Hai teman-teman semuanya! Di era perkembangan tekonologi yang semakin canggih, kini persaingan dalam dunia bisnis juga semakin ketat. Jadi suatu perusahaan harus mengetahui cara mengelola ekuitas merek dengan baik, agar produk yang dipasarkan tidak tergeser oleh produk dengan merek baru.
Kualitas produk adalah standar yang mudah ditiru oleh perusahaan mana pun, tetapi merek produk yang kuat adalah yang paling sulit untuk ditiru. Karena merek yang kuat memenuhi keyakinan, jaminan, dan harapan pelanggan.
Mengapa Ekuitas Merek harus Dikelola?
Membangun dan mempertahankan ekuitas merek telah menjadi salah satu prioritas utama bagi perusahaan. Pada akhirnya, mengelola ekuitas merek dengan benar dapat meningkatkan keuntungan perusahaan dan loyalitas pelanggan.
Untuk membangun merek yang sukses, perusahaan perlu mengetahui target pasar mereka dan melacak kepuasan pelanggan dengan segmentasi yang diposisikan secara optimal. Langkah-langkah yang dilakukan untuk membangun identitas merek adalah dengan menentukan positioning produk berdasarkan tujuan yang lebih spesifik.
Karena tanpa spesifikasi yang baik, maka proses penentuan suatu merek tidak akan mudah dilakukan bagitu saja. Jadi strategi dalam pengelolaan sebuah merek murni sangat dibutuhkan dalam sebuah usaha, agar mampu mambentuk sistem yang sistematik dan lebih terencana.
Respon pelanggan terhadap aktivitas pemasaran tergantung pada apa yang mereka ketahui tentang sebuah merek, tindakan pemasaran jangka pendek, dan mengubah pengetahuan merek, sangat mempengaruhi peningkatan maupun penurunan kesuksesan jangka panjang tindakan pemasaran di masa depan.
Tahukah kalian apa saja fungsi Merek bagi Perusahaan? Jika belum, yuk simak penjelasan dibawah ini!
Fungsi Merek bagi Perusahaan:
- Membedakan produk berdasarkan produsen
- Menunjukkan fitur yang berharga bagi bisnis
- Memberikan perlindungan hukum yang kuat untuk fitur atau aspek produk yang unik
- Mendapatkan keunggulan kompetitif
Bagaimana caranya Menetapkan Merek?
Penetapan Merek
Untuk menetapkan merek produk, konsumen perlu diajarkan tentang produk itu dengan memberinya nama dan menggunakan unsur lain untuk mengidentifikasinya dan juga yang dilakukan produk dan konsumen harus peduli.Ketika perusahaan memperkenalkan sebuah produk baru, perusahaan mempunyai pilihan utama yaitu:
- Mengembangkan elemen merek baru untuk produk.
- Menerapkan beberapa elemen merek yang sudah ada”.
- Menggunakan kombinasi elemen merek baru dan yang sudah ada.
Apa sih Ekuitas Merek itu?
Ekuitas Merek
Ekuitas Merek adalah nilai tambah yang diberikan pada barang atau jasa. Nilai ini dapat dicerminkan dalam cara konsumen berpikir, merasa, dan bertindak terhadap merk, harga, pangsa pasar, dan profitabilitas yang dimiliki perusahaan. Penguatan merek yang dilakukan sebagai berikut:
- Produk apa yang direpresentasikan oleh merek, apa manfaat inti yang diberikan, dan kebutuhan apa yang dipenuhi.
- Bagaimana merek membuat produk menjadi unggul, dimana asosiasi merk yang kuat, disukai dan unik harus berada dalam pikiran konsumen.
Memilih Elemen Merek
Elemen Merek merupakan suatu alat pemberi nama dagang yang mengidentifikasikan dan mendiferensiasikan merek. Kreteria Pemilihan Elemen Merek adalah:
- Elemen Pembangun Merek: a. Dapat diingat b. Berarti Dapat disukai
- Elemen Pelindung Merek a. Dapat ditransfer b. Dapat disesuaikan c. Dapat dilindungi
Audit Merek
adalah sederet prosedur yang berfokus pada konsumen untuk menilai kesehatan merek, mengungkap sumber ekuitas mereknya, dan menyarankan cara untuk meningkatkan dan mengangkat ekuitasnya.
Audit Merek digunakan untuk menetapkan arah strategik bagi merek.
Berikut ini adalah langkah-langkah Audit Merek:
1.Inventori Merek
Tujuannya memberikan profil komprehensif terkini tentang cara semua produk dan jasa yang dijual perusahaan dipasarkan dan diberi merek.
2.Penjelajahan Merek
Merupakan aktivitas riset yang dilakukan untuk memahami apa yang dipikirkan dan dirasakan konsumen tentang merek dan kategori produknya yang terkait untuk mengidentifikasi sumber ekuitas merek
Bagaimana cara Penelusuran Merek itu?
Penelusuran Merek
Penelusuran Merek adalah studi mengumpulkan data kuantitatif dari konsumen secara rutin sepanjang waktu untuk memberikan informasi dasar yang konsisten tentang bagaimana kinerja merek dan program pemasaran mereka pada aspek-aspek kunci.
Evaluasi Merek (Penilaian Merek)
Evaluasi merek merupakan pekerjaan mengestimasi nilai keuangan total dari merek itu.
Apakah perlu kita Mengelola Ekuitas Merek itu?
Merek merupakan Aset Tidak Berwujud yang dimiliki perusahaan yang sifatnya tetap, maka perlu dikelola agar nilainya tidak menyusut.
1.Penguatan Merek
Ekuitas merek diperkuat dengan tindakan pemasaran yang konsisten dengan menyampaikan arti suatu merek dalam hal:
- Produk apa yang dipresentasikan oleh merek, apa manfaat yang diberikan dan kebutuhan apa yang dipenuhi.
- Bagaimana merek membuat produk menjadi unggul, disukai dan unik harus berada pada pikiran konsumen.
2.Revitalisasi Merek
Revitalisasi merek merupakan penguatan kembali posisi merek yang telah mengalami masa-masa sulit dalam lingkungan pasar. Tindakan revitalisasi disebabkan adanya perubahan selera dan preferensi konsumen, munculnya pesaing dan baru serta semua perkembangan yang terjadi yang mempengaruhi peruntungan merek dalam lingkungan pasar. Langkah pertama yang dilakukan dalam merevitalisasi merek adalah memahami sumber-sumber apa dari ekuitas merek yang bisa dipakai. Lalu memutuskan apakah perusahaan akan mempertahankan positioning yang sama atau menciptakan positioning baru.
Dengan menerapkan beberapa cara mengelola ekuitas merek dengan baik, maka suatu perusahaan akan tetap eksis dan merek produk yang ditawarkan tidak akan tergeser oleh merek lain. Jika perusahaan memiliki merek yang loyal, maka pelanggan pun tidak akan tergiur dengan iklan jenis merek lain.