8 Cara Promosi Paling Jitu dengan WhatsApp Marketing

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

WhatsApp marketing adalah istilah yang digunakan untuk pemasaran digital saat ini. WhatsApp sendiri merupakan aplikasi sosial media yang telah menyediakan banyak layanan untuk bertukar pesan, melakukan panggilan suara maupun video, untuk mengirim file, gambar hingga audio secara gratis. Aplikasi ini sudah banyak digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia, sampai dijadikan sebuah peluang bagi suatu brand. Dengan begitu, WhatsApp juga dapat dimanfaatkan sebagai media untuk melakukan kegiatan bisnis seperti promosi untuk penjualan ke pelanggan atau customer. Berikut 8 cara promosi paling jitu dengan whatsApp marketing.

  1. Mengumpulkan Kontak Pelanggan

Cara pertama yang bisa Anda gunakan untuk memasarkan produk dengan WhatsApp marketing adalah dengan mencari kontak para calon pelanggan sebanyak-banyaknya. Anda bisa mendapatkan beberapa kontak calon pembeli atau pelanggan melalui sosial media seperti Facebook, Instagram, hingga Twitter. Selain itu Anda juga bisa mendapatkan kontak HP calon pelanggan saat menggelar ataupun mengikuti pameran produk. Dengan cara calon pelanggan nantinya diminta mengisi data seperti nomor WA agar bisa mengikuti promo. Jika diperlukan Anda bisa meminta calon pelanggan untuk menyimpan nomor Anda. Setelah kontak calon pelanggan sudah terkumpul, maka Anda bisa membuat sebuah grup atau bahkan bisa langsung mengirim pesan broadcast ke daftar pelanggan tersebut untuk melakukan promosi.

  1. Membuat Merek yang Unik dan Menarik

Ketika Anda memiliki merek yang unik dan juga menarik, hal ini merupakan salah satu strategi penting untuk memakai WhatsApp marketing dalam mempromosikan bisnis. Hal ini juga dapat membangun kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda hingga mau untuk membeli produk ataupun jasa yang telah Anda tawarkan.

  1. Membuat Kalimat Promosi

Saat Anda ingin melakukan WhatsApp marketing, penting sekali untuk mengetahui cara membuat suatu kalimat promosi. Hal ini bertujuan agar seseorang dapat tertarik untuk membeli produk yang telah Anda tawarkan. Anda dapat menerapkan teknik hypnotic writing pada judul. Hypnotic adalah suatu teknik (termasuk copywriting) membuat sebuah tulisan untuk mempengaruhi para pembacanya, agar dapat melakukan tindakan sesuai dengan tujuan dari sebuah promosi ataupun iklan.

  1. Menawarkan Konten Produk yang Relevan ke Pelanggan

Broadcast adalah sebuah fitur yang dapat digunakan untuk membagikan pesan ke beberapa orang sekaligus. Pesan Broadcast tersebut berisikan informasi dan juga promosi produk yang Anda jual. Saat Anda menggunakan strategi WhatsApp marketing, dengan membagikan pesan broadcast tersebut perlu dilakukan secara rutin. Yang dimaksud secara rutin pun tidak harus setiap jam ataupun setiap hari juga. Anda dapat melakukannya selama 2 kali dalam seminggu atau setiap ada peluncuran produk baru.

  1. Membalas Chat dengan Cepat

Saat menggunakan Aplikasi WhatsApp untuk WhatsApp marketing, hal ini akan membuat Anda ataupun pekerja lainnya bisa menjawab setiap pertanyaan yang ditanyakan oleh calon pembeli. Maka dari itu, Anda perlu memastikan untuk memiliki sumber daya yang cukup untuk menjawab chat dari para pelanggan.

  1. Aktif di Grup

Cara awal untuk mempermudah dalam melakukan promosi adalah bergabung dan berinteraksi dalam suatu grup. Sesama pebisnis maupun pelanggan, Anda juga perlu mengenal para anggota grup, agar penerapan WhatsApp marketing lebih mudah dilakukan.

  1. Reseller

Agar Anda bisa mendapatkan pendapatan tambahan, Anda juga dapat mencoba untuk menerima reseller. Reseller merupakan pihak yang menjualkan kembali produk Anda. Reseller itu sendiri dapat berasal dari pelanggan yang ingin mencoba dan tertarik berbisnis dengan Anda. Jika ada yang tertarik, Anda dapat mengarahkan reseller dalam satu grup, kemudian mengajarkan tentang bagaimana cara menjual produk-produk tersebut.

  1. Konsisten dalam Melakukan Promosi

Anda perlu konsisten dalam memasarkan suatu produk agar bisa mendapatkan penjualan yang melimpah. Oleh sebab itu, manfaatkanlah fitur yang telah ada di dalam whatsapp dalam melakukan WhatsApp marketing.

Itulah penjelasan singkat mengenai 8 cara promosi paling jitu dengan whatsApp marketing. Jadi, dapat disimpulkan jika WhatsApp Marketing merupakan salah satu tools di WhatsApp yang dapat Anda gunakan sebagai kegiatan bisnis, contohnya seperti memasarkan suatu produk ataupun jasa. Jadi, dapat dikatakan juga kalau WhatsApp marketing termasuk alternatif dalam penerapan digital marketing.