Pemilihan presiden merupakan salah satu proses politik terpenting dalam suatu negara, dan pemilihan presiden di Indonesia selalu menjadi momen yang sangat dinantikan. Generasi Z yang tumbuh di era digital menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi hasil pemilu presiden. Fenomena yang menarik adalah kecenderungan Generasi Z memilih calon presiden (Capres) Prabowo Subianto pada pemilu presiden. Salah satu alasan utama dukungan tersebut adalah nilai estetika yang diciptakan akun Instagram Prabowo.
Mendukung calon presiden seperti Prabowo Subianto karena feed Instagram estetik adalah hal yang menarik. Estetika dapat mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap seorang kandidat dan membantu menciptakan citra yang menarik. Namun kecenderungan pemilih tidak hanya bergantung pada estetika.
Kepopuleran Prabowo dalam Media Sosial
Sejumlah pengamat politik menilai ada beberapa faktor yang memengaruhi kepopuleran Prabowo di kalangan Gen Z. Dikutip dari Kompas.id hasil survei itu menunjukkan bahwa 32,7 persen Gen Z memilih Prabowo apabila pemilihan presiden dilakukan pada masa jajak pendapat.
“Tercatat proporsi Gen Z yang memilih Prabowo lebih besar dari rerata seluruh generasi, yakni mencapai 32,7 persen,” tulis Litbang Kompas.
Pasalnya, Prabowo sangat aktif di media sosial. Menurut Direktur Utama PARA Syndicate Ari Nurcahyo, generasi muda menyukai Prabowo karena gaya komunikasinya yang baik di media sosial.
Ari menilai generasi milenial dan generasi Z menyukai Prabowo karena manajemen dan pengelolaan media sosial yang dimiliki oleh Prabowo sangat rapi. Akun Instagram Prabowo @prabowo membuktikan berbagai fotonya sangat apik dan estetik untuk dilihat.
Generasi Z merupakan generasi yang tumbuh dengan media sosial yang penuh dengan gambar dan video. Mereka cenderung lebih tertarik pada konten instagram estetik serta visual yang menarik, seperti foto berkualitas tinggi. Postingan Instagram memiliki dampak yang sangat besar bagi Generasi Z karena perlu diketahui bahwa generasi saat ini sangat memperhatikan postingan yang mereka posting dan dinilai oleh pengikutnya.
Tips Membuat Feed Instagram Estetik
Ada banyak cara untuk membuat feed Instagram Anda menarik dan estetik. Simak beberapa tips sederhana untuk membuat feed Instagram Anda lebih estetik.
Perhatikan tampilan tata letaknya
Langkah pertama yang harus Anda lakukan agar feed Instagram Anda terlihat estetik adalah memastikan tata letaknya terlihat bagus. Anda bisa mencapainya dengan mengunggah foto dan video yang selaras satu sama lain. Pastikan juga setiap foto cocok dan cocok satu sama lain.
Sebisa mungkin hindari penggunaan warna atau elemen yang saling bertentangan. Ada beberapa pilihan layout yang bisa Anda gunakan untuk mendesain feed Instagram estetik Anda, antara lain:
- Puzzle Feed adalah jenis layout yang menghubungkan postingan satu sama lain.
- Perbatasan adalah jenis tata letak yang mengharuskan Anda menggunakan bingkai setiap kali Anda mengunggah foto.
- Garis horizontal merupakan salah satu jenis layout berupa tiga buah postingan dengan topik yang sama yang disusun secara horizontal atau menyamping.
- Garis Vertikal adalah jenis layout berupa tiga postingan dengan topik yang sama, disejajarkan secara vertikal atau ke bawah.
- Tiles Feed merupakan jenis layout yang ditempatkan secara bergantian. Tata letak jenis ini sering disebut papan catur karena bentuknya yang menyerupai papan catur.
Gunakan konsep dan warna secara konsisten
Tips selanjutnya adalah menentukan konsep dan warna yang akan digunakan untuk feed Instagram. Anda harus konsisten dalam memilih kedua konsep tersebut dan memilih konsep yang dapat dijadikan fitur. Jika perlu, Anda dapat menggunakan watermark untuk menggambarkan ciri-ciri konten yang diinginkan.
Beberapa konsep yang bisa Anda gunakan untuk feed Instagram Anda antara lain biru putih, monokrom, retro, dll. Selain itu, pastikan juga setiap foto yang Anda unggah tidak memiliki warna yang bertentangan. Anda dapat menggunakan jenis filter yang sama untuk membuat metode yang konsisten ini. Satu hal yang perlu Anda ingat adalah menggunakan filter berdasarkan konsep tertentu.
Penggunaan warna feed juga dapat membantu pengguna menjadi lebih dikenal oleh pengikutnya. Misalnya, beberapa perusahaan eCommerce menggunakan warna ikonik seperti oranye, biru, hijau, dll. untuk mewakili suatu merek.
Gunakan foto berkualitas tinggi
Feed Instagram terlihat estetik jika foto yang diunggah berkualitas baik. Pilih foto yang gambarnya tajam atau tidak rusak. Komposisi foto juga perlu diperhatikan dan pastikan komposisi foto tidak terlalu penuh atau terlalu kosong. Jika komposisi foto terlalu besar, jangan tambahkan teks.
Buat rencana konten
Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan untuk membuat feed Instagram estetik adalah dengan membuat rencana untuk setiap konten yang Anda unggah. Pastikan kontennya sesuai dengan yang Anda atur sebelumnya. Agar perencanaan konten lebih tepat sasaran, tidak ada salahnya untuk mencatat semua yang Anda lakukan, seperti mencatat teks atau font yang Anda gunakan.
Penutup
Konten estetika menarik calon pengikut atau pemirsa baru saat pertama kali mereka melihat profil Instagram. Hal ini meninggalkan kesan pertama yang positif dan mendorong penemuan lebih lanjut. Konten estetika juga mencerminkan profesionalisme dan perhatian terhadap detail. Oleh karena itu jangan biarkan konten Anda menjadi biasa saja. Konsultasikan dengan DIGIMA melalui DM di Instagram untuk mengubahnya menjadi luar biasa!