Situs web yang mendapat peringkat bagus di halaman pencarian Google pasti memiliki peluang untuk menarik lebih banyak pengunjung potensial secara gratis. Saat kita mengetik kata kunci di halaman pencarian Google, kita melihat daftar website yang terkait dengan kata kunci tersebut. Website/halaman blog yang teroptimasi dengan baik dan berada di peringkat teratas (posisi 1-4) cenderung mendapatkan traffic lebih banyak dibandingkan website yang berada di peringkat bawah hasil pencarian. Keuntungan yang dirasakan oleh pemilik website dikarenakan kredibilitas website yang dikunjungi banyak orang. Akan tetapi, SEO ternyata juga mempunyai mitos tersendiri loh!
Terdapat berbagai memiliki banyak mesin pencari untuk ditemukan dan digunakan, mulai dari Bing, Yahoo, Baidu dan mungkin yang paling populer adalah Google. Semua mesin pencari di atas, meskipun terlihat berbeda, memiliki tugas yang sama di antara mereka sendiri, yaitu memberikan informasi sesuai dengan kebutuhan pemohon. Istilah SEO bisa sangat umum dan jarang memiliki audiens yang besar. Pemahaman ini biasanya hanya dibutuhkan oleh mereka yang bekerja atau bekerja di bidang tertentu seperti marketing dan IT.
Pengertian SEO
Pengertian SEO sendiri cukup mudah, SEO adalah singkatan dari “Search Engine Optimization”. Diterjemahkan secara harfiah ke dalam bahasa Indonesia, Grameds dapat mengartikan ini sebagai “search engine optimization”. Terjemahannya sudah bisa menggambarkan SEO secara umum.
Pengertian SEO secara sederhana dapat dijelaskan sebagai cara seseorang mengoptimasi sebuah website agar muncul di urutan teratas mesin pencari. Mengapa orang saat ini ingin situs web mereka berada di bagian atas mesin pencari? Ini mengacu pada lalu lintas atau berapa banyak pengunjung yang mengunjungi situs.
Mitos seo yang wajib Anda ketahui
Mitos seo ini lebih mengarah dalam mencegah marketer konten dan blogger dalam menaikkan traffik situs pencarian dan rangking. Sebagian ahli seo mengklaim jika mereka berafiliasi dengan google. Hal ini merupakan salah satu mitos yang terbesar karena google tidak mengungkapkan siapa partner seo mereka dan afiliasinya. Jadi, apabila seorang konsultan atau agensi seo menjanjikan peringkat atas dalam biaya rendah, hal tersebut merupakan jenis penipuan. Tidak ada seorang pun yang bisa menjamin peringkat atas mesin pencari. Di bawah ini merupakan beberapa mitos seo yang wajib Anda ketahui dan hindari apabila Anda merupakan seorang seo. Yuk, simak!
Keyword yang terlalu panjang akan sia-sia
Kata kunci yang panjang, atau dikenal dengan kata kunci berekor panjang dalam istilah SEO, adalah teknik yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan posisi Anda di mesin pencari dengan cepat. Tapi itu tidak sepenuhnya benar. Faktanya, jenis kata kunci yang panjang memiliki volume pencarian dan persaingan yang rendah. Namun, peringkat mesin pencari Google cukup tinggi untuk situs web dengan kata kunci berekor panjang. Yang terpenting adalah bagaimana Anda membangun DA (Domain Authority) agar mudah naik peringkat Google.
Meta tag dianggap tidak penting
Bidang deskripsi konten, atau bidang meta tag, adalah cara bagi webmaster untuk memberikan informasi tentang situs mereka kepada mesin telusur. Bidang deskripsi konten dapat digunakan untuk memberikan informasi kepada semua klien, dan setiap sistem hanya memproses bidang deskripsi konten yang dipahaminya dan mengabaikan yang lain. Menambahkan kolom deskripsi mungkin tidak meningkatkan peringkat pencarian, tetapi kolom deskripsi membantu mengomunikasikan informasi tentang situs Anda kepada pengguna dan mesin telusur. Bidang deskripsi konten juga menarik bagi mesin pencari, yang dapat memperoleh lebih banyak klik dari pengguna pencarian.
Traffik pada media sosial bisa meningkatkan seo
Media sosial dikenal sebagai saluran yang baik untuk menarik pengunjung ke situs web / blog. Namun pada kenyataannya, itu tidak dihitung sebagai lalu lintas organik. Kembali ke tujuan SEO, sebenarnya untuk meningkatkan atau mengoptimalkan traffik pengunjung ke website atau blog Anda. Dari sini dapat disimpulkan bahwa lalu lintas media sosial tidak terlalu memengaruhi pengoptimalan mesin telusur. Manfaat media sosial untuk website atau blog hanyalah eksistensi dan branding. Fokus pada lalu lintas mesin pencari organik situs web / blog Anda.
Riset keyword dianggap tidak penting
Jika Anda adalah orang yang serius dalam dunia blog dan website, setidaknya Anda harus memahami kata kunci utama dan kata kunci turunan. Riset kata kunci membantu meningkatkan kinerja situs web Anda. Percuma jika Anda membuat ratusan artikel jika kata kunci Anda tidak tepat. Akibatnya, situs web Anda tidak akan bisa ditemukan oleh pengunjung.
Link external tidak baik bagi seo
Tautan keluar ke situs lain mengarahkan lalu lintas ke situs lain. Risiko ini tentu menjadi alasan utama. Mengapa Anda perlu menyediakan lalu lintas ke situs web lain? Namun kenyataannya, banyak artikel SEO masih menyarankan untuk memberikan satu tautan per halaman. Jadi apa ancamannya? Itu adalah tugas Anda, jika Anda mampu menawarkan barang yang berkualitas, tentunya pengunjung tidak akan meninggalkan tempat yang menawarkan kenyamanan bagi mereka.
Itu saja beberapa mitos dari seo yang harus Anda ketahui. Sebenarnya masih banyak beberapa mitos yang perlu Anda ketahui dan Anda pahami. Sebaiknya jangan mudah percaya terhadap pernyataan-pernyataan seo yang belum tentu benar adanya. Karena saat ini, Google sudah memperbarui algoritmanya. Jadi Anda tidak perlu khawatir. Jangan lupa untuk memperbarui strategi sesuai dengan kebutuhan algoritma google supaya web Anda mendapatkan peringkat teratas pada mesin pencarian. Semoga membantu!.