Intip 5 Akun Instagram Untuk Belajar CopyWriting Beserta Jenisnya

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Pada dasarnya Copywriting adalah sebuah teknik atau aktivitas penulisan teks iklan atau materi publikasi yang dapat mendorong audiens untuk melakukan tindakan tertentu. Tindakan yang dimaksud adalah, seperti membeli barang, mengunjungi situs, mengklik link, menghubungi kontak tertentu, mendaftarkan diri, mengikuti akun media sosial serta masih banyak lagi betuk konversi lainnya. Belajar copywriting lewat Instagram dapat Anda lakukan secara gratis. Anda cukup mengikuti atau memfollow akun-akun Instagram yang konsisten berbagi ilmu. Dari postingan mereka baik berupa post biasa, carousel, video bahkan IG TV dan yang terbaru yaitu reels, Anda dapat menyerap ilmu copywriting secara up to date dan pastinya tidak memakan biaya untuk mempelajarinya. Berikut mari kita intip 5 akun Instagram untuk belajar copywriting.

Daftar Akun IG Tempat Belajar Copywriting

  1. @Rahardjapoetra

Akun ini telah membagikan ilmu copywriting secara terstruktur dan Bahasa yang digunakan juga mudah untuk dimengerti. Banyak sekali ilmu yang telah diberikan oleh @Rahardjapoetra di dalam akunnya. Terdapat juga sesi dimana akun ini membuat sebuah produk, dan Anda akan diminta untuk menyusun copywritingnya. Lalu hasil dari penyusunan copywriting yang telah kita buat akan dikoreksi langsung oleh @Rahardjapoetra. 

  1. @contentbytian

Merupakan akun yang dimiliki oleh kreator asal kota Medan. Kreator yang satu ini juga sangat menarik untuk di follow, karena di dalamnya terdapat tips-tips untuk konten yang dibagikan secara Cuma-Cuma untuk Anda, termasuk juga Copywriting.

  1. @humprey_rusli

Merupakan akun yang memiliki banyak ilmu bisnis yang akan dibagikan di dalam akun ini, dan copywriting merupakan salah satunya. Pembahasan yang diberikan juga enak dan dapat Anda ikuti dengan mudah. Tidak hanya dalam bentuk postingan carousel saja, namun juga postingan berupa video yang tentunya worth it untuk Anda follow.

  1. @Siauwandreas

Dalam akun ini juga terdapat ilmu-ilmu seputar copywriting yang telah dibagikan secara rutin. Tidak jarang konten yang dibuat oleh akun ini berdasarkan request para followers pada kolom komentarnya. Selain bahasanya yang mudah untuk dipahami , contoh-contoh yang diberikan pun juga sangat banyak.

  1. @byhansginting

Untuk Anda yang sangat berminat untuk belajar sosial media marketing, inilah salah satu akun yang tepat untuk Anda follow, karena menyajikan banyak ilmu-ilmu yang tentunya sangat membantu untuk Anda belajar mengenai sosial media marketing.

Jenis-jenis Copywriting

Saat belajar copywriting Anda harus memahami bahwa copywriting dapat dibedakan ke dalam beberapa jenis karena memiliki bentuk dan penerapannya yang beragam. Beberapa jenis copywriting diantaranya adalah :

  • Sales copywriting

Sales copywriting merupakan jenis copywriting yang paling umum dan sering digunakan dalam berbagai aspek pemasaran. Biasanya meliputi teks pada advertorial, deskripsi produk, kategori produk, dan juga iklan.

  • SEO copywriting

SEO copywriting diperlukan untuk mengoptimalkan konten secara SEO agar mudah ditemukan oleh para audiens pada mesin pencarian.

  • Web copywriting

Peran dari web copywriting adalah untuk membangun hubungan dengan pelanggan dan untuk menceritakan cerita ataupun kisah tentang suatu produk. Biasanya dapat ditemukan dalam bentuk postingan artikel, blog, dan juga konten media sosial yang panjang.

  • Technical copywriting

Technical copywriting dibutuhkan dalam penulisan user manual ataupun panduan untuk pengguna. Technical copywriting sendiri tidak bertujuan untuk menjual sesuatu melainkan untuk fokus pada pemilihan kata-kata sederhana yang dapat menjelaskan pengguna suatu produk secara detail.

  • Creative copywriting

Contoh dari creative copywriting dapat Anda temui pada iklan seperti televisi dan juga radio. Pada copywriting yang satu ini fokus Anda tidak menuliskan banyak tulisan, namun menghasilkan slogan, jingle, naskah, ataupun kalimat yang dapat menarik sisi psikologis dan emosional dari para penonton sambil menonjolkan visi, standar atau tone dari sebuah brand.

  • PR copywriting

Jenis yang satu ini bertujuan untuk membuat konten-konten yang dapat mewakili perusahaan di mata public, seperti melalui siaran pers ataupun pernyataan perusahaan.

Itulah ulasan singkat mengenai akun Instagram untuk belajar copywriting beserta jenis-jenisnya. Terus belajar dan berlatih, lalu mencoba mencari sebuah proyek sampingan dimana Anda bisa menerapkan pengetahuan dan skill copywriting yang Anda miliki. Dengan banyak berlatih dan terlibat dalam berbagai proyek, Anda tentu dapat memperbanyak portofolio sebagai seorang copywriting yang akan dapat membantu Anda saat mencari peluang kerja di kemudian hari.