Tren 2022 pada seo (Search engine optimization) harus Anda cermati dari saat ini untuk bisa menghadapi tantangan pada tahun depan dengan persiapan yang sangat matang. Saat ini, hampir sebagian orang telah mengetahui pentingnya seo dalam meningkatkan traffik pengunjung. Hal ini mempunyai artian bahwa tingkat persaingan akan semakin tinggi. Makanya, Anda harus memastikan bahwa Anda telah melakukan selangkah lebih maju dibandingkan pesaing supaya situs web Anda akan menjadi yang terdepan.
Supaya situs web Anda tetap menjadi yang terdepan, Anda harus mengetahui dan juga mewaspadai beberapa tantangan yang akan Anda hadapi pada industri atau pembisnisan Anda. Terdapat berbagai macam tantangan seo yang akan Anda lewati pada bisnis Anda supaya bisnis Anda dapat berhasil dan mendapatkanROI (return of investment) yang terbaik. Di bawah ini merupakan 5 tantangan dari search engine optimization (SEO) yang harus Anda pahami, antara lain,
Tantangan pertama dari SEO yaitu Algoritme Google yang terus diperbarui
Pencarian Google adalah tolok ukur untuk SEO karena hampir sebagian besar pengguna lebih memilih Google daripada mesin pencari lainnya. Google mendominasi pasar search engine dengan 90,74 persen pada Agustus 2022, jauh mengungguli posisi kedua Yahoo dengan hanya 3,17 persen.
Karena itu, tidak heran jika para praktisi SEO banyak yang berpanduan pada algoritma Google karena tujuan SEO mereka dapat dicapai melalui mesin pencari ini. Singkatnya, algoritma Google adalah sistem yang dipakai Google dalam menentukan peringkat situs web di mesin pencari yang didasarkan pada kata kunci yang relevan. Anda juga perlu memahami panduan Google ini supaya situs web Anda muncul di halaman atas SERP.
Tetapi, tantangannya adalah Google memperbarui algoritmanya setiap tahun untuk menawarkan pengalaman menjelajah terbaik kepada pengguna. Google memperbarui algoritme ini ratusan atau ribuan kali dalam jangka waktu satu tahun. Jadi tujuan Google sangat bagus agar pengguna selalu mendapatkan konten yang relevan dengan apa yang mereka cari. Anda tidak perlu khawatir, meskipun banyak pembaruan algoritma, karena tidak semua yang diperbarui tidak selalu menggantikan yang telah ada.
Tantangan kedua ialah Peran Artifical intelligence(kecerdasan buatan) akan semakin besar.
Perkembangan teknologi artifical intelligence yang sudah semakin maju membuat penerapannya semakin dalam di berbagai aspek, tidak terkecuali SEO. Bahkan, Google sudah sering mengatakan bahwa penggunaan teknologi AI di mesin pencari akan semakin luas. Seiring artifical intlligence ini semakin mempengaruhi cara Anda berinteraksi dengan konten yang beredar di dunia maya, peran ini dalam optimasi mesin pencari tidak bisa dihindari.
Bagaimana menghindari ketika Google sendiri menggunakannya dalam algoritma RankBrain, yang merupakan salah satu faktor peringkat terpenting di tahun mendatang. Saat membuat strategi SEO 2022 Anda, pastikan untuk memasukkan konten yang terorganisir dengan baik dan menarik serta bermanfaat bagi pengunjung situs web, sehingga Google melihat perilaku mereka di situs web sebagai sinyal bahwa pengalaman mereka, pengalaman pengguna atau user experience dari mereka memuaskan.
Tantangan ketiga yaitu Memakai seluruh keyword(kata kunci)
Anda harus menghindari isian kata kunci. Namun, salah satu strategi untuk menghindari taktik spam dan black-hat ini adalah mengisi deskripsi meta dan judul Anda dengan kata kunci. Hingga saat ini, belum ada alat yang menunjukkan persentase frekuensi kata kunci dengan sempurna. Makanya, hal ini berkemungkinan buruk bisa memicu filter penalti isian kata kunci yang tergolong masih tinggi jika Anda tidak berhati-hati.
Belum lagi, pengguna yang membuka halaman ini mengasosiasikan konteks negatif dengan deskripsi yang tidak dioptimalkan. Pada dasarnya, Anda harus mencoba membuat konten yang dapat memicu rasa ingin tahu dan membuat pengguna mengeklik halaman situs web Anda. Jadikan lebih alami dan kurangi fokus pada keyword mentah.
Tantangan selanjutnya yaitu Mobile friendly tang tidak dapat dinegosiasikan
Proporsi pengguna internet yang mengunjungi situs web di ponsel cerdas mereka setiap hari semakin bertambah. Bahkan penelitian mengasumsikan bahwa proporsinya akan meningkat menjadi 75 persen pada tahun 2025. Salah satu permasalahan yang masih sering menjadi kendala hingga saat ini adalah munculnya website yang didesain untuk layar komputer baik desktop maupun laptop yang kurang nyaman untuk dilihat secara vertikal pada layar smartphone yang jauh lebih kecil.
Sejak 2015, Google telah menghitung “search engine friendliness” sebagai salah satu faktor peringkat selain kualitas konten bagi pengguna untuk mendapatkan hasil yang memuaskan untuk permintaan pencarian. Ini berarti Google memprioritaskan situs web yang ramah mesin pencari bagi mereka yang mencari di smartphone. Mungkin logikanya sederhana, meskipun kontennya berkualitas tinggi, jika sulit dibaca tidak banyak membantu
Sebagai tanggapannya, Google memperkenalkan pendekatan baru yang disebut pengindeksan pertama seluler pada tahun 2019. Artinya, terlepas dari perangkat pengguna yang melakukan pencarian, Google akan memprioritaskan situs web seluler. Jadi Anda tidak akan mempunyai pilihan yang lain. Jika Anda ingin mendapatkan lalu lintas melalui mesin telusur organik, keramahan seluler atau mobile friendly merupakan suatu kebutuhan yang tidak dapat ditawar.
Tantangan terakhir dari SEO yaitu Nilai konten(content value)
Konten yang unik, menarik, dan bermanfaat akan sangat mempengaruhi peringkat website Anda di mesin pencari online. Selama bertahun-tahun, Google telah mempelajari bagaimana orang mencari konten dan konten apa yang mereka inginkan. Google mengetahui dan memahami pengguna pada mesin pencari untuk menemukan konten yang mereka inginkan. Dan menjadikan Google sebagai mesin pencari paling populer hingga saat ini.
Itulah mengapa penting bagi Anda untuk memahami hubungan antara SEO dan nilai konten. Dan mengarah ke peringkat situs web Anda di Google. Saat Anda menulis konten yang berharga, bukan hanya jumlah atau panjang konten yang dapat menjadikan situs web Anda #1 di mesin telusur, tetapi juga kualitas dan keakuratan konten yang Anda tulis yang dibutuhkan oleh pencari artikel Google. Penting untuk mengetahui apa yang membuat konten Anda dianggap berharga oleh para pencari.
Sekian artikel tentang 5 tantangan dari seo atau search engine optimization. Meningkatkan SEO membutuhkan ketekunan dan kecerdasan dalam perbaikan. Kita tahu bahwa kinerja sebuah website memiliki dampak yang signifikan terhadap mesin pencari. Semakin cepat situs Anda memuat, semakin baik peluang peringkat Anda. Semoga membantu!