Desain Grafis : Pengertian serta Jenis-jenisnya

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Desain grafis merupakan sebuah profesi yang sudah ada sejak lama. Dengan seiring berkembangnya media digital, desain grafis semakin menjadi trend pekerjaan yang banyak diminati. Lalu bagaimana sih tugas dari seorang desainer grafis?

 

Apa itu Desain Grafis?

Desain grafis adalah bentuk komunikasi yang dilakukan secara visual, contohnya seperti tulisan, bentuk, maupun gambar untuk menciptakan persepsi akan suatu pesan yang disampaikan. Desain grafis berisikan dua kata, yaitu kata desain dan kata grafis. Desain sendiri artinya adalah, suatu metode perancangan estetika. Metode ini berdasarkan pada kreativitas. Sedangkan grafis memiliki arti ilmu dari sebuah perancangan titik ataupun garis. Maka dari sinilah akan terbentuknya suatu gambar yang dapat memberikan informasi serta memiliki hubungan dengan proses percetakan.

Jadi dapat disimpulkan jika desain grafis adalah ilmu yang mengandalkan kreatifitas untuk menciptakan suatu rancangan yang berbentuk gambar. Tujuannya adalah sebagai kepentingan dari percetakan. Desain grafis merupakan salah satu bentuk seni lukis yang memiliki beberapa tujuan, diantaranya adalah untuk mengatur atau menciptakan elemen rupa. Contohnya seperti foto, tulisan, ilustrasi, dan juga garis di atas sebuah media. Hal ini bertujuan untuk sebuah produksi. Dan bentuk dari seni desain grafis sendiri akan dibuat oleh graphic designer.

Graphic Designer adalah orang yang memiliki keahlian dalam menginterpretasikan pesan melalui gambar. Dengan kata lain sebagai seorang komunikator visual. Graphic designer memiliki tugas menciptakan konsep visual secara manual atau menggunakan software pada komputer.

 

Jenis-jenis Desain Grafis

  • Drafterr

Drafterr atau perancang, memiliki fungsi untuk membuat suatu rancangan bangunan. Tugasnya adalah berkaitan dengan suatu industri atau arsitektur. Seorang perancang perlu ketelitian yang tinggi serta harus selalu berhati-hati pada pekerjaanya. Beberapa aplikasi yang bisa digunakan oleh seorang perancang adalah archicad, Autocad, dan 3D Revit Architecture.

  • Editor

Fungsi dari editor adalah membuat banner, membuat logo, membuat cover atau sampul, poster, stiker, kartu nama dan lain sebagainya. Pada umumnya seorang editor dibutuhkan dalam dunia publikasi atau periklanan. Dan aplikasi yang bisa digunakan sebagai seorang editor adalah corel draw, adobe photoshop, serta illustrator.

  • Layouter

Fungsi dari layouter adalah membuat tatanan letak dalam sebuah majalah ataupun koran. Tujuannya agar hasil dari majalah atau koran tersebut lebih enak untuk di pandang. Layouter sering sekali dibutuhkan dalam dunia percetakan. Beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk layouter adalah Adobe Page Maker, Mr. Publisher dan Adobe InDesign.

  • Art Director

Art director berfungsi untuk membuat karya seni seperti hiasan atau pun visual effect. Untuk membuatnya memerlukan kreatifitas yang tinggi. Aplikasi yang bisa digunakan untuk Art director adalah Photo paint, Photoshop, Art creator, dan Coreldraw.

  • Fotografer

Fotografer merupakan jenis desain grafis yang berfungsi untuk pengedit foto. Perlu keahlian yang tinggi untuk menjadi seorang fotografer. Contohnya dalam penyuntingan foto sesuai event yang perfect. Fotografer juga membutuhkan kreativitas yang tinggi karena dituntut untuk bisa menguasai software aplikasi editing. Fotografer sendiri sering dibutuhkan dalam dunia edit foto, fotografi serta wartawan. Aplikasi yang bisa digunakan diantaranya seperti leworks dan photo studio.

  • Animator

Animator berfungsi untuk menunjang pekerjaan di dalam bidang motion grafis, film fantasi, dan iklan. Menjadi seorang animator dibutuhkan kesabaran, kreativitas, dan juga pengetahuan yang tinggi. Animator akan sering Anda jumpai dalam dunia pertelevisian, advertising, dan perfilman. Aplikasi yang biasa dibutuhkan adalah 3D maya, Adobe Flash, Gif Animator dan After Effect.

  • Visualisator

Visualisator memiliki fungsi untuk memberikan sebuah gambaran di suatu karya produk. Pada umumnya produk yang dibuat akan berbentuk nyata atau 3 dimensi. Visualisator sering dibutuhkan untuk dunia visualisasi produk serta presentasi produk. Aplikasi yang dapat digunakan diantaranya Digital Clay, Autocad dan 3D Max.

  • Video editor

Video editor memiliki fungsi untuk mengedit video atau film sekaligus sebagai seorang video shooter. Aplikasi yang digunakan seperti After effect, video studio, dan Sony Vegas.

 

Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian serta jenis-jenis Desain Grafis. Jadi dapat disimpulkan bahwa desain grafis adalah proses komunikasi yang menggunakan elemen visual, seperti tipografi, fotografi, serta ilustrasi yang bertujuan untuk menciptakan persepsi akan suatu pesan yang disampaikan.