Kesadaran Merek(Brand Awareness)

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Tahukah Anda bahwa warna, simbol, dan logo dapat menghubungkan ingatan dan opini seseorang tentang suatu merek dengan produk atau layanan tertentu? Misalnya, ketika seorang pengendara sepeda memakai helm dan jaket oranye, apa yang terlintas dalam pikiran? Itulah yang disebut kesadaran merek. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas apa itu brand awareness dan manfaatnya bagi pemilik bisnis.

Pengertian

Kesadaran merek (Brand Awareness) adalah kemampuan calon pembeli untuk mengenali dan mengingat kembali suatu merek sebagai bagian dari kategori produk atau jasa tertentu yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan. Kemampuan konsumen untuk mengenali dan mengingat  merek harus diciptakan dan dipelajari karena hal ini akan menjadi penentu utama  perilaku konsumen dalam mengambil keputusan  pembelian.

Tingkatan Brand Awareness

Kesadaran merek memiliki banyak tingkatan yang berbeda, dari tingkat terendah (tidak menyadari brand) hingga tingkat tertinggi yaitu Top of Mind, yang dapat digambarkan sebagai piramida. Piramida kesadaran merek dari rendah sampai tingkat tertinggi adalah sebagai berikut:

  1. Unaware of brand Tingkatan paling rendah dalam piramida kesadaran merek, dimana konsumen tidak menyadari adanya kesadaran merek.
  2. Brand recognition Tingkat minimal kesadarn merek, diman pengenalan suatu merek muncul lagi setelah dilakukan pengingatan kembali lewat bantuan.
  3. Brand recall (pengingatan kembali terhadap merek) Pengingatan kembali terhadap merek tanpa bantuan.
  4. Top of mind (puncak pikiran) Merek yang pertama kali disebut oleh konsumen atau yang pertama kali muncul dalam benak konsumen. Dengan kata lain merek tersebut merupakan merek utama dari berbagai merek yang ada di dalam benak konsumen.

Peran Brand Awareness

Peran kesadaran merek dalam membantu merek dapat dipahami dengan melihat cara-cara di mana kesadaran merek dapat menciptakan nilai. Berikut adalah bagan peran kesadaran merek:

1. Kesadaran merek adalah sumber asosiasi lainnya

Merek yang kuat membantu asosiasi yang terkait dengan merek karena jangkauan perjalanan merek akan  sangat hadir di benak konsumen.

2. Familier atau rasa suka

Jika brand awareness kita sangat tinggi, konsumen akan mengenal brand kita dengan baik dan lama kelamaan akan timbul rasa apresiasi terhadap brand kita.

3. Substansi atau komitmen

Kesadaran merek dapat berarti bahwa keberadaan, komitmen, dan inti  sangat penting bagi sebuah bisnis.

4. Tinjauan merek

Langkah pertama dalam  proses pembelian adalah memilih merek terkenal dari suatu kelompok untuk ditinjau dan memutuskan merek mana yang akan dibeli. Merek dengan prioritas tinggi memiliki nilai pertimbangan yang tinggi. Jika suatu merek tidak disimpan dalam memori, maka tidak akan dipertimbangkan dalam keputusan pembelian. Seringkali merek yang ada di benak konsumen adalah merek yang mereka sukai dan dibenci.

Manfaat Brand Awareness

Berikut ini beberapa manfaat brand awareness bagi pemilik usaha:

  1. Meningkatkan Kesadaran dan Keberadaan Merek
  2. Dapat digunakan untuk menarik pelanggan baru
  3. Meningkatkan nilai penjualan
  4. Sebagai bentuk kepercayaan

Semoga setelah memahami pengertian, tingkatan, peran, dan manfaat dari brand awareness, Anda dapat mengambil langkah-langkah strategis untuk mencapai strategi branding yang tepat sasaran dan efektif. terutama jika Anda memiliki bisnis yang memproduksi barang-barang tertentu. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang copywriting, manajemen konten, dan SEO Anda bisa mengunjungi blog pada laman DIGIMA.