6 Jenis Direct Marketing Yang Harus Diketahui

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Pemasaran langsung atau direct marketing adalah salah satu bagian terpenting dalam mengembangkan bisnis apa pun karena seringkali merupakan kesan pertama yang dimiliki konsumen terhadap suatu bisnis. Perusahaan menggunakan berbagai jenis direct marketing untuk berkomunikasi tentang produk atau layanan mereka, menanggapi umpan balik konsumen secara efektif dan menyajikan nilai dan penawaran mereka dalam iklan.

Memahami direct marketing dapat membantu Anda menjangkau konsumen dan membentuk hubungan yang lebih baik antara perusahaan dan konsumen. Dalam artikel ini, kami akan membahas apa itu direct marketing dan membahas berbagai jenis direct marketing.

Apa itu direct marketing?

Direct marketing atau pemasaran langsung adalah bentuk pemasaran di mana hak dikomunikasikan kepada pelanggan tanpa perantara periklanan dan informasi hanya disajikan kepada audiens yang telah memutuskan untuk tertarik membeli produk atau layanan.

Tujuan dari pemasaran langsung adalah membuat publik setidaknya mengunjungi situs web perusahaan, mendaftar ke milis, atau menelepon untuk informasi lebih lanjut.

Jenis direct marketing

Berikut adalah 6 jenis direct marketing yang paling umum:

Pemasaran jarak jauh

Pemasaran jarak jauh atau biasa dikenal telemarketing, melibatkan menghubungi pelanggan melalui telepon untuk menjual produk atau jasa kepada mereka. Dengan bentuk pemasaran langsung ini, perusahaan dapat memiliki karyawan atau mesin otomatis yang menjangkau banyak orang sekaligus.

Hal ini berguna karena mempermudah menjangkau audiens yang besar dalam waktu singkat, yang dapat meningkatkan produktivitas.

Beberapa contoh telemarketing meliputi:

  • Inbound calls: Ini adalah panggilan yang diprakarsai oleh pelanggan, baik menelepon perusahaan secara langsung atau menjadwalkan waktu untuk menelepon perusahaan.
  • Outbound calls: Ini juga dikenal sebagai panggilan dingin, ketika perusahaan menghubungi konsumen secara langsung.

Email marketing

Pemasaran email adalah saat bisnis menjangkau konsumen dengan mengirimkan pesan email kepada mereka. Konsumen dapat berlangganan daftar email bisnis atau perusahaan dapat membeli daftar email konsumen terverifikasi melalui milis.

Beberapa contoh pemasaran email meliputi:

  • Newsletter
  • Email promosi
  • Iklan

Pemasaran teks

Adalah ketika bisnis berkomunikasi dengan konsumen melalui pesan teks. Pemasaran teks seringkali memiliki tingkat respons yang lebih tinggi karena konsumen sering menggunakan ponsel mereka.

Ada beberapa paket telepon yang memungkinkan bisnis mengirim SMS ke pelanggan masing-masing seharga 1.000 hingga 5.000 per teks, yang bisa lebih hemat biaya.

Pemasaran teks dapat mencangkup:

  • Layanan Pesan Singkat (SMS) dan komunikasi dua arah yang memungkinkan penerima untuk menjawab pertanyaan singkat dan memberikan preferensi kepada perusahaan.
  • Tautan ke situs web perusahaan tempat penerima dapat mempelajari lebih lanjut atau memilih penawaran seluler.
  • Pemberitahuan push di mana penerima menerima pemberitahuan dari perusahaan.

Direct mail

Direct mail memungkinkan bisnis mengirim informasi tentang produk, penawaran khusus, layanan, dan penjualan ke alamat jalan. Dua keuntungan pemasaran langsung adalah keserbagunaan, yang berarti mereka dapat menyesuaikannya untuk konsumen, dan fleksibilitas, yang berarti bisnis dapat mengubah jumlah surat yang mereka kirim.

Berikut ada beberapa contoh surat langsung:

  • Surat
  • Pamflet
  • Brosur

Direct selling

Direct selling berarti konsultan yang menjual produk atau layanan langsung di rumah atau tempat kerja pelanggan. Misalnya, beberapa perusahaan memiliki karyawan yang mengiklankan dari pintu ke pintu untuk mengiklankan dan menjual langganan, peralatan rumah tangga, atau rias wajah kepada pelanggan.

Jenis pemasaran langsung ini memungkinkan perusahaan membangun hubungan yang lebih pribadi dengan pelanggan dan belajar lebih banyak tentang preferensi mereka sementara lebih banyak interaksi tatap muka terjadi.

Sosial media marketing

Pemasaran media sosial menggunakan berbagai platform media sosial untuk terhubung dengan konsumen, mempromosikan merek mereka, menjalankan bisnis, dan mempromosikan penawaran khusus.

Ini adalah cara yang hemat biaya untuk memasarkan bisnis Anda karena sebagian besar platform media sosial bebas untuk bergabung. Perusahaan juga dapat membeli program iklan di mana mereka dapat meningkatkan posting tertentu untuk menjangkau lebih banyak pengguna dan menarik lebih banyak penjualan.

Dengan demikian, itulah penjelasan mengenai apa itu direct marketing hingga jenis-jenisnya. Tidak ada salahnya untuk mencoba strategi pemasaran ini dalam bisnis Anda. Lakukan evaluasi setiap bulan atau 3 bulan sekali untuk mengetahui apakah strategi yang Anda terapkan sudah tepat atau belum. Perhatikan juga dari sisi kelebihan dan kekurangan metode ini, sehingga Anda bisa mempertimbangkan dari sisi bisnis itu sendiri. Apabila Anda ingin lebih lanjut mengetahui tentang kami Anda dapat mengunjungi akun media sosial kami.