Lead generation merupakan proses penting dalam bisnis untuk mendapatkan dan meningkatkan jumlah pelanggan. Untuk melancarkan lead generation banyak perusahaan yang menginvestasikan modal besar untuk menjalankan strategi akuisisi dan lead generation. Lead generation berguna agar target marketing dan target konversi bisnis kalian tepat sasaran.
Berikut ini alasan lainnya mengapa lead generation penting untuk bisnis kalian.
Meningkatkan brand awareness
Melakukan hal yang membantu lead generation, seperti menjalankan promosi sosial media, email marketing, SEO, dan influencer marketing adalah langkah yang tepat untuk meningkatkan brand awareness perusahaan. Brand kalian akan semakin dikenal dan diperhatikan oleh masyarakat. Hal ini akan memudahkan edukasi dan penawaran produk kepada masyarakat.
Membantu identifikasi dan menargetkan leads yang berkualitas
Lead generation secara bertahap dapat mempersempit basis target pelanggan yang ditarget. Sehingga lebih spesifik. Dengan mengidentifikasinya, maka kalian busa mendapatkan lead berkualitas tinggi yang paling berpotensi melakukan pembelian dan menjadi pelanggan.
Tidak menguras waktu dan modal bisnis
Lead generation mempermudah menentukan target dan audiens yang tepat. Sehingga tidak perlu menghabiskan banyak waktu dan uang untuk menargetkan konsumen secara luas dan menjangkau setiap segmen pasar. Dengan target yang tepat, perusahaan akan lebih banyak mendapatkan lead yang berkualitas tinggi dengan tingkat konversi yang tinggi pula.
Bisa diotomatisasi
Di era yang semakin canggih ini, sudah tersedia banyak software yang bisa dipakai untuk menjalankan manajemen dan proses lead generation secara otomatis. Misalnya, seperti tools email marketing dan Customer Relationship Management (CRM).
Dengan tools yang membantu otomatisasi ini, penjual tidak perlu membuang waktu dan tenaga untuk mendapatkan lead. Cukup berfokus pada lead berkualitas yang berpotensi bisa melakukan closing dengan baik.
Kinerja lebih terukur
Lead generation yang dilakukan dengan strategi digital marketing akan memudahkan tim marketing dan sales melakukan analisis kinerja. Hasil analisis dan insight tersebut dapat membantu perusahaan menyusun strategi di masa depan dan berpotensi meningkatkan tingkat konversi.
Seperti yang diketahui, saat menerapkan lead generation, lead yang berkualitas adalah faktor penting dari berhasilnya sebuah closing. Oleh karena itu, perlu dilakukan cara untuk meningkatkan kualitas lead.
Mengidentifikasi siapa yang termasuk lead berkualitas dan tidak berkualitas, memiliki kepentingan yang sama dengan upaya mencari lead itu sendiri. Dengan mengetahui siapa saja yang termasuk lead berkualitas, maka kalian dapat menetapkan prioritas pemasaran yang dibutuhkan untuk mengonversikan menjadi penjualan. Ada dua hal yang perlu dilakukan untuk mengukur kualitas lead:
Melakukan lead scoring
Masing-masing perusahaan memiliki indikator khusus untuk mengukur kualitas lead yang didapatkan. Namun, secara umum metode yang digunakan untuk mengukur kualitas dari calon konsumen adalah lead scoring.
Dalam lead scoring, tingkatan calon konsumen ditentukan berdasarkan:
- Seberapa jauh mereka berada di saluran penjualan milik perusahaan.
- Seberapa dekat mereka dengan pembelian.
- Seberapa kuat minat mereka untuk membeli.
Lead scoring dapat dilakukan dengan melakukan survei penggunaan dan menetapkan buyer persona sesuai dengan parameter konsumen ideal yang sedang dibutuhkan. Beberapa pertanyaan yang diajukan untuk membuat buyer persona:
- Apa pekerjaan kamu?
- Apa peran kamu setiap hari?
- Apa masalah pokok yang dirasakan saat ini?
- Apa tujuan kamu datang ke sini?
- Masalah apa yang bisa diatasi dengan produk ini?
Selain pertanyaan, ada pula parameter dasar yang dijadikan pertimbangan lead scoring. Hal ini didasarkan dari aksi lead sebagai berikut:
- Membuka email marketing yang dikirimkan
- Mengunjungi website perusahaan
- Mengunduh konten yang terdapat dalam website
- Mengunjungi iklan yang dibuat
- Melakukan registrasi pada event yang diselenggarakan
Mempererat hubungan marketing-sales
Hubungan antara tim marketing dan sales sangat penting untuk membuat lead generation menjadi efektif. Tim marketing atau sales tidak perlu bekerja dua kali apabila memiliki komunikasi yang baik.
Misalnya, tim marketing mengirimkan daftar lead berpotensi kepada tim sales. Tim sales tidak perlu menghubungi semua lead satu per satu. Selain itu, tim sales perlu memberikan umpan balik tentang kualitas lead secara cepat, sehingga bisa dilakukan analisis tingkat keberhasilannya.
Berdasarkan evaluasi tersebut, tima marketing bisa menentukan strategi lead generation apa yang harus dilakukan ke depannya. Apakah ada yang perlu diubah atau tidak. Apabila tim sales tidak memberikan umpan balik, maka tim marketing akan berpikir bila lead yang dikirimkan dapat dikonversi ke penjualan. Mereka akan melanjutkan strategi yang sudah diterapkan sebelumnya.
Pentingnya lead generation selain mempercepat pertumbuhan perusahaan, juga memberikan dampak positif lainnya, seperti meningkatkan brand awareness, mengidentifikasi dan menargetkan leads berkualitas, tidak menguras waktu dan modal, bisa diotomatisasi, dan bisa diukur kinerjanya. Selain itu, lead juga harus ditingkatkan kualitasnya agar proses closing berjalan lebih lancar. Meningkatkan kualitas lead bisa dilakukan dengan melakukan lead scoring dan memperkuat hubungan tim marketing dan sales.