Untuk Anda yang mempunyai bisnis di Instagram, sangat penting bagi Anda untuk memperluas jangkauan strategi marketing. Anda harus membuat unggahan dengan baik dan benar. Meskipun dengan berbagai macam tantangan, misalnya harus sering mengunggah ide konten Instagram baru setiap harinya. Dalam Instagram, terdapat 8 fitur yang harus Anda ketahui dan pahami.
8 fitur pada Instagram
Di dalam perangkat lunak Instagram, terdapat 8 fitur yang harus Anda ketahui ketika tengah menjalani bisnis pada Instagram. Apa saja fitur-fitur tersebut? Yuk, simak!
- Feed Instagram
Saat membuka aplikasi Instagram, pastinya pengguna akan melihat halaman utama. Seluruh unggahan gambar beserta video terbaru dan juga unggahan yang disarankan akan muncul di sini.
- Instagram stories
Instagram stories atau kita sering menyebutnya sebagai insta story merupakan konten berdurasi pendek yang akan hilang secara otomatis dalam jangka waktu 24jam sesudah dipublikasikan.
- Highlight
Fitur ini memungkinkan cerita dimuat ke dalam kategori yang telah Anda buat dan akan disimpan lebih lama sesuai dengan keinginan Anda. Sorotan ini berada tepat di bawah bio Anda, sehingga Anda dapat menggunakannya untuk branding dan sebagai katalog produk Anda.
- IGTV
Saluran TV juga telah dimiliki oleh Instagram bagi Anda yang menyukai mengunggah video yang berdurasi panjang.
- Reels
Hampir sama dengan konsep tiktok, reels bisa memberikan kemungkinan bagi Anda untuk mengunggah video yang berdurasi ±30 detik. Anda juga bisa mengedit video, menambah filter, dan juga mengontrol kecepatan pada fitur ini.
- Instagram guide
Baru-baru ini, fitur ini diluncurkan. Fitur panduan ini memungkinkan Anda untuk berbagi kiat, informasi, maupun rekomendasi dengan orang lain.
- Instagram live
Fitur streaming langsung dari aplikasi Instagram yang sangat berguna bagi Anda dalam menggunakan fitur ini untuk bertegur sapa calon pelanggan secara langsung dan juga mempromosikan produk Anda kepada mereka.
- Instagram shop
Fitur ini terletak pada halaman temukan yang bisa memungkinkan Anda dalam menemukan pilihan yang Anda inginkan.
Itu saja 8 fitur yang terletak pada Instagram. Dengan adanya 8 fitur di atas, dapat Anda gunakan untuk membuat berbagai ide konten dalam Instagram. Lalu, bagaimana cara membuat ide konten dari Instagram? Yuk, simak!
Beberapa cara mencari ide konten Instagram
Terdapat beberapa cara dalam membuat ide konten dari Instagram yang tidak boleh Anda abaikan. Apa saja cara-cara tersebut? yuk simak penjelasan di bawah ini!
- Membuat Instagram guide
Fitur Instagram guide yang merupakan salah satu fitur yang baru saja dirilis oleh Instagram untuk menyediakan bermacam-macam strategi, saran atau rekomendasi yang telah dikurasi kepada para pengikut Anda. Dengan menggunakan fitur guide ini, isi konten dengan gambar cover dikemas layaknya artikel atau majalah yang khusus bagi brand Anda.
- Membuat Instagram reels
Instagram telah merilis fitur baru yang dengan cepat dapat memenangkan perhatian dari sejumlah pengguna, terutama para pengusaha platform, fitur ini berupa Instagram reels yang saat ini merupakan format dengan konten yang terkemuka dalam merancang video berdurasi pendek. Dengan adanya fitur ini, Anda bisa menampilkan konten Instagram yang menarik. Seperti mengunggah cerita dari balik layar dan juga tutorial makeup.
- Unggah video berdurasi panjang di IGTV
Ide konten selanjutnya yaitu menggunakan fitur IGTV dengan mengunggah video yang berdurasi panjang. IGTV merupakan salah satu fitur yang baik karena memungkinkan Anda untuk berbagi video yang berdurasi panjang. Semakin panjang video, akan semakin baik bagi Anda karena dapat menyampaikan pesan produk kepada calon pelanggan Anda.
- Memaksimalkan bio dan profil akun Anda
Memilih bio Instagram mungkin terlihat sepele, tetapi kuncinya adalah membuat orang tertarik untuk membuka dan mengikuti profil Anda. Kolom bio terletak tepat di bawah foto profil Anda, harus mencantumkan merek atau nama produk Anda, tagline atau deskripsi singkat yang mencerminkan bisnis Anda, dan tautan ke alamat situs web Anda. Jika mau, tambahkan emoji dan simbol juga agar profil Anda tidak terlihat kaku dan formal.
- Sekali-kali streaming dengan influencer terkenal
Dengan fitur streaming, Anda bisa memunculkan topik yang hangat dan menarik dengan bantuan influencer pada fitur streaming ini secara langsung. Sebelum itu, pastikan supaya menginformasikan kepada pengikut Anda sebelumnya mengenai kegiatan streaming pada Instagram Anda.
- Sering mengadakan sale/giveaway
Mengapa Anda harus melakukan giveaway atau sale sebagai permulaan pada kehadiran merek Anda?. Mengadakan kontes dan hadiah menunjukkan betapa Anda peduli dengan pengikut Anda. Bergantung pada aturan pendaftaran Anda, jumlah pengikut Anda juga dapat meningkat. Rayakan pencapaian seperti Sarang Sehat, atau bermitra dengan perusahaan lain untuk memberikan hadiah gratis kepada pemenang yang beruntung. Selain itu, Anda juga harus memahami strategi content marketing pada instagram.
Itu saja cara mencari ide konten pada instagram. Semoga bisa menginspirasi Anda. Apabila Anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai artikel diatas Anda bisa mengunjungi akun media sosial kami.