4 Langkah-Langkah Dalam Strategi Iklan Media Sosial 

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Apakah Anda mengetahui mengenai strategi pemasaran melalui iklan di sosial media? social media marketing atau strategi pemasaran melalui iklan di sosial media merupakan suatu proses dari pemasaran atau marketing melalui iklan di Facebook dan Instagram.iklan yang berada di sosial media ini memiliki banyak fitur-fitur dalam memudahkan Anda untuk berjualan.Namun, Anda harus memiliki keunikan atau perbedaan dalam pembuatan iklan untuk “branding” dari jasa atau produk Anda. Jadi bagaimana langkah-langkah strategi untuk membuat iklan di sosial media:

1. Tentukan apa yang akan dijual.

Jika bisnis Anda hanya memproduksi dan menjual satu produk atau jika Anda sudah memiliki buku yang laris, maka Anda dapat melewati langkah ini. Namun, jika bisnis Anda memiliki katalog produk yang lebih besar. Jadi Anda harus mengidentifikasi produk mana yang paling berharga dan akan menjadi pusat dalam perikalanan Anda. 

Selain itu, Anda dapat menentukan produk mana yang menghasilkan laba tinggi dan sesuaikan. Meskipun Anda dapat membuat iklan yang bagus untuk produk dengan penjualan rata-rata, maka menampilkan produk terlaris kemungkinan akan menghasilkan lebih banyak konversi dan penjualan.

2. Meriset Pelanggan Anda.

Pada akhirnya, pelanggan tidak hanya membeli produk fisik itu sendiri, tetapi yang lebih penting yaitu apa yang dapat dilakukan produk untuk mereka. Kemudian Anda dapat mengidentifikasi tiga tingkat masalah produk:

  • Fisik: Produk itu sendiri.
  • Fungsional: Apa yang dilakukan produk untuk pelanggan.
  • Identitas: Bagaimana produk membuat pelanggan merasa.

Oleh karena itu, sebelum mencoba menjual kepada target pelanggan  Anda, maka Anda harus terlebih dahulu memahami siapa mereka dan apa yang mereka inginkan tetapi  mengetahui tujuan fungsional produk Anda dan apa yang sebenarnya diinginkan pelanggan Anda tidak selalu hitam dan putih.

3. Selalu Kreatif Dalam Keterbatasan   

Sosial media telah membuka pintu bagi begitu banyak peluang baru untuk periklanan digital, tetapi Anda juga harus mengetahui kelemahan dari bahwa semua platform sosial memiliki tersebut, seperti Instagram, Snapchat, Facebook. 

Namun,itu tidak berarti Anda tidak bisa berkreasi dalam keterbatasan itu. Ada banyak kemungkinan untuk iklan media sosial, tetapi, tentu saja, platform sosial jauh berbeda dari televisi dan majalah, jadi Anda harus mengingat beberapa batasan.

4. Membuat Digital Marketing Campaign 

Sekarang setelah Anda mengetahui produk, audiens, dan platform Anda, saatnya untuk mulai menerapkan campaign. Hal tersebut adalah cara untuk meningkatkan bisnis yang menggunakan media digital untuk mengenal produk atau jasa yang Anda miliki. 

Jika Anda tidak yakin harus mulai dari mana.  Berikut adalah empat langkah untuk membantu Anda membangun kampanye pemasaran digital yang sukses.

Tentukan tujuan Anda.

Meskipun ini mungkin merupakan langkah pertama yang jelas, menetapkan tujuan yang jelas dan dapat dicapai adalah dasar penting untuk membuat kampanye yang sukses. Mungkin mudah untuk terjun ke kampanye dengan banyak visi dan ambisi, tetapi jika Anda tidak memiliki pendekatan yang terfokus, ambisi ini mungkin gagal. Baik itu kesadaran merek, lebih banyak pengikut media sosial, atau peringkat SEO yang lebih tinggi dan pastikan Anda memiliki tujuan yang pasti yang dapat memandu Anda dalam mengambil keputusan selama proses berlangsung.

Mengidentifikasi audiens target Anda.

Meskipun kami sudah menyentuh ini, ada baiknya mengatakan lagi, maka kenali audiens Anda. Semakin Anda memahami siapa pelanggan Anda dan apa yang mereka inginkan, semakin baik Anda dapat menyempurnakan iklan Anda untuk lebih memenuhi kebutuhan mereka.

Buat persona pelanggan.

Ini sejalan dengan langkah sebelumnya, tetapi di sinilah Anda akan melangkah lebih dalam. Persona pelanggan adalah deskripsi terperinci tentang pelanggan target Anda, yang menyoroti demografi mereka seperti usia, lokasi, pekerjaan, pendapatan, dan detail lainnya yang dapat memengaruhi cara mereka membuat keputusan pembelian.

Tentukan anggaran Anda.

Meskipun ini mungkin bukan bagian yang paling menyenangkan, menilai anggaran Anda adalah kunci untuk menentukan batasan Anda dan bagaimana Anda harus mengalokasikan sumber daya Anda. Untungnya, pemasaran media sosial umumnya lebih murah daripada pemasaran tradisional, jadi investasi Anda dalam digital akan sering memberi Anda lebih banyak keuntungan.

Nah, tidak sulit bukan? Membangun strategi pemasaran di media sosial atau strategi sosial media maarketing memang tidak mudah, tapi jika Anda telah mengetahui langkah-langkah strategi dengan baik, maka siapa saja pasti bisa melakukannya. Anda bisa juga mengunjungi DIGIMA untuk menguak informasi lebih lanjut.