Influencer telah meroket dalam beberapa tahun terakhir dan menjadi salah satu metode dalam pemasaran terpenting di era media sosial saat ini. Para influencer membangun hubungan saling percaya dengan pengikut mereka yang dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan jasa atau produk dan memiliki jangkauan yang begitu luas yang dapat dimanfaatkan hanya untuk eksposur merek.
Namun, ada berbagai jenis influencer berdasarkan jumlah pengikut serta kemungkinan sulit untuk mengetahui mana yang tepat untuk kampanye pemasaran produk atau jasa kamu karena infuencer memiliki banyak macam-macam. Berikut ini macam-macam influencer:
Golongan Nano
Influencer ini didefinisikan yang memiliki antara 1000-10000 pengikut di saluran media sosial mereka. Followers mereka yang lebih kecil yang berarti tidak berarti pengaruh mereka kurang karena pengikut mereka biasanya sangat terlibat dan mempercayai mereka. Mereka yang termasuk dalam golongan nano membina hubungan yang kuat dengan pengikut mereka kemungkinan besar sangat terhubung dengan mereka. Akibatnya, tingkat keterlibatan mereka cenderung tinggi. Seringkali, mereka ini memiliki pengikut dalam komunitas tertentu. Baik dalam basis lokasi, online tertentu, atau berorientasi pada karier. Jika kalian memiliki anggaran yang lebih kecil, tetapi ingin terjun ke dunia pemasaran dengan mengunakan jasa mereka, maka nano influencer sangat cocok untuk mempromosikan brand kalian. Selain itu, Lebih murah daripada macam yang lainnya dengan pengikut yang lebih besar karena tingkat keterlibatan mereka yang tinggi dapat memberikan nilai yang sangat baik untuk produk atau jasa kalian. Keaslian dan kepercayaan yang mereka bagikan dengan pengikut mereka dapat memberi dampak yang baik. Golongan ini menjadi solusi hemat biaya untuk menguji pemasaran kalian dalam menjangkau audiens baru.
Golongan Mikro
Mereka ini didefinisikan yang memiliki antara 10k-100k pengikut. Meskipun memiliki pengikut yang lebih besar daripada golongan nano, mereka masih berhasil mempertahankan faktor “relatabilitas” atau “keaslian” yang serupa. Oleh karena itu, mereka berarti masih memiliki tingkat keterlibatan yang tinggi. Seringkali, golongan ini jatuh ke dalam ceruk atau kategori tertentu yang bisa spesifik untuk lokasi, pekerjaan, dan hobi.
Influencer mikro bukanlah selebriti, jadi mereka membangun pengikut mereka berdasarkan konten dan kepercayaan yang bernilai tinggi karena orang-orang mengikuti influencer mikro untuk hubungan yang lebih dekat ini dan nilai yang mereka tawarkan, mereka menjadi golongan yang hebat untuk mempromosikan branding kalia. Mereka menghasilkan konten tertentu, sehingga mereka sering dianggap ahli di bidang tertentu.
Golongan Makro
Golongan makro yang memiliki antara 100.000 hingga satu juta pengikut. Jangkauan mereka jauh lebih besar daripada golongan mikro dan nano. Golongan ini sering kali adalah pembuat konten yang telah membuat karier di media sosial mereka yang membuat terkenal di Internet. Mereka bisa menjadi blogger, vloggers, podcaster, influencer TikTok, influencer Instagram, dan masih banyak lainnya. Yang membedakan mereka dari golongan mega adalah fakta bahwa ketenaran mereka cenderung karena pertumbuhan online daripada pertumbuhan selebriti. Influencer makro akan memiliki tingkat keterlibatan yang lebih tinggi daripada influencer mega, tetapi mungkin lebih sedikit keterlibatan dalam ceruk tertentu daripada influencer nano atau mikro.
Nah, ternyata influencer ini sangat berpengaruh di Instagram dan mereka dikategorikan sesuai pengikut dan dampak yang mempengaruhi suatu produk atau jasa. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian memahami mengenai macam-macam mereka yang berada di sosial media dan jangan lupa untuk mampir di sosial media @digima.co.id untuk informasi menarik mengenai digital marketing dan tips-tips lainya.