Apa Sih Sosial Media Marketing Itu ?

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Apakah kamu mengetahui SMM ? Sosial media marketing adalah penggunaan platform media sosial untuk terhubung dengan audiensmu untuk membangun branding kamu, meningkatkan penjualan, dan mengarahkan lalu lintas situs web. Hal ini melibatkan mengenai konten yang ada di profil media sosial kamu, mendengarkan dan melibatkan pengikut kamu, menganalisis hasilnya, dan menjalankan iklan media sosial. Platform media sosial utama yang saat ini digunakan yaitu  Facebook, Instagram, dan Twitter. Marketing atau pemasaran yang hebat di media sosial dapat membawa kesuksesan luar biasa bagi bisnismu bahkan mendorong prospek dan penjualan. Jadi, masih ingin mengenal sosial media marketing lebih dalam ?

 

Apa Sih Sosial Marketing itu ?

Sosial Media marketing atay (SMM) yang juga dikenal sebagai pemasaran merupakan penggunaan media sosial untuk membangun jejaring sosial dan berbagi informasi yang berfungsi membangun merek perusahaan, meningkatkan penjualan, dan mengarahkan lalu lintas situs web. Selain menyediakan cara bagi perusahaan untuk terlibat dengan pelanggan yang sudah ada dan menjangkau pelanggan baru. Di samping itu, pemasaran media sosial (SMM) memiliki analisis data yang dibuat khusus yang memungkinkan pemasar untuk melacak keberhasilan upaya mereka dan mengidentifikasi lebih banyak cara untuk terlibat.

 

Mengapa Pemasaran Media Sosial Begitu Kuat?

Kekuatan sosial media marketing  didorong oleh kapasitas media sosial yang tak tertandingi di tiga bidang pemasaran inti: koneksi, interaksi, dan data pelanggan.

 

  1. Koneksi: Tidak hanya media sosial memungkinkan bisnis untuk terhubung dengan pelanggan dengan cara yang sebelumnya tak terpikirkan, tetapi ada juga berbagai cara yang luar biasa untuk terhubung dengan audiens.
  2. Interaksi: Sifat dinamis dari interaksi di media sosial. Apakah komunikasi langsung atau “menyukai” kepasifan. Hal ini memungkinkan bisnis untuk memanfaatkan peluang iklan gratis dari rekomendasi  dari mulut ke mulut antara pelanggan yang ada dan pelanggan potensial. Tidak hanya efek penularan positif dari mulut ke mulut sebagai pendorong keputusan konsumen yang berharga, tetapi fakta bahwa interaksi ini terjadi di jejaring sosial membuatnya terukur. 
  3. Data Pelanggan: Rencana pemasaran media sosial atau SMM yang dirancang dengan baik memberikan sumber daya lain yang tak ternilai untuk meningkatkan hasil pemasaran, misalnya data pelanggan

 

4 Pilar Penting Sosial Media Marketing

 

  1. Strategi sosial

Dengan kampanye atau aktivitas pemasaran apa pun, strategi yang tepat harus ditetapkan terlebih dahulu. Kamu perlu menentukan strategi untuk sosial media marketing dan platform yang akan digunakan. Selain itu, jenis konten apa yang akan dibagikan. Berikut beberapa contohnya:

 

  1. Tentukan tujuan. 

Menggunakan media sosial untuk pemasaran harus selaras dengan bisnis dan tujuan program pemasaran lainnya. Beberapa sasaran yang dapat digunakan bisnis untuk mengukur kesuksesan termasuk meningkatkan kesadaran merek dan meningkatkan pendapatan.

  1. Memilih Platform Sosial Media.

Ada banyak platform sosial yang tersedia, tetapi tidak masuk akal bagi bisnis untuk menggunakan semuanya. Kamu perlu mengetahui target pasarmu lebih dahulu dan memilih platform yang paling sesuai dengan targetmu

 

  1. Perencanaan dan Penerbitan

Setelah dari beberapa pilar di atas dengan melanjutkan pada menerbitkan dan melakukan perencanaan. Hal ini bisa menjadi sederhana dengan memposting posting blog baru dan berbagi informasi tentang  memposting video atau foto mengenai produk baru, tetapi konsisten adalah kunci program SMM yang efektif. Untuk membangun audiens, kamu harus sering memposting karena memposting konten yang relevan secara konsisten akan membuat audiens kembali lagi. Alat seperti Hootsuite, HubSpot, dan Sprout sosial memungkinkan pemasar untuk menjadwalkan posting mereka pada waktu yang tepat.

 

Nah, kamu sudah tidak bingung lagi kan mengenai sosial media marketing tersebut. Kalian juga bisa mampir ke @DIGIMA. Selain itu, sosial marketing itu penting ya dan semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu !