TikTok merupakan jejaring sosial yang sedang hype saat ini. Dengan lebih dari satu miliar pengguna aktif setiap bulannya, aplikasi berbagi video telah menjadi fenomena nyata di antara anak-anak berumur dibawah 25 tahun, yang merupakan hampir 60% dari pemirsanya. Di samping itu, salah satu cara terbaik untuk mengembangkan akun Anda adalah dengan mengembangkan engagement yang baik sehingga algoritme dapat membantu Anda mendapatkan visibilitas dan dapat membantu Anda sebagai pembisnis untuk mengenalkan produk atau jasa dari video berdurasi pendek. Lalu bagaimana meningkatkan engagement di Tik Tok ini?
1. Memposting dan pada waktu yang teratur
Seperti halnya jejaring sosial lainnya, memposting konten secara konsisten adalah kunci untuk berkembang di TikTok yang dapat meningkatkan engagement di Tik Tok. Anda tidak harus memposting setiap hari, tetapi yang terbaik adalah mengikuti jadwal sehingga Anda tidak meninggalkan pengikut Anda. Dengan memposting secara teratur, Anda akan mengembangkan hubungan yang unik dengan audiens inti Anda yang kemungkinan besar akan berinteraksi dengan postingan Anda. Sebagai aturan umum, yang terbaik adalah memposting beberapa kali seminggu pada waktu sibuk, misalnya antara jam 6 sore dan 11 malam.
2. Berinteraksi dengan Audiens Anda
Untuk meningkatkan jangkauan akun Anda, sangat penting untuk berinteraksi dengan pelanggan, calon pelanggan, dan followers Anda. Hal pertama yang harus dilakukan tentu saja menyukai dan membalas komentar di TikTok Anda sendiri. Penting juga untuk menyukai, mengomentari, dan membagikan konten dari akun lain untuk mengembangkan hubungan dengan influencer ini dan membangun komunitas di niche Anda. Dengan mengulangi tindakan ini dengan rajin, Anda akan melihat tingkat keterlibatan Anda melonjak.
3. Terinspirasi Oleh Video Populer
Dengan menganalisis tab “Untuk Anda” secara mendetail, dimungkinkan untuk mendeteksi sejumlah besar kesamaan antara video yang disorot oleh algoritme. Misalnya, sebagian besar video ini cenderung berdurasi antara 10 dan 20 detik, menggunakan musik paling populer saat itu, dan memiliki antara 1 dan 3 tagar dalam deskripsinya. Dengan mereproduksi pola kemenangan, Anda akan memastikan jangkauan yang lebih baik dan tingkat keterlibatan yang lebih baik dalam jangka panjang dengan user atau pelanggan Anda. Selain itu, dari hal ini Anda bisa melihat pendapat mengenai produk atau jasa milik Anda oleh para nitizen, followers, atau pelanggan Anda.
4. Ikut Serta Dalam Tren dan Tantangan
TikTok secara khusus dikenal memiliki tren baru yang muncul setiap minggu. Jika Anda ingin mendapatkan popularitas di platform, penting untuk mencerminkan konten Anda sebagai milik komunitas dengan mengadopsi kode TikTok. Berhati-hatilah untuk tidak terburu-buru mereproduksi tantangan terbaru. Pastikan mereka sejalan dengan citra merek Anda agar beresonansi dengan pengikut setia Anda dan dapat menarik pengguna baru yang mungkin menemukan akun Anda.
5. Gunakan fitur Duo dan Kolase
Fitur Duo, unik untuk TikTok, memungkinkan Anda berkolaborasi dengan pembuat konten lain dengan menambahkan video Anda di samping video mereka, menggabungkan dua video untuk menambahkan sentuhan orisinal. Fitur Kolase dibangun berdasarkan prinsip Duo dengan memungkinkan Anda mengambil klip video dari akun lain dan merekam reaksi terhadapnya, yang dapat menghasilkan reaksi berantai dari pembuat yang berbeda. Kedua fitur ini adalah alat yang hebat untuk menjangkau pemirsa baru, meningkatkan basis pelanggan Anda dan memperluas jaringan dan keterlibatan Anda. Sebaiknya Anda tahu mengenai video yang dibuat dengan dua opsi ini secara otomatis menyebutkan pembuat video asli dalam deskripsi, yang memungkinkan untuk memberi tahu komunitasnya tentang video Anda.
Itulah beberapa cara meningkatkan engagement Tik Tok untuk Anda. Anda juga bisa mengkonsultasikan hal ini melalui DIGIMA. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.