Apa Itu Iklan Persuasif? Yuk, Ketahui!

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Mau tahu cara meyakinkan konsumen agar memilih produk atau layanan anda? Jawabannya adalah dengan menggunakan iklan persuasif. Metode periklanan yang satu ini sangat cocok bagi anda yang ingin mengajak konsumen melalui kesan yang positif. Metode dengan kekuatan daya bujuk ini mampu mengubah keputusan konsumen dari yang enggan membuat mau. Nah, bagaimana cara membuatnya? Yuk, simak terus artikel berikut ini!

Apa itu Iklan Persuasif?

Iklan persuasif adalah salah satu bentuk metode pemasaran digital yang bertujuan untuk mengajak, merayu, atau membujuk konsumen agar tertarik dan akhirnya membeli produk atau jasa yang bisnis tawarkan.

Metode Pemasaran Persuasif

Metode pemasaran persuasif ini mempunyai tiga kegiatan ajakan emosi terhadap konsumen, seperti berikut ini:

1.Ethos

Kategori Ethos mengedepankan kredibilitas dan kepercayaan kepada konsumen. anda bisa memanfaatkan reputasi republik figur terpercaya di mata masyarakat untuk memperkuat penyampaian pesan bisnis, seperti seorang ahli terhormat yang bergerak di bidang yang sama dengan bisnis.

2.Logos

Berbeda dengan Ethos, Logos adalah persuasif yang memanfaatkan logika dan rasionalitas untuk mengajak konsumen. kategori ini bisa menggunakan fakta kuat, statistik, data, grafik, serta tabel dalam pendekatan ke logika konsumen.

3.Pathos

Pathos merupakan metode iklan persuasif yang menargetkan koneksi antara konsumen dan produk atau layanan melalui compassion atau simpati yang mendalam. Baik itu dalam pendekatan yang positif ataupun negatif. Metode ini diharapkan mampu meyakinkan konsumen untuk mengambil aksi setelah tersihir ke dalam iklan.

Manfaat Menggunakan Iklan Persuasif

Penyampaian pesan yang tersirat di dalam iklan persuasif tidak bersifat memaksa, melainkan soft selling melalui rayuan terhadap emosi konsumen. segala sesuatu tentang angka, fakta, manfaat dari produk atau layanan pun tidak menjadikan lebih fokus. Oleh sebab itu, metode pemasaran ini menghasilkan berbagai manfaat sebagai berikut:

1.Pendekatan User – Oriented

Metode pemasaran ini sangat memperhatikan kepuasan konsumen ke tingkat pribadi. Katakanlah bisnis anda bergerak di dunia makanan dan ingin meningkatkan penjualan dengan menargetkan kalangan konsumen pekerja kantoran.

2.Kesempatan Membangun Kredibilitas

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, iklan persuasif berusaha melakukan pendekatan emosional dibandingkan menawarkan fakta kepada konsumen. Metode ini lebih mengajak para konsumen untuk membeli produk ataupun layanan berdasarkan apa yang mereka rasakan.

3.Peluang untuk Membangun Brand Loyalty

Brand loyalty menunjukkan perilaku konsumen yang setia kepada satu brand, meskipun banyak kompetitor yang menawarkan produk atau layanan yang serupa. Perilaku ini terbentuk karena adanya rasa kepercayaan. Jadi, konsumen bisa kembali membeli produk atau layanan tanpa perduli apapun yang terjadi, seperti kenaikan harga.

Contoh Iklan Persuasif Berdasarkan Teknik

Iklan persuasif bergantung kepada copywriting atau rangkaian kata – kata yang memberikan pesan kepada konsumen. Ini adalah beberapa teknik umum yang biasanya digunakan dalam pemasaran iklan beserta contohnya:

1.The Carrot and The Stick

  • Yuk, lengkapi stempel Bakmi GM spesial Valentine, supaya dapat paket makan gratis untuk berdua.
  • Mau dapat kupon minuman Starbucks 1 Liter? Ayo, buruan download aplikasinya di Playstore
  • Isi survei ini untuk dapat kuota gratis nonton YouTube sebanyak 2 GB.

2.Prinsip Kelangkaan

  • Yuk, makan menu terbaru McDonalds spesial nasi uduk hanya di hari lebaran!
  • Limited offer, beli 2, harga lebih murah.
  • Sudah keluar loh album special edition BlackPink.

3.One Message Per Advertisement

  • Pakai Doughlas Insurance dan Tabung 20%.
  • “Bayarnya Sebulan, Dapat 2 Bulan”
  • “Open Coke, Open Happiness”

4.Sudut Pandang ke – 2

  • Anda bisa menggapai mimpi dengan Super Learning Online Tutoring
  • “Anda ganteng ketika memakai masker”
  • “Hidupkan semangat Anda dengan Coca Cola”

Demikian artikel yang telah kita bahas diatas tentang Apa itu iklan persuasif? Yuk, ketahui!. Semoga membantu anda.