Menggunakan hastag yang tepat merupakan salah satu cara memaksimalkan TikTok bisnis. Apa saja metode lain yang bisa Anda coba?
Aplikasi TikTok semakin booming selama awal pandemi hingga kini. Platform video pendek tersebut kini dipenuhi dengan konten variatif dan meng-cover berbagai topik.
Kondisi ini membuat TikTok menarik berbagai kategori penonton dengan minat yang beragam. Mulai dari politik, dance cover, komedi, game, edukasi, makanan, seni, dan masih banyak lagi.
Menurut Foundr, hampir setengah dari seluruh pengguna TikTok berusia di bawah 30 tahun dan 25% di bawah usia 20 tahun. Pengguna berusia 50 tahun ke atas hanya 11% dari keseluruhan.
Hal ini menunjukkan bahwa TikTok digunakan oleh semua kalangan dan didominasi remaja. Menggunakan TikTok bisnis tentu akan sangat berdampak bagi penjualan. Bagaimana metode memaksimalkan TikTok Bisnis?
1.Ubah Akun TikTok Biasa Jadi Akun Bisnis
Supaya bisnis anda lebih kredibel, anda bisa mengubah akun TikTok-Anda menjadi akun bisnis. Untuk mulai mengubah akun bisnis, pertama-tama masuk ke profil atau ‘saya’. Kemudian klik titik tiga yang ada di pojok kanan atas.
Klik ‘kelola Akun saya’, lalu pilih ‘Alihkan ke Akun Bisnis’. Setelah itu akan muncul dua pilihan tip[e akun. Klik tipe akun ‘Bisnis’ dan pilih kategori bisnismu.
Selain itu, anda juga perlu mengubah profil akun TikTok bisnis anda agar lebih profesional.
2.Buat Konten yang Menarik dan Up-to-date
Bagian terpenting dari mengoptimalkan TikTok adalah menciptakan konten. Mulailah membuat perencanaan konten.
Kira-kira bagaimana cara menyajikan konten yang bisa memperkenalkan brand dan produk anda? Format konten apa yang bisa menarik perhatian target pasarmu?
Anda bisa membuat konten seputar latar belakang brand anda atau menunjukkan daya tarik dari setiap produk. misalnya proses packaging produk yang unik atau behind the scene pembuatan produk.
3.Maksimalkan Fitur-fitur TikTok
TikTok memiliki berbagai kelengkapan yang bisa anda manfaatkan, mulai dari filter, effect suara, dan transisi. kelengkapan editing video ini akan membuat konten yang anda ciptakan lebih menarik.
Anda juga bisa memanfaatkan kelengkapan seperti duet, stitch atau react untuk berkolaborasi dengan creator lain.
4.Gunakan Hastag yang Tepat
Hastag yang tepat akan membuat konten anda lebih mudah ditemukan oleh penonton yang tertarik dengan topik konten tersebut.
Gunakan hastag yang sesuai dengan bisnis atau produk anda, juga tema video yang anda buat. Misalnya #fyp, #fpryoupage, #smallbusiness, #fashionkorea, dan lainnya sesuai kebutuhan.
5.Tulis Caption yang Menjual
Walaupun sering terlewatkan, caption video adalah salah satu unsur penting. Buatlah caption yang menarik namun tetap menjual.
Anda bisa memberikan penjelasan singkat tentang produk atau brand anda, juga bagaimana calon konsumen bisa berbelanja produk anda. Tetapi, anda juga perlu memastikan caption tidak terlalu panjang karena akan menutupi video anda.
6.Pasang Iklan
TikTok juga memberikan ruang bagi brands yang ingin merasakan bisnisnya. Brands bisa memasang iklan atau ads di TikTok, dan ada beberapa juga ads di Tiktok, dan ada beberapa jenis ads yang tersedia untuk memasarkan bisnis:
- Pre-roll ads yang muncul di awal saat pengguna membuka aplikasi TikTok.
- In-feed ads yang muncul di laman feeds video seperti For You atau Following.
- Promoted hastag yang mengajak pengguna untuk menggunakan branded hastag tertentu, umumnya disertai dengan challenge dan merupakan bagian dari sebuah campaign promosi.
- Branded effects adalah filter yang dapat digunakan saat membuat konten video. Filter branded menampilkan effect menarik dengan gratis atau warna sesuai campaign dari brands.
7.Posting di Waktu yang Tepat
Sama dengan media sosial pada umumnya, TikTok juga memiliki waktu yang tepat untuk mengunggah konten. Anda bisa mengunggah pada pukul 10.00 hingga 13.00 atau pada per time pukul 19.00 ke atas.
Itulah penjelasan tentang TikTok Bisnis dan cara memaksilkannya untuk meningkatkan penjualan. Jangan lupa terapkan untuk bisnis anda, ya!