbuhan bisnis di masa depan.

Selama semua strategi ini bekerja secara sinergis, perusahaan memiliki beberapa jenis strategi pemasaran untuk dipilih. Dengan mempertimbangkan kesadaran merek, bisnis harus memastikan bahwa produk dan layanan mereka sesuai dengan jenis marketing strategy yang mereka pilih. Terima kasih telah membaca artikel kami, semoga bermanfaat bagi Anda. Apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut artikel diatas Anda bisa mengunjungi media sosial kami.