Key Message atau Pesan Utama adalah hal yang wajib dimiliki oleh setiap bisnis, baik yang sudah besar atau bahkan yang masih merintis sekalipun. Key message terlihat esensial karena adalah tentang bagaimana bisnis Anda mengomunikasikan produk/jasa ke target audiens dengan tepat. Lalu, apa itu key message? Untuk lebih lengkapnya, simak artikel dibawah ini.
Memahami Apa Itu Pesan Utama
Pesan Kunci atau Key Message adalah inti dari pesan yang ingin disampaikan oleh sesuatu bisnis mengenai produk/jasa/layanan mereka agar didengar, dilihat, bahkan dirasakan oleh target audiens yang ingin disasar. Tentunya anda harus memastikan bahwa pesan yang disampaikan tercapai dengan baik untuk audiens. Maka dari itu, anda harus menentukan pesan kunci sebelum mengomunikasikannya ke hadapan khalayak sasaran.
Penyampaian pesan kunci merupakan langkah yang sangat penting karena akan menjadikan panduan anda dalam menyampaikan pesan kepada target audiens anda. Penggunaan key massage ini tidak terbatas deskripsi produk. namun pesan kunci juga digunakan di semua alat komunikasi pemasaran sebuah usaha, produk, atau jasa.
Menyampaikan suatu tujuan secara efektif dan efisien kepada khalayak sasaran bukanlah hal yang mudah, meningkat keberadaan produk dan jasa sejenis yang ada, serta menantang untuk menyampaikan dampak positif usaha sosial anda. Oleh karena itu, untuk menyampaikan pesan akan tujuan serta dampak positif usaha sosial anda, diperlukan pesan kunci.
5 Hal Penting dalam Pembuatan Key Message
Berikut merupakan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat key message yang tidak hanya tepat, namun juga kuat.
1.Pertimbangan Menulis Key Message untuk Pesan Bisnis
Ini merupakan pertanyaan – pertanyaan yang dapat membantu anda untuk menulis pesan kunci anda.
- Apakah bisnis anda bisa dipercaya?
Pastikan inti dari pesan yang anda buata didukung dengan bukti – bukti yang kuat.
- Apakah cara berkomunikasi bisnis anda mudah dimengerti?
Pastikan pesan anda menggunakan bahasa yang ringka/singkat, profesional, langsung kesasaran, dan juga mudah dipahami oleh khalayak luas.
- Apakah positif?
Pastikan pesan yang ingin anda sampaikan bersifat positif, dan menggunakan bahasa yang aktif.
- Apakah dapat memberikan dampak positif terhadap target audiens?
Pastikan pesan anda memanjakan agenda anda dengan tepat.
2.Tetap Gunakan Kalimat yang Sederhana
Untuk membuat pesan kunci yang kuat, anda harus memastikan isi pesan tetap sederhana, yaitu tetap singkat dan spesifik. Meskipun anda ingin menyampaikan banyak hal kepada target anda, namun pesan tersebut sebaiknya singkat dan spesifik sehingga audiens target anda dapat dengan mudah mengingatnya.
3.Pesan yang Bertarget
Melakukan sasaran audiens anda. Apa yang mereka butuhkan dan ingin mereka dengan dari anda? Apakah anda memiliki target audiens yang luas? Bila iya, maka pastikan pesan anda didesain sinkron kelompok target anda. Pesa ialah tak hanya untuk memberikan berita tentang produk atau layanan yang anda tawarkan, tapi juga wacana memanfaatkan pesan yang beresonansi menggunakan pendengar sehingga, berminat atau ingin terlibat.
4.Pesan yang Beresonansi
Emosi merupakan bagian penting yang berasal dari resonansi, begitu juga keakraban menggunakan cerita yang kita dengar – perasaan bahwa pesan tersebut berhubungan dengan beberapa tema yang lebih luas yang telah kita kenal dan cintai. Jadikan pesan yang ingin anda sampaikan lebih personal, jika sesuai, gunakan cerita yang menarik menjadikan bagian awal pesan anda.
5. Mirip dengan yang telah disebutkan pada poin sebelumnya
Pesan anda harus simpel untuk diingat oleh target audiens anda. Bila tidak, hal ini mampu disebut ini adalah perjuangan yang sia – sia. Maka buatlah pesan tersebut praktis diingat, bisa memakai contoh 4C ini untuk menjadikan panduan.
- Pemahaman (Pemahaman)
- Koneksi (Koneksi)
- Kredibilitas (Dapat Dipercaya)
- Penularan (Penyebaran/menularkan)
Demikian itu lah pembahasan kita hari ini tentang Contoh key message dan 5 hal penting dalam pesan bisnis, semoga berhasil.