Manfaat Instagram Ads bagi Para Pebisnis dan Cara Kerjanya

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Sebagai pebisnis perintis atau orang yang sering berselancar di sosial media, pasti Anda sudah tahu iklan di Instagram, bukan? Iklan yang muncul di Instagram adalah Instagram Ads. Iklan tersebut menampilkan sebuah produk dari sebuah perusahaan untuk dikenalkan kepada masyarakat di Instagram. Dengan begitu semakin banyak masyarakat yang mengetahui tentang produk tersebut.

Bila dijelaskan dengan lebih baik, Instagram Ads adalah suatu media beriklan dari media sosial Instagram untuk meningkatkan bisnis. Anda bisa mulai mengiklankan produk yang Anda unggah di feed Instagram atau story. Apabila Anda pernah menggunakan Facebook Ads, maka Anda kan familiar dengan alur Instagram Ads.

Penggunaan Instagram Ads akan sangat menguntungkan dan memudahkan para pebisnis untuk menjangkau target pasarnya. Apalagi saat ini hampir semua orang memiliki akun Instagram. Dengan begini peluang para pebisnis untuk memperluas jaringan bisnis akan semakin besar.

Manfaat Instagram Ads bagi Pebisnis

Sebagai pebisnis, ada beberapa alasan kenapa Anda harus menggunakan Instagram Ads. Salah satunya adalah pengguna yang banyak, mencapai 70 juta orang di seluruh dunia. Hal ini akan memperbesar peluang Anda untuk memasarkan bisnis dengan maksimal.

Selain untuk memperbesar peluang, penggunaan Instagram Ads memberikan manfaat yang lebih banyak lagi. Berikut ini adalah penjabaran manfaat Instagram Ads bagi pebisnis.

1. Meningkatkan Brand Awreness

Salah satu tujuan melakukan pengiklanan adalah untuk meningkatkan brand awareness. Begitu pula dengan penggunaan Instagram Ads. Pastikan Anda mengetahui tujuan pengiklanan terlebih dahulu, yaitu sebagai sarana promosi bisnis Anda. Sehingga akan semakin banyak masyarakat yang mengetahui bisnis Anda.

2. Target Iklan Lebih Spesifik

Dengan menggunakan Instagram Ads, Anda akan lebih mudah menentukan sasaran target iklan. Instagram memudahkan Anda melakukan penargetan berdasarkan kriteria demografi yang ingin Anda sasar. Seperti usia, jenis kelamin, pendidikan, minat, hobi, dan lain sebagainya.

Setelah menentukan kriteria target yang tepat, maka iklan tersebut akan muncul di beranda target. Hal ini akan meningkatkan kemungkinan mereka untuk mengklik iklan tersebut hingga membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan.

3. Meningkatkan Keuangan dan Konversi

Target iklan yang sudah disesuaikan dengan target pasar Anda akan memungkinkan terjadinya peningkatan profit dan potensi penjualan bisnis. Apalagi bila target Anda adalah para gen Z dan milenials yang sering berselancar di Instagram.

4. Meningkatkan Traffic Website Bisnis

Menggunakan Instagram Ads tidak hanya memberikan keuntungan pada akun Instagram saja, namun juga website bisnis Anda. Pasalnya saat Anda membuat iklan, Anda akan diminta untuk memasukkan URL website. Masukkan URL website bisnis Anda untuk mengarahkan audiens ke website tersebut. Dengan begini Anda juga meningkatkan traffic website bisnis Anda.

Cara Kerja Instagram Ads

Setelah mengetahui apa saja manfaat yang didapat dari Instagram Ads, selanjutnya kami akan membahas cara kerja Instagram Ads. Berikut penjabarannya.

Instagram Ads akan muncul pada beranda pengguna yang memiliki kriteria sesuai dengan target pasar Anda. Oleh karena itu Anda harus menentukan target audiens terlebih dahulu. berikut beberapa 4 spesifikasi target yang perlu Anda pilih.

1. Lokasi

Anda bisa menentukan lokasi target. Anda cukup memasukkan negara, wilayah, kota, kode pos, dan alamat target lokasi iklan Anda.

2. Umur

Anda bisa menentukan target usia yang bisa atau cocok menggunakan produk Anda. Anda bisa menentukan target usia seperti usia 18 tahun hingga 35 tahun.

3. Jenis Kelamin

Apabila Anda menjual produk yang memang dikhususkan oleh jenis kelamin tertentu, Anda bisa memilih targetnya berdasarkan jenis kelamin. Contohnya, Anda menjual Pomade dengan target audiens laki-laki, maka Anda tinggal memilih jenis kelamin laki-laki saja. Namun, bila produk yang Anda jual bisa digunakan oleh laki dan perempuan, maka Anda bisa memilih keduanya pula.

5. Penargetan Terperinci

Di tahap ini harus Anda isi dengan lebih detail, seperti minat, lokasi, hingga perilaku. Anda hanya perlu menyesuaikan dengan kriteria target pasar yang Anda miliki.

Apabila Anda sudah mengisi spesifikasi target di atas, maka iklan Instagram yang Anda buat akan muncul di beranda target. Begitulah cara kerja Instagram Ads.

Demikianlah penjelasan kami mengenai manfaat dan cara kerja Instagram Ads. Instagram Ads adalah sebuah media untuk beriklan di media sosial. Penggunaan Instagram Ads akan membantu mengenalkan produk bisnis Anda kepada masyarakat.