Kini, semua brand pasti sedang berlomba – lomba mencari ide promo marketing akhir tahun terbaik agar mampu menarik perhatian konsumennya. Bagi marketer, momen akhir tahun merupakan tantangan tersendiri. Selain menjadikan kesempatan terakhir untuk tercapai goal/tahunan, mereka juga pasti harus memikirkan bagaimana caranya promo yang spesial agar bisa stand out di antara promo lainnya.
Tak perlu khawatir, berikut merupakan beberapa inspirasi ide dari Glints yang bisa anda pelajari!
1.Promo bundle
Dalam menyambut liburan akhir pekan, anda memberikan promo bundle pricing untuk beberapa produk tertentu. diperlukan strategi dan pertimbangan yang matang ketika memutuskan perpaduan produk yang akan diberi harga bundle agar strategi ini berjalan efektif.
2.Promo melalui komtes
Ide promo akhir tahun selanjutnya adalah mengadakan kontes berhadiah. Kontes yang diadakan tidak perlu memiliki tingkat kesulitan yang tinggi. Anda dapat memanfaatkan momen libur akhir tahun sebagai tema lomba foto, misalnya. Selain itu, kontes sederhana seperti kuis tebak kata atau tebak film yang bertemakan natal dan liburan juga cocok diadakan di akhir tahun ini.
3.Promo natal
Akhir tahun pasti identik dengan momen natal. Momen ini dipenuhi dengan suasana hangat keluarga yang merayakannya. Nah, brand bisa terapkan promo pada produk atau jasa yang dapat melengkapi kehangatan tersebut. Promosi ini dapat dilakukan oleh bisnis yang bergerak di bidang seperti contoh di bawah ini:
– F&B
– Pakaian
– Hampers
– Dekorasi
– Jasa photoshoot
– Party atau event organizer
Akan tetapi, bisnis yang menyediakan produk atau jasa lainnya juga tetap bisa memanfaatkan momen natal untuk memberikan diskon spesial pada konsumennya.
4.Resolusi tahun baru
Ide promo akhir tahun yang bisa dicoba selanjutnya adalah mengadakan promo untuk followers yang membagikan resolusi tahun baru paling menarik. Akhir tahun identik dengan ambisi dan rencana baru untuk satu tahun ke depan. Setiap orang pasti memiliki semangat baru untuk menata goal mereka kembali, baik itu personal goal untuk professional goal.
5.Kode promo khusus followers
Taktik yang satu ini bisa sekaligus dimanfaatkan untuk mengundang lebih banyak followers baru. Akan tetapi, anda juga perlu memikirkan kira – kira promo seperti apa yang cukup menarik sampai – sampai mereka mau follow akun anda.
6.Free sample
Apakah ditahun depan brand anda berencana mengeluarkan produk baru? Jika iya, ide promo akhir tahun ini sangat cocok untuk diterapkan. Untuk meningkatkan awaereness dan membangun antusiasme, anda dapat memberi promo harga khusus atau bahkan fee sample untuk konsumen yang pastinya penasaran akan produk tersebut.
7.Buy 1 get 1
Promo beli 1 gratis 1 ini sebenarnya bisa diterapkan tanpa harus menunggu momen apapun. Dilansir dari Store Hub, promo ini umumnya digunakan oleh para retail yang mau cuci gudang. Kendati demikian, akhir tahun tetap menjadikan momen yang sangat pas untuk mendorong konsumen agar mau mengeluarkan uangnya. Di akhir tahun, pasti akan ada banyak orang yang mempersiapkan perjalanan liburan konsumen, promo ini bisa anda coba.
8.Diskon cuci gudang akhir tahun
Bicara tentang cuci gudang, ide promo akhir tahun yang terakhir juga dapat dilakukan jika memang brand anda ingin cepat menghabiskan stok akhir tahun. Clearance sale atau diskon cuci gudang ini biasanya diberikan dengan potongan yang tidak main – main.
Demikian pembahasan kita hari ini mengenai 8 Ide Promo Akhir Tahun Paling Menarik dan Beda dari yang lain. Semoga bermanfaat.