Strategi B2C Untuk E-Commerse

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

B2c(Business to Consumer) merupakan suatu strategi pemasaran yang paling banyak diminati. Anda sebagai seorang pebisnis atau pemasar, wajib memiliki kontak secara langsung dengan berbagai perusahaan yang menerapkan strategi ini. strategi pemasaran ini merupakan kebalikan dari strategi B2B(Business to Business). Keduanya disimpulkan mempunyai praktik dan peraturan yang cukup berbeda. Apa sih pengertian B2C itu? Dan bagaimana strategi B2C yang efektif? Anda akan mengetahuinya setelah membaca tuntas blog ini.

Pengertian B2C

Siapa yang tidak pernah belanja online? Dan di masa pandemi seperti ini, semakin banyak orang yang membeli bahan kebutuhan secara online. Tempat yang biasa disebut dengan e-commerce atau toko online merupakan tempat yang paling banyak dikunjungi untuk belanja online. E-commerce adalah platform yang biasanya digunakan oleh situs web untuk menjual produk dari pemilik platform. Barang yang bisa dijual terserah pemiliknya. Beberapa e-commerse hanya terbatas pada satu merek saja, yang lain adalah merek yang berbeda. Produk yang dijual tidak sejenis dan juga dapat berbeda.

B2C adalah singkatan dari Business to Consumer. Intinya adalah bahwa jenis ini terjadi antara perusahaan dan pengguna. Dengan kata lain, jenis e-commerce ini menyediakan platform atau website di mana pengguna atau konsumen dapat membeli barang langsung dari perusahaan. Jenis e-commerce ini adalah yang paling sering kita temukan dan gunakan secara online. Contoh e-commerce terkenal di dunia yang menerapkan jenis B2C ini adalah Wal-Mart, Target, dan Gap.

Indonesia sendiri juga memiliki banyak jenis e-commerce B2C seperti Berrybenka, Bhinneka dan Tiket.com. Website ini menyediakan berbagai layanan yang dibutuhkan konsumen untuk kenyamanan mereka. Seperti disebutkan sebelumnya, ada beberapa jenis e-commerce selain B2C. Yang menarik di Indonesia adalah munculnya perpaduan antara e-commerce B2C dan jenis e-commerce lainnya yaitu C2C.

Strategi B2C yang efektif

Setiap bisnis perlu memiliki strategi yang tepat untuk sukses dalam pemasaran digital. Di sini, kami telah menyiapkan strategi pemasaran digital B2C yang dapat Anda terapkan untuk mempromosikan produk dan layanan Anda secara langsung kepada konsumen.

1. Meningkatkan situs web e-commerce

Ketika berbicara tentang pemasaran digital, situs web adalah hal pertama yang terlintas dalam pikiran. Website adalah media digital terpenting untuk pemasaran digital dan aset digital yang harus dimiliki setiap perusahaan. Tentu saja, ketika berbicara tentang strategi pemasaran digital B2C Anda, yang terpenting adalah Anda perlu meningkatkan situs web bisnis B2C Anda.

Agar sukses dalam pemasaran digital B2C, Anda perlu memastikan bahwa situs web Anda menawarkan 2 manfaat sebagai berikut.

Respons seluler.

Mencari berbagai informasi di Internet menjadi mungkin tidak hanya di desktop tetapi juga di smartphone. Oleh karena itu, untuk memudahkan konsumen Anda mengakses situs web Anda dari perangkat yang berbeda, Anda perlu membuat situs web Anda responsif pada perangkat pengguna yang berbeda. Selain itu, situs web yang ramah ponsel cerdas lebih cenderung direkomendasikan kepada pencari oleh Google.

b. Kecepatan loading.

Menunggu adalah sesuatu yang dibenci kebanyakan orang, dan menunggu lama untuk memuat halaman web bisa sangat mengganggu. Idealnya, halaman web harus dimuat dalam waktu kurang dari 3 detik, dan jika situs web membutuhkan waktu lebih lama untuk memuat dari ini, itu dianggap sebagai situs web yang lambat. Inilah yang menyebabkan rasio pantulan tinggi karena pengguna meninggalkan situs web Anda sebelum melihat konten situs web Anda.

c. Desain Situs Web Fungsional

Ketika Anda memulai pemasaran digital, situs web Anda bukan hanya tempat untuk mengiklankan bisnis B2C Anda, tetapi juga identitas perusahaan Anda. Jadi pastikan website Anda didesain khusus untuk bisnis B2C. Ini dapat membantu meningkatkan kesadaran merek(brand awareness).

2. Kenali konsumen Anda.

Untuk membangun hubungan dengan konsumen Anda, Anda harus terlebih dahulu mengenal mereka dan memenuhi kebutuhan mereka. Dengan cara ini, Anda dapat memberi konsumen Anda solusi efektif untuk masalah mereka.

3. Buat konten bermakna yang mengubah.

Setelah Anda mengetahui konsumen Anda telah memasuki web Anda, langkah selanjutnya adalah mendorong mereka untuk berkonversi. Yang harus Anda lakukan adalah membuat konten yang menarik untuk mengonversi pengguna Anda. Anda dapat membuat konten yang menguntungkan konversi. Misalnya, mengunggah blog yang konsisten yang menghasilkan niat beli. Anda dapat membuat poin yang lebih menarik dan memperjelas apa yang Anda tawarkan dalam bisnis B2C Anda kepada mereka.

4. Tingkatkan trafik B2C dengan SEO.

Semua bisnis online setuju bahwa SEO adalah strategi pemasaran digital yang harus mereka tambahkan ke daftar mereka. Agar SEO berfungsi, Anda perlu menemukan apa yang dicari konsumen Anda di mesin pencari. Setelah Anda menemukan minat mereka, akan menjadi lebih mudah untuk membuat konten menggunakan kata kunci ini untuk mendapatkan peringkat terbaik di mesin pencari. Dengan adanya hal ini, Anda dapat membuat konten yang menjawab pertanyaan terkait penelusuran yang dibutuhkan pengguna Anda.

5. Peroleh pengikut di media sosial

Media sosial adalah alat penelitian terpenting kedua setelah mesin pencari. Jadi jika perusahaan Anda melakukan pemasaran digital, jangan heran jika media sosial juga masuk dalam daftar. Ada dua metode pemasaran media sosial untuk perusahaan B2C, yaitu gratis dan berbayar. Tentu saja, dengan pemasaran media sosial gratis, dapat membangun konsumen baru yang membutuhkan banyak usaha dan waktu. Namun, jika Anda memiliki anggaran, Anda dapat bekerja lebih keras dengan iklan media sosial berbayar.

6. Jangan lupa untuk melakukan retarget.

Hal ini merupakan sesuatu yang tidak boleh Anda lupakan jika konsumen telah membeli produk atau layanan Anda di masa lalu sehingga mereka dapat membeli lagi. Penargetan ulang dapat dilakukan melalui iklan berbayar. Ini mungkin memerlukan anggaran terpisah, tetapi dapat memberikan ROI positif yang sepadan dengan investasi.

Merancang strategi digital marketing yang efektif mungkin terlihat menakutkan bagi Anda. dalam hal ini diperlukan banyaknya analisis, perencanaan, penjadwalan, dan hampir sebagian dari seluruh aktivitas. Tetapi, hal itu juga demi kebaikan yang lebih baik ke depannya. Semoga penjelasan di atas dapat menambah pengetahuan kepada Anda.