Mengetahui cara Membangun Brand Equity

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Brand Equity atau Ekuitas Merek adalah nilai tambah yang dimiliki perusahaan dibandingkan dengan pesaingnya. Ekuitas merek juga dipengaruhi oleh persepsi dan pengalaman konsumen.

Pengertian Brand Equity

Ekuitas merek dapat dibangun dengan menciptakan struktur pengetahuan merek yang tepat untuk konsumen yang tepat. Proses ini bergantung pada semua kontak yang berhubungan dengan merek (baik dilakukan oleh pemasar maupun bukan). Membangun ekuitas merek sangat penting bagi sebuah perusahaan. Ketika sebuah perusahaan memiliki ekuitas merek yang baik, konsumen memiliki kepercayaan terhadap produknya. Produk saja tidak cukup. Agar sebuah perusahaan dapat berkembang, ia harus dapat memberikan nilai kepada pelanggannya. Merek yang berharga lebih dekat dengan konsumen dan mengungguli pesaing mereka.

Saya memilih produk merek ini daripada yang lain. Berdasarkan perspektif manajemen pemasaran, terdapat tiga kompenen penggerak ekuitas merek, yaitu (Philip Kotler, 2002):

  1. Pilihan awal untuk elemen atau identitas merek yang membentuk merek (nama merek, URL, logo, lambang, karakter, juru bicara, slogan, lagu, kemasan, dan papan iklan.
  2. Produk dan jasa serta semua kegiatan pemasaran dan program pemasaran pendukung yang menyertainya.
  3. Asosiasi lain yang diberikan secara tidak langsung ke merek dengan menghubungkan merek tersebut dengan beberapa entitas lain (orang, tempat, atau barang).

Cara membangun Brand equity

Untuk mencapai manfaat di atas, perusahaan menggunakan berbagai cara yang efektif untuk bersaing dan membangun ekuitas merek yang unggul di mata konsumen. Berikut adalah beberapa cara untuk membangun ekuitas merek Anda.

1. Menciptakan identitas brand yang kuat

Langkah pertama dalam membangun ekuitas merek adalah membangun identitas merek yang kuat. Ciptakan identitas merek yang menarik perhatian dan putuskan bagaimana Anda ingin merek Anda terlihat dari perspektif konsumen. Identitas merek harus sesuai dengan produk yang diiklankan. Apa target pasar Anda dan mengapa mereka membutuhkan produk Anda dibandingkan dengan produk sejenis lainnya di pasar? Identitas merek yang kuat membawa konsumen lebih dekat dengan merek Anda.

2. Menyampaikan brand value

Langkah selanjutnya adalah mengkomunikasikan ekuitas merek kepada konsumen. Identitas merek harus berkelanjutan dengan tetap menjaga nilai merek. Konsumen cenderung merasa lebih nyaman terhubung dengan merek yang memiliki nilai yang sama dengan mereka. Misalnya, perusahaan yang berkomitmen untuk melindungi lingkungan lebih mungkin terhubung dengan konsumen yang mendukung nilai-nilai tersebut.

3. Membangun persepsi yang positif kepada konsumen

Tidak ada gunanya menciptakan identitas dan nilai merek yang kuat jika tidak dibarengi dengan kualitas produk yang memuaskan. Oleh karena itu, untuk membangun persepsi positif di kalangan konsumen, kualitas produk juga perlu ditingkatkan. Ulasan konsumen terhadap merek dapat merujuk pada beberapa hal selain kualitas. Seperti keandalan, seberapa baik suatu produk berhubungan dengan kebutuhan konsumen dan mengungguli pesaingnya. Hal-hal tersebut perlu diperhatikan dalam menjalankan bisnis.

4. Menjalankan strategi marketing yang efektif

Langkah selanjutnya adalah memasarkan merek Anda menggunakan strategi pemasaran yang tepat. Perusahaan yang berbeda mengambil pendekatan yang berbeda tergantung pada industri dan target pasar mereka, jadi cari tahu cara menjangkau pelanggan Anda secara efektif. Menjalankan strategi pemasaran yang efektif untuk menjangkau konsumen yang tepat. Pilih media iklan Anda, buat penawaran dan promosi, dan tarik pembeli.

5. Membangun ikatan dengan konsumen

Membangun koneksi dengan konsumen sangat penting untuk menjaga kelangsungan bisnis. Ini tentu tidak mudah. Tetapi ketika ini tercapai, Anda akan memiliki pelanggan setia yang lebih cenderung melakukan pembelian rutin dan yang tidak ingin mengikuti perkembangan media sosial merek tersebut. Di satu sisi, kita dapat melibatkan konsumen dalam pengembangan produk. Lihat ulasan konsumen untuk melihat apa yang mereka butuhkan.

Nah, berikut ini penjelasan tentang pengertian dan bagaimana cara membangun Brand Equity yang efektif. Ekuitas merek juga sangat penting bagi perusahaan. Sehingga konsumen puas dengan produk dan layanan terbaik yang Anda tawarkan. Jika Anda mempunyai bisnis Anda juga bisa mengunjungi web DIGIMA kami. Kami juga bisa membantu agar bisnis Anda bisa menjadi efektif.