Intip Cara Beriklan Di Instagram Yang Efektif Dan Mudah

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Pengguna Instagram di Indonesia mencapai angka hampir 70 juta pada periode Januari hingga Mei 2020. Melihat angka ini tentu beriklan di Instagram semakin nampak menggiurkan, bukan? Nah, jika anda berencana untuk mulai beriklan di platform media sosial ini, berikut ulasan lebih lengkap mengenai Instagram ads dan bagaimana cara beriklan di Instagram yang bisa anda simak.

Apa Itu Instagrem Ads?

Instagram ads adalah iklan berbayar di Instagram yang dapat digunakan pebisnis, digital marketer atau pengiklan untuk menjangkau audiens yang lebih besar dan bertarget. Biasanya Instagram ads digunakan untuk menumbuhkan brand exposure, meningkatkan traffic website, menghasilkan leads baru dan mengarahkan kepada funnel seperti konversi.

Sejak diluncurkan pada tahun 2015, pengguna Instagram ads sendiri terus meningkat. Beberapa alasan yang dijadikan dasar di balik kepopuleran Instagram ads sebagai media beriklan saat ini antara lain:

  • Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang mengalami pertumbuhan pengguna yang pesat.
  • Survei menunjukkan bahwa pengguna media sosial rata – rata menghabiskan 50 menit sehari di Facebook, Instagram, dan Messenger.
  • Instagram ads menggunakan sistem periklanan Facebook yang memiliki penargetan yang kuat. Anda bisa menentukan lokasi target audiens, demografi, minat, perilaku dan bahkan menargetkan orang yang telah membeli produk anda atau berinteraksi dengan  brand anda.
  • Studi dari Instagram menyebutkan 60 persen pengguna Instagram mempelajari produk atau layanan tertentu melalui Instagram. 75% persen bahkan mengambil tindakan seperti mengunjungi situs, mencari produk atau memberi tahu teman tentang produk atau layanan setelah melihat Instagram post.
  • Hasil dari Instagram ads diklim 2,8 kali lebih tinggi dari Nielsen untuk online advertising.

Cara Beriklan di Instagram

Pada dasarnya beriklan di Instagram Ads sendiri cukup mudah. Anda tinggal memilih untuk beriklan di Instagram melalui beberapa cara, yakni melalui:

  • Aplikasi Instagram
  • Facebook Ads Manager
  • Partner Instagram
  • Power Editor
  • Facebook’s Marketing API

Nah, jika anda masih pemula, membuat iklan melalui aplikasi Instagram dan Facebook Ads Manager adalah pilihan yang paling tepat karena lebih sederhana untuk dilakukan.

Cara beriklan di Instagram melalui Facebook Ads Manager

Untuk memulai membuat Instagram ads melalui Facebook Ads Manager anda perlu masuk ke akun Facebook milik anda, buka ads manager, lalu klik create ad untuk memulai campaign iklan baru. Selanjutnya, ikuti beberapa langkah berikut ini:

1.Pilih objektif

Ada banyak pilihan objektif iklan yang bisa anda pilih dalam tiga kategori besar, Awareness, Consideration dan Conversion, yaitu:

  • Brand awareness
  • Reach
  • Traffic
  • Engagement
  • Lead generation
  • Conversion
  • App install
  • Video views
  • Message
  • Catalog sales
  • Store traffic

2. Beri nama kampanye Instagram ads

Setelah memilih objektif, berikan nama pada kampanye iklan yang akan anda jalankan agar lebih mudah untuk menemukan dan melacak performanya. Anda juga bisa memilih split test dan mencoba variasi yang berbeda untuk mencari performa yang terbaik. Misalnya jalankan split test atau A/B test untuk menguji variasi iklan yang berbeda sehingga dapat mengalokasikan anggaran terbesar pada jenis iklan yang memiliki performa terbaik.

3.Pilih penempatan iklan

Pilihlah di mana anda ingin iklan anda tersebut muncul, maka lakukan beberapa langkah ini

  • Pilih edit placement.
  • Batalkan pilihan Facebook dan Audience Network di bawah Platform.
  • Jika anda ingin membuat Instagram stories ads,, klik panah di sebelah kiri Instagram dan pilih Stories pada menu drop down.

Dengan begitu, anda pun bisa mengevaluasi strategi terbaik dalam pemasangan Instagram ads untuk bisnis atau brand anda. Demikian artikel diatas mengenai Intip cara beriklan di instagram yang efektif dan mudah, semoga berhasil!