7 Faktor Yang Mempengaruhi Google Rangking

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Alasan dari persaingan di halaman pertama google semakin lama semakin ketat ialah karena adanya berbagai faktor yang menjadi pengaruh pada peringkat website di google. Anda sebagai pemilik suatu halaman situs web pastinya menginginkan situs web yang Anda kelola mempunyai seo dengan rangking yang terbaik. Situs web dengan peringkat teratas pada mesin pencarian seperti google dan lainnya pastinya akan memberikan dampak yang besar dalam pelayanan yang telah Anda tawarkan. di bawah ini merupakan 7 faktor yang bisa mempengaruhi google rangking pada situs web yang harus Anda pahami

  1. Kualitas konten

Konten harus didahulukan. Dengan konten berkualitas tinggi, halaman Anda akan mendapat peringkat tertinggi. Sama pentingnya, meskipun Anda mengikuti berbagai faktor lainnya yang mempengaruhi google rangking tetapi konten Anda masih berantakan, maka situs Anda tidak akan mendapat peringkat. Karena konten adalah salah satu misi Google, di mana Google didirikan dengan tujuan memberikan informasi yang berkualitas, bermanfaat, dan mudah diakses oleh semua orang. Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan pada saat membuat konten, yaitu:

  • Kelengkapan isi

Sebenarnya, konten itu tidak harus panjang karena tidak ada aturan baku untuk menghitung kata. Beberapa di antaranya  membutuhkan setidaknya 1.890 kata hingga 2.500 kata. Namun yang pasti, konten harus mencakup topik secara mendalam. Misalnya, fokuskan pada kata kunci “laptop terjangkau”. Anda bisa menjelaskan mulai dari merk, spesifikasi, fitur, kelebihan dan kekurangan hingga gambaran singkat mengenai laptop tersebut.

  • Perbarui atau update konten

Faktanya, konten yang diperbarui bergantung pada jenis situs web dan kata kunci yang Anda cari. Contohnya, website Anda merupakan suatu situs web portal berita. Maka, konten yang harus Anda muat harus berisi mengenai informasi dan berita yang up to date. Contohnya, update jumlah korban bencana gempa, atau jumlah KK yang terdampak gempa bumi, skor pertandingan di menit tertentu dan lainnya. Sehingga pencari akan mendapatkan informasi terbaru saat mencari berita tersebut.

  1. Tautan Balik(backlink)

Tautan balik atau backlink adalah tautan yang ditempatkan di situs web lain yang mengarah ke situs web Anda sendiri. Semakin banyak backlink yang Anda miliki, maka situs web Anda akan dianggap semakin penting, berguna, dan bisa dipercaya. Karena situs lain tidak akan segan-segan menjadikan Anda pedomannya. Oleh karena itu, backlink adalah salah satu faktor terpenting dalam peringkat Google. Namun Anda tetap harus berhati-hati dengan backlink. Backlink harus berkualitas tinggi. Jadi Anda tidak bisa ceroboh.

  1. Tujuan pencarian(search intent)

Google tidak mengklasifikasikan konten yang sama, itu tergantung pada maksud pencarian. Misalnya, jika seseorang mengetik “beli sepatu”, halaman belanja online akan muncul di bagian atas. Memperhatikan maksud pencarian adalah salah satu strategi terpenting sebelum pembuatan dan penempatan konten. Untuk hasil terbaik, Anda dapat menggunakan “four C’s of search intent” sebagai titik awal, yaitu

  • Gaya Konten(content style): gaya konten yang dominan pada search engine.
  • Jenis Konten(content type): Jenis konten yang biasanya dibagi menjadi posting blog, produk, kategori, dan halaman arahan.
  • Format Konten(content format): Biasanya berlaku untuk konten informasi seperti instruksi, opini, berita, daftar, dll.
  • Pojok Konten(content angle): Poin kunci konten yang juga bisa menjadi argumen penjualan untuk konten.
  1. kecepatan situs web

Siapa sih yang tidak kesal ketika sebuah website di hasil pencarian Google diklik tapi websitenya tidak terbuka? Faktanya, pengguna menginginkan tanggapan instan karena mereka ingin membuat orang yang mereka sukai terkesan dengan sanjungan Google.

Google sangat memahami hal ini. Google memahami bahwa orang mendapatkan informasi dengan cepat dan tidak ingin menghabiskan terlalu banyak waktu untuk menonton ikon unduhan berputar. Inilah mengapa Google mengutamakan website yang cepat dalam hasil pencariannya.

  1. Mobile friendly

Sejak Google memperkenalkan indeks mobile-first, desain mobile-friendly telah menjadi faktor penting yang bisa menjadi suatu pengaruh PageRank sebuah situs web. Google melakukan perubahan karena meningkatnya jumlah pengguna smartphone. Selain itu, sebagian besar pengunjung web saat ini juga lebih cenderung menggunakan ponsel atau smartphone untuk mengakses suatu website.

  1. Struktur situs web

Struktur situs web juga merupakan faktor dalam peringkat Google. Mengapa? Desain yang elegan membuat proses pengindeksan di situs web Anda menjadi lebih mudah bagi Googlebot. Bagi yang belum paham, Googlebot adalah suatu perangkat lunak penyusun yang digunakan Google untuk mengumpulkan dokumen dari web dan membuat indeks yang dapat ditelusuri untuk mesin telusur. Sehingga website Anda akan muncul di hasil pencarian Google saat pengguna mencari kata kunci tertentu. Dari penjelasan ini Anda dapat melihat bahwa proses pengindeksan sangat penting. Jangan biarkan Googlebot kesulitan melakukan tugasnya di situs Anda.

  1. Optimasi Kata Kunci(keyword)

Pengguna mencari di Google untuk kata kunci atau kata kunci tertentu. Oleh karena itu, wajar jika kata kunci memengaruhi peringkat situs web dalam hasil pencarian. Optimalisasi kata kunci juga dikenal sebagai SEO on-page. Di mana Anda meletakkan kata kunci tidak hanya di konten tetapi juga di deskripsi meta, tag judul, gambar alt TXT, dll.

Nah itu saja pembahasan mengenai 7 faktor yang mempengaruhi rangking google. Dengan poin-poin yang sudah dibahas tadi, Anda bisa mengoptimasi website. Dengan adanya penjelasan ini, semoga Anda segera memahami dan menerapkannya, sehingga Google segera mengindeks situs web Anda dengan mudah.