5 Manfaat Search Engine Marketing

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Search Engine Marketing (SEM) adalah salah satu saluran pemasaran terpenting untuk menghasilkan traffic ke situs web Anda. SEM dengan Search Engine Optimization (SEO) dan Pemasaran Konten dapat membantu Anda mendapatkan peringkat lebih tinggi di Search Engine Result Page (SERP).

Awalnya SEM Istilah umum untuk segala sesuatu yang berhubungan dengan pemasaran pencarian online, termasuk SEO. Namun, seiring perkembangannya, SEO dan SEM telah menjadi istilah yang terpisah dan saling melengkapi. Saat ini, SEM dikaitkan dengan iklan mesin pencari berbayar dan ada banyak manfaat yang bisa diperoleh darinya.

Pada artikel ini akan membahas apa itu SEM? Dan apa saja manfaat yang diperoleh, yuk simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Search Engine Marketing

Apa sebenarnya SEM itu? Sederhananya, menurut Searchengineland, SEM dapat didefinisikan sebagai “membeli” traffic dari mesin pencari berbayar seperti Google.

Seorang marketer dapat melakukan bidding terhadap keyword/kata kunci yang mereka inginkan dengan harapan seseorang yang melakukan pencarian menggunakan kata kunci tersebut akan memilih situs web atau iklan Anda.

SEM dapat mengambil banyak bentuk, termasuk teks dan PLAs (Product Listing Ads / Shopping Ads) dalam bentuk produk visual, harga, ulasan, dan peringkat. SEM tekstual biasanya menggunakan Google Adwords, Bing, dan Yahoo Gemini. Namun yang sangat populer saat ini adalah penggunaan Google Adwords.

Manfaat Search Engine Marketing (SEM)

  • Lebih banyak keuntungan

Penelitian yang dilakukan oleh Google menunjukkan bahwa bisnis dapat menggandakan investasi mereka melalui AdWords (iklan berbayar). Bisnis rata-rata dapat menghasilkan pendapatan sekitar $2 USD  untuk setiap $1 USD yang dibelanjakan. Hal ini didukung oleh fakta bahwa 52% pembeli online (mereka yang berinteraksi dengan iklan PPC) menghubungi pengiklan dan segera menindaklanjuti hasil pencarian. Lebih dari 300.000 mobile app kini terhubung ke Iklan Seluler Google.

  • SEM lebih fokus pada konversi

Meskipun uang umumnya merupakan tujuan utama pemasaran, jenis konversi lainnya tidak boleh diabaikan. Semua tujuan pemasaran lainnya, seperti akuisisi pelanggan baru, berlangganan email, dan bahkan mengikuti sebuah acara, adalah jenis konversi alternatif yang perlu dipertimbangkan.

SEM adalah teknik peningkatan konversi yang sangat efektif untuk semua jenis pemasaran. Ini karena SEM (iklan berbayar) biasanya mengarah langsung ke landing page yang berfokus pada konversi. Iklan berbayar dapat berfokus pada sasaran tertentu dan akhir dari sales funnel Anda.

  • SEM dapat meningkatkan Brand Awareness

SEM sering dilihat sebagai saluran utama untuk menghasilkan konversi, tetapi SEM juga dapat mendorong brand awareness. Penelitian Google menunjukkan bahwa beriklan di mesin pencari dapat meningkatkan brand awareness hingga 80%.

Meskipun iklan Anda tidak diklik, nama merek Anda terlihat jelas di SERP dan pemirsa dapat membaca merek, produk, atau URL Anda saat mereka melihat iklan Anda.

  • Dapat digunakan meski Anggaran Anda terbatas

Satu pertanyaan tentang SEM adalah pertanyaan tentang biaya. Banyak merek sering berpikir bahwa biaya SEM lebih besar daripada manfaatnya. Namun, seperti yang ditunjukkan oleh data Google untuk manfaat 1 di atas, SEM yang dikelola dengan baik dapat melipat gandakan investasi Anda. Jadi ROI baik-baik saja.

Juga, Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk beriklan di mesin pencari. Juga tidak ada jumlah minimum yang diperlukan untuk mulai menampilkan iklan. Anda bahkan dapat mulai dari $5 USD.

  • Efektif untuk pemasaran local

SEM juga bekerja dengan baik untuk pemasaran lokal. Pemasaran lokal bertujuan untuk menghubungkan suatu perusahaan dengan daerah sekitarnya yang dilayaninya. Jadi, jika seseorang menelusuri online untuk layanan bisnis lokal seperti ‘cuci mobil di dekat saya’ atau ‘kedai kopi terdekat di dekat saya’, Anda dapat menggunakan SEM untuk mengarahkan mereka ke lokasi bisnis Anda.

Dengan demikian, pembahasan mengenai manfaat SEM bagi bisnis Anda. Dengan mengetahui poin-poin diatas, diharapkan Anda dapat mengetahui apakah SEM adalah metode terbaik untuk bisnis Anda. Terima kasih telah mengunjungi artikel kami, semoga dapat membantu Anda. Apabila anda yang ingin mengetahui informasi terbaru Anda bisa mengunjungi kami di media sosial kami.