Keragaman Produk Dalam Kepuasan Pelanggan

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Keragaman produk adalah kumpulan semua produk dan barang yang ditawarkan oleh penjual tertentu kepada pembeli. Hubungan antara keragaman produk dan perilaku konsumen dalam keputusan pembelian sangat erat kaitannya dengan kelangsungan penjualan suatu perusahaan.

Keragaman produk menurut ahli:

Menurut Maharani Vinci (2009:84), adalah proses perencanaan dan pengelolaan keragaman produk dalam suatu kelompok. Salah satu faktor kunci dalam persaingan antar pengecer adalah keragaman produk pengecer.

Menurut Asep dalam Jenni Anggraeni et al (2016), adalah suatu kondisi yang diciptakan oleh ketersediaan jumlah dan jenis barang yang sangat berbeda, menambah banyak pilihan pada proses belanja konsumen.

Produk yang dijual meliputi barang fisik, jasa, pengalaman, acara, orang, tempat, properti, organisasi, dan ide. Setiap produk secara hierarkis terkait dengan produk tertentu lainnya (Kotler 2003).

Berikut penjelasan mengenai hirarki produk:

  • Kelompok kebutuhan, kebutuhan inti yang mendasari keberadaan kelompok produk.
  • Kelompok produk, semua kelas produk yang dapat memenuhi kebutuhan inti dengan sangat efektif.
  • Kelas produk, sekelompok produk dalam kelompok yang seharusnya memiliki hubungan fungsional tertentu.
  • Lini produk, terkait erat karena fungsi yang sama atau karena dijual ke kelompok konsumen yang ada, atau karena mereka atau dijual melalui saluran distribusi yang sama Kumpulan produk dalam kelas produk.
  • Jenis produk, adalah item atau benda dalam lini produk yang memiliki bentuk tertentu di antara banyak kemungkinan bentuk.
  • Merek, adalah nama yang dapat diasosiasikan dengan satu atau lebih barang atau sesuatu yang terdapat dalam suatu lini produk dan digunakan untuk mengidentifikasi asal atau karakteristik barang/hal tersebut.
  • Jenis produk, adalah spesialisasi dalam merek atau lini produk yang dapat dibedakan berdasarkan ukuran, harga, penampilan, atau atribut lainnya.

Apa itu produk?

Menurut Stanton, mengikuti Bukhari Alma (2007), produk adalah seperangkat atribut berwujud dan tidak berwujud, seperti warna, harga, nama pabrik, dan nama toko (pengecer) yang menjualnya. Sebagai jasa pabrik dan pengecer yang memberikan pelayanan yang dapat diterima untuk memuaskan keinginan pembeli. Pengembangan produk yang terdiversifikasi dengan jaminan kualitas menimbulkan harapan konsumen akan mengonsumsinya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Minat konsumen terhadap produk yang beragam sangat mempengaruhi volume penjualan. Keanekaragaman produk merupakan pengembangan produk yang menciptakan berbagai pilihan. Ragam produk adalah kumpulan semua produk dan komoditas yang ditawarkan oleh penjual tertentu kepada pembeli (Kotler, 2007). Keragaman produk meliputi kelengkapan produk dan barang yang dijual, jenis merek yang dijual, variasi ukuran produk yang dijual, dan ketersediaan produk yang dijual (Kotler: 2007).

Keragaman produk adalah kumpulan semua produk dan barang yang ditawarkan oleh penjual tertentu kepada pembeli. Keragaman produk perusahaan memiliki keluasan, panjang, kedalaman, dan konsistensi tertentu. Kotler dan Keller (2007) memberikan gambaran umum:

  • Lebar, mengacu pada jumlah lini produk yang berbeda yang dimiliki perusahaan.
  • Kedalaman, mengacu pada jumlah total elemen dalam campuran.
  • Keluasan,mewakili jumlah gaya yang ditawarkan oleh setiap produk dalam lini.
  • Konsistensi bauran produk, mengacu pada seberapa erat hubungan lini produk yang berbeda dalam hal penggunaan akhir, kondisi produksi, saluran distribusi, dan sebagainya..

Definisi menurut Engel (1995) adalah kedalaman, keluasan dan kualitas produk yang ditawarkan serta kelengkapan produk dalam hal ketersediaan produk tersebut di toko setiap saat. Dari pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa keragaman produk adalah dalam hal merek, ukuran, kelengkapan kualitas produk dan ketersediaan produk tersebut secara konstan di toko-toko.

Demikian penjelsan mengenai keragaman produk, pengertian produk, dan penjelasan mengenai hirarki produk. Intinya keragaman produk adalah pengembangan produk yang menciptakan berbagai pilihan.