Merek adalah nama, simbol, tanda, desain, atau kombinasinya, yang digunakan sebagai identitas individu, organisasi, atau bisnis sehubungan dengan kepemilikan barang dan jasa untuk membedakannya dari produk dan jasa lainnya. Disini kita akan membahas tentang pengertian dan jenis-jenis merek.
Pengertian Merek
Merek yang membedakan produk satu dengan produk lainnya akan memudahkan konsumen dalam memutuskan produk mana yang akan dikonsumsi. Loyalitas konsumen terhadap pengenalan, pilihan dan kepatuhan pada suatu merek.
Merek dapat dipahami lebih dalam pada tiga hal berikut ini:
- Contoh brand name (nama) : nintendo, aqua, bata, rinso, kfc, acer, windows, toyota, dan lain sebagainya.
- Contoh merek (simbol) : gambar atau simbol sayap pada motor honda, dan masih banyak contoh-contoh lainnya.
- Contoh trade character (karakter dagang) : ronald mcdonald pada restoran mcdonalds, dan lain sebagainya.
Jenis Merek
Menurut Undang-Undang No. 15 Tahun 2001 tentang Merek, secara umum merek terbagi menjadi tiga jenis, yaitu:
- Merek Dagang, yaitu yang digunakan pada barang yang diperdagangkan oleh seseorang atau beberapa orang secara bersama-sama atau badan hukum untuk membedakan dengan barang-barang sejenis lainnya.
- Merek Jasa, yaitu yang digunakan pada jasa yang diperdagangkan oleh seseorang atau beberapa orang secara bersama-sama atau badan hukum untuk membedakan dengan jasa-jasa sejenis lainnya.
- Merek Kolektif, yaitu yang digunakan pada barang dan atau jasa dengan karakteristik yang sama yang diperdagangkan oleh beberapa orang atau badan hukum secara bersama-sama untuk membedakan dengan barang dan atau jasa sejenis lainnya.
Strategi Branding
Produsen, distributor, atau pengecer dapat menerapkan strategi branding berikut:
1. Membangun merek pribadi
Merek individu menetapkan merek yang berbeda untuk produk baru seperti pembersih selancar Unilever dan rinso untuk menargetkan segmen pasar yang berbeda.
2. Family Branding / Merek Keluarga
Family branding melibatkan penetapan merek yang sama untuk beberapa produk dengan alasan melengkapi merek yang sudah ada dan terkenal. Contoh home brand adalah seperti brand mie Sedap yang merupakan grup Wings Food yang memproduksi produk dari brand utama mie goreng sedap, mie soto sedap, dll.
Itulah pembahasan mengenai merek hingga jenisnya yang menjadi pembahasan kali ini. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat dan menjadi sumber informasi dan pengetahuan bagi pembaca. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang copywriting, manajemen konten, dan SEO Anda bisa mengunjungi blog pada laman DIGIMA.