6 Cara Menulis Meta Description yang SEO

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Meta description adalah umpan yang dapat menarik pembaca agar masuk ke situs web. Bagaimana tips menulisnya? Setiap pemilik bisnis mungkin sudah mengetahui pentingnya konten marketing untuk menarik traffict secara organik melalui search engine. Semua konten di toko online dioptimalkan untuk SEO untuk membantu Anda berperingkat lebih tinggi di search engine dan menemukan pembeli potensial dengan lebih mudah.

Dengan fokus pada pengoptimalan konten, banyak orang lupa bahwa meta description juga perlu mendapat perhatian khusus.

Untuk yang belum tahu, meta description adalah informasi singkat yang muncul di bawah link dalam hasil pencarian dan tujuannya digunakan untuk menjelaskan tentang halaman yang Anda cari.

Meta description Anda harus dapat membujuk dan menarik pencari untuk mengklik link ke situs web atau bisnis Anda. Supaya tidak kehilangan peluang untuk menjaring traffic yang membawa lebih banyak customer dan lead, sudah waktunya kamu menulis deskripsi meta dengan baik. Penasaran bagaimana caranya?

Apa sih meta description itu?

Apakah Anda tahu apa itu meta description? Menurut Semrush, adalah tag HTML yang digunakan untuk menggambarkan konten halaman web. Deskripsi ini muncul di bawah judul halaman web dan URL dalam hasil mesin pencari.

meta description Anda harus antara 140 dan 160 karakter agar selalu terlihat di Google. Menurut Searchmetric, deskripsi meta sekarang menjadi tag situs web.

meta description memungkinkan Anda untuk menggambarkan konten Anda secara visual dan menunjukkan kualitas situs web Anda. deskripsi meta biasanya muncul ketika halaman untuk kata kunci tertentu muncul di hasil pencarian.

Untuk membuat meta description yang SEO friendly, Anda bisa mencoba beberapa tips. Berikut penjelasannya, simak yuk!

6 Cara menulis meta description

  • Gunakan Bahasa yang persuasive

Meta description dirancang untuk menarik pengguna agar mengklik tautan di halaman pencarian. Untuk memberi tahu pengguna apa yang akan mereka dapatkan saat mengeklik tautan, gunakan rasa ingin tahu, seperti ‘Temukan’, ‘Manfaatkan peluang’, ‘Pelajari lebih lanjut’, ‘Periksa di sini’. Mulailah menulis dengan kata kerja yang menarik, kemudian informasi singkat tentang konten situs web atau toko online Anda.

Manfaatkan keingintahuan pengguna Anda dan dorong mereka untuk membuka dan membaca konten situs Anda. Anda bisa membuat pernyataan yang menggantung dan mengundang rasa penasaran.

  • Berikan solusi atau manfaat

Salah satu hal yang paling dibenci oleh para pencari adalah mengklik tombol kembali karena konten situs web untuk tautan yang mereka klik tidak sesuai dengan yang mereka harapkan atau inginkan.

Gunakan kalimat pendek yang menggambarkan konten dengan jelas atau tulis mengapa Anda harus membaca tautan tersebut. Deskripsi meta memberikan cara penting untuk menunjukkan kualitas konten yang Anda berikan, jadi nyatakan dengan jelas manfaat yang Anda dapatkan setelah membaca konten tersebut.

  • Tulis dibawah 155 karakter

Agar semua deskripsi meta dapat dibaca dan tidak otomatis terpotong oleh mesin telusur, usahakan agar deskripsi Anda 155 karakter atau kurang. Gunakan tools untuk mengecek Panjang deskripsi meta dan tag judul.

Meta description yang singkat dan jelas lebih mudah dibaca oleh pengguna. Tulis deskripsi meta yang menarik menggunakan jumlah karakter yang tersedia.

  • Jangan spam keyword

Jangan paksa pencari untuk mengklik tombol kembali karena konten tidak relevan dengan apa yang mereka harapkan ketika mereka membaca deskripsi meta Anda.

Meskipun masih berhubungan dengan SEO, tetapi Anda tidak perlu mengirim spam kata kunci Anda di deskripsi meta Anda agar pencari tidak kecewa dan kehilangan kepercayaan pada situs web atau toko online Anda.

  • Tulis dengan spesifik dan relevan

Penelusur mungkin tidak memahami deskripsi meta , tetapi mereka dapat dengan jelas menentukan deskripsi meta mana yang ditulis dalam istilah yang terlalu umum dan pada akhirnya tidak tertarik untuk mengklik tautan. Untuk menghindari hal ini, gunakan kata-kata deskriptif yang berbeda untuk menarik pencari agar mengklik link ke hasil pencarian. Anda dapat menulis spoiler kecil tentang postingan yang Anda baca agar pembaca tetap tertarik dengan konten situs Anda.

  • Lakukan tes

Setelah Anda membuat meta description yang bagus dan mulai mendapatkan banyak traffic  organik, jalankan pengujian dengan beberapa variasi meta description lainnya untuk melihat jenis meta description mana yang dapat menghasilkan lebih banyak lalu lintas. Coba gunakan panjang deskripsi, frasa, atau posisi keyword yang berbeda. Siapkan beberapa kalimat dan lihat mana yang memiliki nilai SEO tertinggi.

Pentignya meta description bagi web

Meta description adalah teks yang muncul di bawah judul dalam hasil pencarian. Ini berarti bahwa teks ini akan membantu meningkatkan traffic web Anda. Pembaca akan mencoba membuka situs Anda setelah melihat deskripsi meta Anda.

Saat menulis deskripsi meta , Anda harus memastikan bahwa teks tersebut cukup menggambarkan konten dan menulis deskripsi meta yang baik untuk setiap halaman web.

Sama seperti judul artikel, deskripsi meta memainkan peran penting dalam SEO. Deskripsi singkat ini akan meningkatkan pengalaman membaca Anda. Anda juga dapat menggunakan teks singkat ini untuk mempromosikan bisnis Anda.

Deskripsi produk singkat yang ditulis dengan baik dapat menarik lebih banyak pengunjung situs web. Misalnya, artikel pendek tentang promosi atau produk baru. Ini akan menghemat biaya Anda untuk iklan. Deskripsi meta yang baik akan mengarahkan pengguna untuk mengklik tidak hanya pada halaman hasil pencarian, tetapi juga pada halaman lain dari situs Anda.