7 Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Desain Kemasan

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Kemasan produk memainkan peran yang sangat penting dalam bagaimana produk berperilaku di pasar. Kemasan adalah kesan pertama yang dilihat calon pembeli. Keputusan desain kemasan bisa menjadi sangat penting, terutama untuk produk makanan dan minuman. Desain kemasan produk makanan dan minuman harus dilakukan dengan hati-hati karena menyangkut berbagai hal seperti tanggal kadaluarsa dan kebersihan. Berikut tujuh hal yang harus diperhatikan dalam desain kemasan produk makanan dan minuman.

7 hal yang harus diperhatikan dalam desain kemasan

  • Efektifitas

Efektivitas adalah faktor yang paling penting untuk dipertimbangkan ketika membuat desain kemasan produk. Kemasan produk harus disesuaikan dengan jenis isi produk dan kebutuhan yang akan dikemas. Pastikan kemasan yang dibuat tidak bertentangan dengan produk yang dikemas karena menyimpang dari karakteristik produk.

  • Keamanan pangan ( food safety)

Aspek lain yang perlu dipertimbangkan ketika merancang kemasan produk adalah keamanan pangan. Masalah keamanan pangan ini merupakan faktor penting yang harus diprioritaskan ketika memilih dan menentukan jenis desain kemasan dan metode pengemasan. Keamanan produk sangat penting karena kemasan non-makanan biasanya mengandung zat berbahaya yang dapat meracuni bahan makanan dan minuman. Skor keamanan pangan ini juga berkaitan dengan faktor kebersihan dan higienitas kemasan produk. Cara pengemasan yang buruk juga dapat merusak makanan dan minuman kemasan.

  • Desain aergonomis

Desain ergonomis adalah desain packaging produk sederhana yang mudah digenggam dimana saja, mudah dibuka, mudah sobek, mudah disimpan, mudah dituang, mudah dibawa, dan tidak berhamburan. Kenyamanan yang tidak mengganggu konsumen dengan kemasan produk. Semakin besar kenyamanan, maka konsumen akan semakin tertarik untuk membeli.

  • Mudah dikenali

Saat meluncurkan suatu produk, semua perusahaan ingin produknya dapat dikenali, populer, dan memiliki karakteristik yang unik. Desain kemasan produk inilah yang membuat produk mudah dikenali. Desain kemasan makanan harus dirancang agar mudah dikenali dan diingat oleh konsumen. Dan desain produk juga harus unik untuk membedakannya dari produk lain, terutama yang sejenis dari pesaing. Untuk membuat desain produk yang mudah dikenali, Anda bisa menggunakan jasa desain kemasan produk professional.

  • Mudah dalam pengangkutan dan pengiriman (Easy Delivery)

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam mendesain kemasan produk adalah kenyamanan dalam proses pengiriman dan distribusi. Desain kemasan suatu produk tidak dapat dicegah untuk memenuhi standar keamanan pangan, tetapi sulit untuk diangkut dan dibawa. Dalam hal ini, akan sulit untuk meningkatkan penjualan produk Anda. Cara termudah untuk menentukan paket dasar pengiriman adalah dengan berkonsultasi dengan penyedia layanan desain packaging produk yang ahli di bidangnya.

  • Factor keindah (Artwork)

Kekuatan visual masih merupakan faktor keindahan yang paling penting. Semakin artistik desain xproduk Anda, semakin banyak peluang yang Anda miliki untuk menarik perhatian konsumen. Oleh karena itu, perlu diperhatikan desain packaging yang terlihat cantik dan menarik (attractive). Gambar kemasan yang menggugah selera adalah suatu keharusan dalam industri makanan. Bisa dibilang, hanya dengan melihat gambar pada kemasan, calon konsumen bisa membayangkan kelezatan dan kesegaran produk. Tentunya banyak faktor yang harus diperhatikan seperti kombinasi warna, pilihan logo, pilihan font, slogan, dan atribut lainnya.

  • Factor informasi dan promosi

Desain kemasan yang baik merupakan media informasi pertama sebelum konsumen mengambil keputusan (beli/tidak). Gunakan bagian tertentu dari kemasan untuk menggambarkan makanan secara detail sehingga konsumen tidak merasa tertipu. Kejelasan informasi yang didapat konsumen dari kemasan produk otomatis menjadi alat promosi media verbal konsumen.

Dengan demikian, 7 poin di atas merupakan dasar untuk membuat kemasan produk yang baik, sehingga menarik perhatian konsumen dan membedakannya dengan kemasan produk lainnya. Tunggu apa lagi segeralah untuk mencobanya. Semoga berhasil.