5 Tren Digital Marketing 2022

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Anda harus memulai dari sekarang dalam mempersiapkan tren Digital Marketing pada tahun 2022. Tren Digital Marketing yang bermacam-macam membuat Anda harus memperhatikan berbagai tren yang terus berkembang. Maka untuk mengetahuinya, di bawah ini terdapat 5 tren Digital Marketing beserta penjelasannya pada tahun 2022 yang dapat Anda terapkan. Yuk, simak!

Pengertian tren Digital Marketing

Tren Digital Marketing atau strategi Digital Marketing merupakan suatu aktivitas pemasaran suatu merek dengan memakai internet sebagai media promosi. Tujuannya yaitu menarik calon pelanggan secara cepat. Seperti yang telah Anda ketahui, bahwa penggunaan teknologi dan informasi melalui internet pada masyarakat telah menjadi hal yang lumrah di kalangan masyarakat. Maka, tak heran apabila aktivitas ini menjadi pilihan utama bagi setiap perusahaan. Terdapat 5 tren pada Digital Marketing yang dapat Anda Anda terapkan pada bisnis Anda. Apa saja?

5 tren Digital Marketing

Hampir sebagian besar masyarakat di sekitar kita menghabiskan waktunya untuk online. Hal ini dapat memberikan dampak positif bagi Anda sebagai seorang pebisnis karena Anda akan lebih mudah menemukan pelanggan pada saat menerapkan tren Digital Marketing. Di tambah lagi, saat ini berbagai platform pada media sosial yang semakin beraneka ragam dan terus berkembang yang dapat memberikan konten yang sesuai dengan pencarian para pelanggannya. Berbagai macam tren yang bisa Anda terapkan yaitu,

Shoppable Post di berbagai platform sosial

Tren Digital Marketing pertama yaitu berhubungan dengan kemajuan kemampuan media sosial. Salah satunya mirip dengan kemampuan fitur checkout instagram, yang dapat memungkinkan pelanggan melihat berbagai macam produk dan membelinya sesuai dengan keinginan mereka secara langsung tanpa melalui halaman penjualan. Ke depannya, akan semakin banyak berbagai macam brand yang akan memakai tren ini pada media sosial untuk menarik konsumen di berbagai media sosial.

Chatbots yang semakin populer

Saat ini, pelanggan semakin menuntut jawaban dengan cepat. Dengan demikian. Chatbots sangat diharapkan untuk menjadi salah satu tren pada Digital Marketing 2022. Penggunaan Chatbots sebagai salah satu tren Digital Marketing bahkan melonjak hingga 80%. Hal ini tidak terlepas dari perkembangan teknologi canggih yang semakin menuntut respons cepat dari para pelanggan. Dengan menggunakannya pada halaman web Anda, Anda bisa memanajemen pembahasan secara otomatis dalam membantu pelanggan untuk menuntaskan persoalan mereka. Chatbots tidak hanya bertindak secara cepat, tetapi mereka juga meminimalisir kerumitan dan persoalan yang umumnya terjadi pada saat menanggapi pelanggan secara manual.

Artivicial Intelligence yang semakin marak

Artivicial Intelligence merupakan salah satu tren pada marketing digital 2022 yang paling banyak dibahas oleh para ahli. Faktanya, ini bukanlah teknologi terbaru. Menurut Bramework, 61% pebisnis telah mempercayai tren ini karena Artivicial Intelligence merupakan aspek terpenting pada tren digital mereka. Di samping itu, 80% eksekutif telah menyetujui bahwa pemakaian tren ini telah meningkatkan produktivitas mereka. Anda dapat menggunakan berbagai media pada tren ini pada HubSpot, Google Cloud AI, dan Acquisio Turing pada tren marketing digital Anda.

Peran Influencer di tahun 2022

Seperti yang telah Anda ketahui, Influencer adalah salah satu elemen utama pada tren marketing digital untuk tahun 2022, karena ada sejumlah platform media sosial yang memperkuat kehadiran Influencer. Influencer dapat membantu Anda dalam membangun corporate branding pada bisnis Anda. Oleh karena itu, kehadirannya tidak hanya akan dibutuhkan pada tahun 2022 saja, tetapi akan terus dibutuhkan setiap tahunnya. Di tahun selanjutnya, Anda akan masih memerlukan Influencer untuk mempromosikan brand Anda. Makanya, peran Influencer pada tren Digital Marketing sangat dibutuhkan.

Voice Search yang semakin diminati

Penggunaan pencarian suara diproyeksikan akan semakin tumbuh selama beberapa tahun ke depan. Makanya, selain menyusun beberapa tren di atas, Anda sebagai pebisnis juga perlu memikirkan konten audio yang tepat sebagai penunjang terakhir dari tren Digital Marketing 2022. Sebenarnya, tren ini telah diterapkan oleh Domino, yang sapat memungkinkan pelanggan untuk memesan dengan perantara audio pada smartphone mereka tanpa harus menghubungi nomor kontak Anda. Di samping itu, juga terdapat brand yang lainnya, misalnya Nestle yang membuat Voice Prompt(instruksi suara) pada saat memasak produknya.

Itu saja 5 tren pada Digital Marketing 2022 beserta penjelasannya yang bisa Anda terapkan untuk menjalanlan bisnis Anda secara optimal. Semoga bisa membantu Anda.