Facebook Ads untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Facebook memiliki 1,18 miliar pengguna aktif setiap hari, dari CEO hingga pelajar hingga perusahaan. Dengan begitu banyak komunitas di Facebook, tidak selalu mudah untuk terhubung dan berjejaring dengan mereka untuk tujuan pemasaran. Khusus untuk brand, apalagi jika Anda baru memulai, tidak cukup hanya memposting atau mengupdate status atau update Anda.

Cara lain adalah melalui Facebook Ads. Anda dapat menghemat uang untuk beriklan dengan mengoptimalkan iklan Anda di dalam Facebook. Berikut adalah beberapa trik yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda melalui Facebook Ads.

cara meningkatkan penjualan bisnis Anda melalui Facebook Ads

  • Gunakan Facebook video Ads

Menampilkan video di New Feed pengguna Facebook adalah cara paling praktis untuk melakukannya, dari pada memposting status yang sangat dangkal dan tidak menarik. Anda tidak ingin melewatkan 1,18 miliar pasangan yang menonton video setiap hari, jadi pastikan Anda membuat semacam iklan yang menarik untuk menguntungkan bisnis Anda.

Sebelum membuat iklan video, Anda harus memahami persyaratan untuk iklan video di Facebook, seperti  ukuran panjang dan durasi video. Namun, meskipun Facebook tidak membatasi durasi video yang Anda buat, sebaiknya untuk membuat video promosi sesingkat mungkin.

  • Iklan multi-produk

Fitur iklan multi-produk memungkinkan Anda menampilkan beberapa gambar dalam satu iklan. Pemirsa dapat melihat gambar dan meng-klik tautan ke produk yang Anda pasangkan. Anda tidak hanya dapat mempromosikan produk Anda, tetapi Anda juga dapat mempromosikan posting blog, ebooks, webinar, dan juga webinar lainnya.

Sebagaimana menarik dan interaktifnya video Anda, pelanggan Anda akan ingin menelusuri dan melihat berapa banyak produk yang telah Anda posting. Tentu saja, cara kerja alami tubuh manusia juga membuat Anda mengklik dan bermain dengannya.

  • Gunakan facebook ‘offer’

Tidak dapat disangkal bahwa kebanyakan orang menyukai penawaran menarik seperti diskon dan pelanggan cenderung mengklik ketika kata “diskon” muncul dalam sebuah iklan. Setelah berhasil menjual produk Anda, Anda dapat membuat iklan khusus untuk penawaran dan diskon menarik. Bagian terbaik tentang diskon ini adalah calon pembeli tidak perlu meninggalkan untuk menerima penawaran Anda. Pelanggan juga dapat melihat berapa banyak orang yang telah mengklaim diskon atau penawaran milik Anda.

  • Membuat ajakan call-to-action khusus

Fitur ini adalah salah satu yang terbaik yang dimiliki Facebook. Beginilah cara membantu Anda membuat suatu call-to-action secara personal. Caranya adalah dengan  Pilih bagian ‘Texs and links’ saat menyiapkan iklan Anda. Di bagian ini Anda akan diminta untuk memilih beberapa opsi drop-down seperti “Shop now”, “learn more”, “Sign up” dan lain-lain. Anda juga dapat memasukkan peraturan call-to-action di bagian ini, jika diinginkan.

  • Retargeting Ads

Fitur iklan retargeting Ads memungkinkan pengiklan untuk promosi ke individu tertentu yang telah diidentifikasi sebelumnya. Pengiklan juga dapat mempromosikan produk mereka ke daftar prospek atau pelanggan dengan mengunggah daftar alamat mereka yang ada ke Power Editor untuk membuat custom audience. Iklan ini dapat ditargetkan berdasarkan pendapatan, usia, status hubungan, dan lainnya. Jenis penargetan ini dilakukan untuk membantu Anda menjangkau calon pelanggan dengan mudah dan jelas.

  • Menggunakan latar belakang putih

Melansir dari  bitcatcha, pakar periklanan menjalankan ribuan pengujian dan menyimpulkan bahwa menggunakan latar belakang putih menghasilkan lebih banyak klik dari pengguna. Latar belakang putih umumnya lebih menarik perhatian. Sebagian besar desainer web juga menggunakan latar belakang putih untuk menyorot objek utama di web.

Keuntungan beriklan di facebook Ads

Beriklan melalui Facebook sendiri umumnya dilakukan dengan dua cara. Ada metode gratis dan metode berbayar. Namun, untuk menjangkau jumlah pengguna yang banyak, para pebisnis biasanya lebih memilih iklan berbayar atau  Facebook Ads.

Dibandingkan dengan promosi gratis, Facebook Ads memungkinkan pengiklan untuk menentukan demografi audiens yang ingin mereka jangkau. Anda dapat menargetkan audiens Anda berdasarkan kelompok usia, jenis kelamin, atau lokasi. Menargetkan kelompok sasaran yang tepat semakin meningkatkan kemungkinan interaksi.

Selain dapat membidik audiens dengan lebih tepat, Facebook Ads juga dinilai lebih andal dibandingkan model iklan gratis yang dianggap spammy. Menariknya, pengguna yang mengklik iklan dan juga punya kecenderungan 26% lebih mungkin untuk membeli.

Nah, sudah tau bukan cara meningkatkan penjualan menggunakan Facebook Ads, Anda dapat mencobanya untuk bisnis Anda. Terima kasih telah membaca artikel kami, semoga membantu Anda.