6 Tren Media Sosial 2023 Brand Perlu Tahu!

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Anda ingin tahu tren media sosial di tahun 2023 agar bisa selalu tetap up to date dan gak ketinggalan zaman? Jika iya, yuk cari tahu tren media sosial di tahun 2023 di bawah ini.

Setiap tahunnya, pengguna media sosial bertambah dan terus bertambah. Diluncurkan oleh Media Tool Kit, jumlah pengguna aktif media sosial akan mencapai 4,74 miliar pada tahun 2022. Itu meningkat 4,2% dari tahun 2021. Itu juga berarti sekitar 59,3% populasi dunia aktif di media sosial. Para ahli berasumsi bahwa jumlah pengguna media sosial akan terus bertambah di tahun mendatang.

Tren media sosial tahun 2023

Salah satu faktor yang menyebabkan meningkatnya pengguna media sosial adalah pada tahun 2020 ini muncul pandemi COVID-19. Kemudian banyak orang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah untuk menghibur diri dengan bermain media sosial. Akibatnya, jumlah pengguna media sosial terus meningkat. Menariknya, jumlah pengguna media sosial tersebut bisa Anda manfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa. Jadi jangan lupa untuk mengikuti beberapa tren media sosial di tahun 2023 untuk meningkatkan produk atau layanan Anda, berikut ini ya:

  • Buat konten yang orisinal

Seiring dengan konten video yang muncul di chart trending dalam beberapa tahun terakhir, orisinalitas konten adalah salah satu kunci kesuksesan konten. Karena hal ini dinilai mampu menarik lebih banyak pelanggan. Oleh karena itu, bagi Anda yang mengelola media sosial, baik untuk pemasaran produk atau jasa maupun untuk keperluan pribadi, jangan lupa untuk selalu menjaga keaslian konten.

Beberapa cara untuk menjaga keaslian konten adalah foto, video, atau teks yang diproduksi sendiri. Selain itu, jika Anda mengambil foto di media sosial atau beberapa situs web, jangan lupa mencantumkan sumbernya. Karena jika tidak, Anda bisa dituduh melakukan plagiarisme.

  • Buat video durasi singkat

Tidak dapat dipungkiri bahwa konten video sangat populer akhir-akhir ini. Pasalnya, konten berupa video biasanya bisa menarik bagi Generasi Z (lahir 1996-2009) yang saat ini tergolong pengguna sosial media terbanyak. Oleh karena itu, yuk mulai sekarang biasakan untuk membuat konten dalam bentuk video. Anda dapat menyematkan video ini di berbagai platform media sosial seperti Facebook, Twitter, dan LinkedIn. Selain itu, jangan lupa untuk membuat video pendek dengan informasi penting.

  • Micro influencer dinilai akan lebih efektif dibandingkan influencer

Mikro-influencer adalah influencer dengan 1.000 hingga 100.000 pengikut. Diperkirakan pada tahun 2023, semakin banyak orang yang ingin membeli produk atau layanan apa pun. Ini karena mikro-influencer dipandang lebih objektif saat memberi peringkat dan mempromosikan produk atau jasa. Selain itu, micro-influencer cenderung memiliki harga yang lebih murah dibandingkan influencer yang sudah memiliki nama besar. Inilah cara Anda bisa mendapat untung besar dengan anggaran kecil.

  • Filter foto di Instagram akan semakin banyak digunakan

Apakah Anda jarang menggunakan filter pada foto atau video untuk mempromosikan barang atau jasa? Kalau iya, mulai sekarang yuk biasakan diri untuk menggunakan filter tersebut. Karena di tahun 2023, calon konsumen akan membeli barang atau jasa yang menggunakan filter. Pada dasarnya, filter membuat produk atau layanan tertentu menjadi lebih menarik.

  • Media sosial sebagai alternatif e-commerce

Melansir dari Media Tool Kit, di tahun 2023 media sosial akan semakin populer sebagai tempat produk pemasaran produk atau jasa. Sebenarnya, fenomena ini sudah mengemuka sejak tahun 2022. Namun, para pakar media sosial menduga tren ini akan terus meningkat di tahun 2023. Dua platform media sosial yang diperkirakan akan menarik lebih banyak pelanggan adalah Facebook Shop dan Instagram Storefront.

Hal ini dikarenakan Facebook dan Instagram merupakan dua platform yang sudah memimpin dalam jual beli di sosial media. Selain itu, media sosial bahkan mungkin sedikit “mengubah” peran e-commerce dalam menjual produk atau jasa.

  • Media sosial sebagai customer service

Beberapa tahun yang lalu, layanan pelanggan hanya dapat bekerja melalui telepon atau secara langsung. Namun, pada tahun 2023, layanan pelanggan siap memainkan peran lebih besar di media sosial. Ini karena banyak orang saat ini lebih suka terhubung melalui media sosial daripada menelepon atau mengirim SMS.

Sebagai penjual produk atau jasa, Anda juga bisa memanfaatkan hal tersebut dengan memaksimalkan fungsi customer service di media sosial. Karena hal ini secara tidak langsung dapat bermanfaat untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa dan mendapatkan pelanggan setia.

Nah, itu tadi beberapa tren media sosial tahun 2023 yang bisa Anda terapkan kedepannya. Para pengguna media sosial dapat Menyusun strategi mulai dari sekarang untuk menghadapi tren yang akan datang. Perlu diingat, setiap media sosial juga memiliki fitur dan prioritas yang berbeda-beda.