3 Cara Menentukan Unique Selling Point

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Anda harus tahu bahwa yang paling membedakan perusahaan Anda dari ribuan pesaing adalah Unique Selling Point (USP) Anda. Unique Selling Point adalah cara memilih pelanggan potensial dalam bisnis yang kompetitif.

Lantas, kehadiran USP sangatlah penting bagi sebuha perusahaan. Oleh karena itulah, pada kesempatan kali ini kami akan mencoba membantu Anda dalam menentukan USP pada perusahaan Anda. Yuk, simak artikel berikut ini!

Apa itu Unique Selling Point (USP)?

Seperti namanya, USP adalah sesuatu yang membedakan perusahaan Anda dari pesaing serupa lainnya. Jadi, USP Anda adalah alasan mengapa pelanggan Anda bersedia mengeluarkan uang mereka untuk membeli produk pilihan mereka dari perusahaan Anda dan bukan dari pesaing Anda.

Mengapa? Karena jika semua perusahaan menawarkan produk yang sama, pelanggan akan kebingungan dalam memilih produk. Terakhir, pelanggan harus membeli produk dari penjual yang mereka yakini dapat menawarkan lebih banyak manfaat daripada penjual lain. Inilah yang dimaksud dengan USP.

USP sangat penting dalam perkembangan teknologi saat ini. Mengapa? Karena pesaing bisnis Anda saat ini tidak hanya di dalam negeri tetapi juga dari seluruh dunia. Dengan kata lain, calon pelanggan Anda memiliki banyak pilihan.

Dengan demikian, sangat mudah bagi calon pelanggan Anda untuk mengubah pilihannya pada penjual yang lain jika penjual Anda tidak memberikan keuntungan.

3 cara menentukan unique selling point

Mengetahui apa yang pelanggan inginkan

Cara pertama untuk menentukan USP Anda adalah memikirkan tentang apa yang benar-benar diharapkan pelanggan dari perusahaan Anda.

Misalnya, Anda memiliki bisnis kuliner. Secara alami, pelanggan menginginkan tempat yang dapat memuaskan rasa lapar mereka.

Namun, jika hanya itu yang mereka inginkan, maka semua tempat kuliner bisa menawarkan hal tersebut dan bisa memberikan rasa kenyang yang sama. Jadi apa yang membuat mereka mengabaikan restoran Anda dan makan di tempat lain? Jawabannya bisa harga, rasa makanan, kualitas pelayanan, kebersihan tempat, keramahan pelayan, kecepatan pelayanan, dll. Beberapa aspek yang mendukung alasan terpenting ini dapat menjadi USP. Itu sebabnya Anda perlu mempelajari apa yang benar-benar diinginkan konsumen Anda.

Berikan kepuasan batin kepada pelanggan Anda

Terkadang mempelajari psikologi itu sangat penting dalam hal berbisnis. Terlebih lagi, jika bisnis Anda yang berada dipasar sudah mulai ramai dan juga sesak. Maka Anda harus bisa mengetahui kepuasan intrinsik seperti apa yang dapat Anda tawarkan kepada pelanggan Anda. Jadi ini akan menjadi proposisi penjualan unik Anda ke depan.

Jika Anda sedang berjuang untuk menentukan tingkat kepuasan pelanggan, berikut adalah beberapa contoh untuk diikuti:

  • Gaya hidup sehat

Setiap orang pasti menginginkan tubuh yang sehat karena sehat itu mahal harganya. Ini memungkinkan Anda untuk menerapkan strategi pemasaran yang meyakinkan pelanggan Anda bahwa mereka dapat hidup lebih sehat dengan menggunakan produk Anda. Dengan demikian, pelanggan mengetahui bahwa produk Anda adalah produk yang benar-benar dapat meningkatkan kesehatan tubuh seperti produk lainnya.

  • Menjaga lingkungan

Selain kepuasan mental, konsumen juga ingin sekaligus merasakan kebahagiaan. Karena Anda berkontribusi terhadap perlindungan lingkungan dengan menggunakan produk Anda. Anda menggunakan sebagian hasil penjualan plastik daur ulang, misalnya sebagai hadiah atau menanam pohon di hutan.

  • Kebanggaan

Ada banyak bentuk kebanggaan. Selain kebanggaan menggunakan produk mewah, ada bentuk kebanggaan lain seperti kebanggaan menggunakan produk lokal. Rasa bangga ini bersifat eksklusif atau terbatas. Anda tinggal menyesuaikannya dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Coba lihat competitor Anda

Melihat pesaing bukan berarti mencontek USP mereka. Karena jika Anda meniru USP mereka, meskipun pesaing Anda sudah terkenal, Anda pasti kalah bersaing. Mengapa? Karena tentunya mereka sudah memiliki banyak konsumen dan sumber dayanya sudah begitu besar.

Tujuan meninjau para pesaing ini adalah untuk mengetahui kekurangan mereka sehingga Anda dapat menggunakan pelajaran sebagai USP Anda. Sederhananya, Anda menggunakan kelemahan mereka untuk keuntungan bisnis Anda.

Unique selling point itu sangatlah penting!

Dengan demikian Setelah membaca artikel ini secara keseluruhan, Anda pasti akan memahami pentingnya proposisi penjualan yang unik. Ketika digunakan dalam jangka waktu yang lama, USP membuat perbedaan antara perusahaan yang sukses dan bangkrut.

Mengapa? Karena jika pelanggan sudah memiliki alasan untuk membeli produk Anda, mereka pasti akan kembali lagi dan kemudian merekomendasikannya kepada orang lain. Anda bisa membandingkan jika produknya biasa-biasa saja. Jangankan repot-repot untuk membeli, bahkan melihat pelanggan merasa enggan.