Pahami kelebihan dan kekurangan beriklan di internet!

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Dalam beberapa tahun terakhir, banyak perusahaan yang telah memanfaatkan media digital untuk meningkatkan pemasaran digital mereka. Tidak mengherankan, jika pemasaran digital menghadirkan peluang besar yang mempunyai dampak positif pada penjualan. Digital marketing sendiri dilakukan dengan bermacam-macam strategi, mengingat pengguna internet juga memiliki karakteristik yang tidak sama. Contohnya yaitu melakukan iklan secara online di internet. Tetapi, Anda harus mengetahui bahwa beriklan online di internet juga mempunyai kelebihan dan kekurangan loh!. Apa saja kelebihan dan kekurangan dari beriklan di internet? Simak terus penjelasan di bawah ini!

Pengertian iklan online

Iklan online adalah jenis iklan yang berbasis online yang menggunakan media seperti gambar, animasi, dan video yang disebarkan melalui internet. Penggunaan media ini tentunya bervariasi, ada yang menurut platform tertentu. Misalnya, blog cenderung menggunakan gambar. Biasanya berisi informasi dengan tujuan tertentu, seperti konversi, penjualan, atau kesadaran merek(brand awareness). Ini berarti iklan mempunyai tujuan yang berbeda, dan juga bentuk dan jenis iklan yang berbeda. Seperti yang Anda ketahui, kehadiran iklan online di internet saat ini sedang booming. mengapa demikian? Alasannya sederhana, yaitu disebabkan oleh perluasan internet yang tinggi. Hasilnya, iklan ditampilkan kepada pengguna dari Sabang hingga Merauke dan bahkan pengguna internasional. Tentu saja, ini adalah peluang besar bagi Anda sebagai seorang pengiklan.

Kelebihan dan kekurangan beriklan di internet

Beriklan atau promosi di internet bukan menjadi sesuatu yang asing. Karena, semakin hari para pengguna internet khususnya di wilayah nusantara terus berkembang seiring berjalannya waktu. Di bawah ini merupakan kelebihan dan kekurangan beriklan di internet, yaitu

Kelebihan beriklan di internet

1. Murah

Iklan online secara signifikan lebih murah dan lebih terjangkau daripada iklan di televisi, radio atau surat kabar.

2. Gratis

Iklan online tidak hanya murah, tetapi juga ada yang gratis. Misalnya menggunakan jejaring sosial Facebook dan Twitter atau media sosial lainnya.

3. Akses Lebar Jangkauan atau akses luas juga disediakan

Iklan online bisa meluas jangkauannya. Dalam hal ini bisa memungkinkan akses dari mana saja, hingga di ujung dunia.

Kekurangan beriklan di internet

Selain mempunyai kelebihan, beriklan di internet juga pasti ada kekurangannya. Kekurangan dari iklan di internet adalah:

1. Sedikit Rumit

Iklan online sebenarnya tidak semudah kedengarannya. Berbagai media periklanan online yang bisa dipilih salah satunya untuk menjalankan promosi bisnis Anda secara efektif yaitu facebook ads, instagram ads, twitter, Google Ads hingga Marketplace Ads. Jika Anda mendapatkan hasil yang positif dengan satu media, tidak perlu menggunakan banyak media. Anda juga bisa mengiklankan layanan dan produk Anda di marketplace seperti Shopee.

2. Butuh strategi dan ide kreatif

Membuat iklan tanpa strategi dan rencana yang matang adalah buang-buang uang. Jadi ingatlah untuk membuat strategi bisnis sebelum memasang iklan dan buatlah iklan Anda sekreatif mungkin atau menonjol dari pesaing Anda. Ini memungkinkan orang untuk melihat produk dan layanan yang Anda tawarkan.

3. Hasil tidak langsung

Pastinya dalam suatu proses bisnis, tidak ada hasil yang terlihat secara langsung. Semua itu butuh proses dan pembelajaran dari kesalahan yang dibuat. Apabila Anda baru mulai beriklan dan mengharapkan hasil yang besar rasanya akan cukup sulit. Sebab ada sebuah hal-hal kecil yang harus dipelajari saat beriklan ini guna bisa mendapatkan hasil yang baik dan itu terjadi secara instan.

Nah itulah beberapa kelebihan dan kekurangan beriklan di internet. Harapan kami, semoga  informasi ini bermanfaat. Semoga penjelasan ini bisa membantu Anda.