Algoritma Google Panda; Pahami Pengertian dan Tujuannya

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Bagi siapa pun yang ingin belajar atau ingin menjadi praktisi SEO, mempelajari dan memahami cara kerja algoritma pada Google Panda merupakan suatu hal yang patut Anda laksanakan. Anda harus mengetahui alasannya, yaitu mempelajari dan memahami algoritma Google sangat menolong sebuah situs web yang akan berdampak besar pada SEO dan juga bisa menghasilkan peringkat yang terbaik pada SERP Google. Tapi, apa sih Google Panda itu? Dan apa sih manfaatnya? Yuk, simak terus!

Dalam penjelasan singkat ini, bisa membuat Anda mengerti mengenai pengertian dan manfaat Google Panda jika Anda membacanya hingga selesai!

Pengertian Algoritma Google Panda

Anda telah mengetahui bahwa Google itu dikenal mempunyai berbagai macam algoritma yang bisa menyaring konten berkualitas pada halaman pencarian. Salah satunya yaitu Google Panda. Selain Google penguin, algoritma pada Google Panda telah memfilter konten yang buruk sejak tahun 2011.

Algoritma Google Panda adalah perilisan terbaru untuk mengurangi prevalensi konten berkualitas rendah di mesin pencari. Kemudian, lebih menghargai konten yang menarik dan unik. Algoritma perilisan tersebut berdasarkan pada sistem Caffeine yang menurunkan kualitas pencarian Google. Setelah diluncurkan secara resmi pada tanggal 23 Februari 2011, Google Panda melawan konten yang mempunyai kualitas rendah dan sukses mengirimkan konten yang bermanfaat ke puncak SERP.

Algoritma Google Panda memungkinkan Google untuk menyaring konten untuk menentukan peringkat mesin pencari. Itu sebabnya Google memeriksa dan memberi peringkat untuk menentukan kualitas konten Anda. Dengan cara ini SERP ditampilkan dengan benar ketika pengguna menemukan hasil pencarian. Juga, peringkat dibuat berdasarkan kualitas konten.

Tujuan Adanya Algoritma Google Panda

Tujuan dari penerapan Google Panda ini ialah untuk memastikan bahwa konten asli yang telah dirancang oleh ahli mempunyai peringkat yang tertinggi pada halaman pencarian. Hal ini bisa memungkinkan pembaca dalam memperoleh informasi dari sumber yang bisa diandalkan dan tentunya juga bisa dipercaya. Dengan Algoritma Panda, Google mengharapkan pembuat konten untuk fokus pada kualitas daripada mencapai peringkat teratas di halaman pencarian. Google ingin situs web berkualitas memberikan pengalaman pengguna terbaik dengan konten yang bermanfaat dan mendapatkan lalu lintas organik.

Algoritme Google Panda secara alami memaksa pemilik situs web untuk meningkatkan kualitas konten mereka. Anda harus selalu menyajikan konten yang berkualitas. Kata kunci atau terlalu banyak kata kunci juga harus dibuang. Apabila Anda sebagai pemilik Website tidak melaksanakan perbaikan, situs web akan mempunyai banyak persaingan untuk tetap di atas bahkan Ranking Website Anda akan mengalami penurunan secara signifikan.

Karakteristik yang Rentan Terkena Peringatan Algoritma Google Panda

Anda harus memahami bahwa algoritma pada Google Panda bisa melaksanakan penyaringan terhadap bermacam-macam Website yang masuk pada karakteristik tertentu. Anda harus mengetahui beberapa karakateristik yang rentan terkena peringatan Google Panda. Apa saja karakteristik yang rentan terkena peringatan google panda? Di bawah ini ada beberapa karakteristik situs web yang rentan terkena peringatan google panda.

  1. Konten yang bersifat duplikasi
  2. Konten dengan kualitas yang tergolong rendah
  3. Konten dengan iklan yang terlalu banyak
  4. Situs yang tergolong kurang terpercaya
  5. Keyword pada konten yang sangat banyak
  6. Konten yang tidak relevan dengan permintaan pencarian

Makanya, penting bagi Anda sebagai pemilik situs untuk selalu memuat konten yang memiliki kualitas tinggi. Hindari membuat konten dengan asal-asalan. Jika perlu, lakukan beberapa cara untuk mencegah situs web Anda supaya terhindar dari peringatan Google Panda. Dan jangan lupa untuk terus memperoleh seputar tips terbaru yang telah diterapkan oleh pihak Google. Apabila Anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai artikel diatas Anda bisa mengunjungi akun media sosial kami.